Perangi Pandemi Virus Corona, Legenda Barcelona Sumbang Rp 1,7 Miliar

Oleh Luthfie Febrianto pada 06 Apr 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 06 Apr 2020, 07:00 WIB
xavi hernandez

Doha - Legenda Barcelona, Xavi Hernandez, menyumbang 1 juta euro atau Rp 1,7 miliar untuk memerangi pandemi virus corona. Nantinya, dana tersebut akan disumbangkan ke Hospital Clinic de Barcelona.

"Keluarga kami telah bergabung dalam pertarungan melawan COVID-19 dengan Hospital Clinic de Barcelona. Tolong bantu #respostacoronavirus dan berikan donasi Anda melalui web @hospital_clinic. Bersama kita bisa mengalahkan ini!!" tulis Xavi di akun Instagram pribadinya.

Pandemi virus corona belum juga reda sejak pertama kali muncul pada Desember lalu di China. Menurut data New York Times, Minggu (5/4/2020), ada 1,1 juta lebih pasien yang positif terinfeksi virus corona di seluruh dunia, dan 62.966 di antaranya meninggal dunia.

Kasus terbayak ditemukan di Amerika Serikat (AS) dengan 311.148 kasus. Di Eropa, Spanyol menggeser Italia sebagai negara terparah dengan 126.168 kasus serta 11.947 orang meninggal dunia.

Demi melawan pandemi virus corona, beberapa pemian La Liga meyumbangkan uang mereka. Beberapa nama yang ikut menggalang donasi antara lain bek Barcelona, Gerard Pique.

"Mari bergabung dengan kampanye melawan pandemi virus corona. Masuk ke situs rumah sakit lalu berdonasi lah. Bersama, kita bisa keluar dari masa sulit ini," tulis Hospital Clinic de Barcelona.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wakil Persiden Positif

Suasana Kota Barcelona Setelah Spanyol Berlakukan Lockdown
Sebuah jalan terlihat kosong di Barcelona, Spanyol, Minggu (15/3/2020). Pemerintah Spanyol memberlakukan lockdown selama 15 hari ke depan untuk menghambat penyebaran virus corona COVID-19. (AP Photo/Joan Mateu)

Sementara itu, Wakil Presiden Barcelona, Jordi Cardoner, dinyatakan positif terpapar virus corona. Cardoner menjadi orang ketiga di klub Barcelona yang mengidap virus tersebut.

Seperti dilansir Football Espana, sebelum Cardoner ada Direktur Pelayanan Medis, Ramon Canal dan Dokter klub, Josep Antoni Gutierrez. Keduanya dinyatakan positif setelah menunjukkan gejala virus corona.

3 dari 4 halaman

Pemotongan Gaji

Di sisi lain, pihak Barcelona telah memotong gaji para pemain sebesar 70 persen. Pemotongan itu dilakukan demi menyelamatkan keuangan klub.

Barcelona saat ini harus vakum lantaran kompetisi domestik maupun Eropa sedang berhenti lantaran virus corona. Akibatnya, klub kehilangan pemasukan dari hak siar dan penjualan tiket.

Sumber: Football Espana, Instagram

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Luthfie Febrianto/Editor: Thomas/Published: 05/04/2020)

 

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
5 Penyerang Terbaik Barcelona Abad Ini, Lionel Messi Nomor Satu