Sukses


Eks Pelatih Barcelona: Lionel Messi Tak Ada Bandingannya

Barcelona - Mantan pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, sulit melupakan pesona Lionel Messi. Bagi Valvrde, sosok Messi tidak memiliki bandingannya. 

"Lionel Messi tidak dapat dibandingkan dengan siapapun," kata Valverde seperti dilansir Marca.

"Sulit bagi saya bercerita apakah Anda pernah melihatnya ketika dia melakukan sesuatu di latihan yang Anda sendiri tidak bisa melihatnya," ujar Valverde menambahkan.

Valverde melatih Barcelona mulai Mei 2017. Namun pada Januari 2020, dia dipecat dan digantikan Quique Setien.

Pemecatan itu terjadi lantaran Valverde gagal mendongkrak performa El Barca. Selain urusan trofi, gaya bermain Barcelona juga dinilai membosankan selama ditangani Valverde.

Selama menukangi Lionel Messi dkk. Valverde meraih empat trofi (2 Liga Spanyol, 1 Copa del Rey, 1 Piala Super Spanyol). Dia juga mencatatkan kemenangan 97 kali dari total 145 pertandingan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Mudah Dilatih

Valverde mengatakan, Messi merupakan pemain yang tidak besar kepala. Meskipun, La Pulga berstatus sebagai pemain terbaik dunia.

"Messi adalah pemain yang mudah dilatih karena dia memang punya rasa hormat kepada tim," ujarnya.

"Seringkali dari pinggir lapangan, Anda berpikir apa yang terbaik bagi tim. Namun Messi ternyata melihatnya lebih baik daripada Anda," katanya mengakhiri.

Lebih lanjut, Lionel Messi menurut Valverde punya ambisi untuk menang. Bukan hanya untuk diri sendiri, Valverde menilai Messi sangat memikirkan rekan setimnya.

"Dia menularkannya kepada klub dan memaksa semuanya naik ke level yang lebih tinggi," ujar Valverde mengakhiri.

Sumber: Marca

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Luthfie Febrianto/Editor: Harley Ikhsan/Published: 25/04/2020)

Video Populer

Foto Populer