Sukses


Johan Cruyff Mengubah Pandangan Quique Setien Tentang Sepak Bola

Bola.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Quique Setien, mengungkapkan bahwa legenda Barcelona dan Timnas Belanda, Johan Cruyff, telah menjadi sosok yang menginspirasi dirinya untuk memandang sepak bola secara berbeda.

Johan Cruyff merupakan pemain dan pelatih legendaris Barcelona. Pria asal Belanda itu sukses mempersembahkan berbagai gelar bergengsi bagi Blaugrana.

Cruyff menjadi sosok yang meletakkan dasar sepak bola bergaya tiki-taka yang kemudian menjadi ciri khas Barcelona dalam lebih dari satu dekade belakangan.

Bukan tanpa alasan mengapa Barcelona menunjuk Setien sebagai pengganti Ernesto Valverde pada Januari lalu. Setien memang dikenal senang memainkan gaya sepak bola yang mirip dengan gaya Barcelona. Ternyata, gaya itu memang didapat dari Johan Cruyff.

"Sampai saya menyaksikan Cruyff di Barcelona, saya tidak terlalu mengkhawatirkan soal taktik. Saya bermain dan itulah hasilnya," ungkap Setien seperti dikutip Marca.

"Saya mulai melihat aspek taktikal, menganalisis yang terjadi, menemukan alasan, menyadari apa yang saya sukai dan menyatukannya menjadi ide di kepala. Ide itulah yang saya ikuti," tambah pelatih Barcelona itu.

 

Video

2 dari 2 halaman

Quique Setien di Barcelona

Karier Setien bersama Barcelona sejauh ini masih belum cukup meyakinkan. Keraguan memang sudah membayangi Setien sejak dipilih untuk mengisi kursi entrenador Barcelona menggantikan Valverde.

Keraguan makin besar ketika timnya menelan kekalahan dua gol tanpa balas dari sang rival abadi, Real Madrid, pada awal Maret lalu.

Namun, terlepas dari performa yang naik turun, Setien tetap mampu membawa Barcelona memuncaki klasemen semenitara sebelum La Liga dihentikan akibat wabah virus Corona.

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga, published 27/4/2020)

Video Populer

Foto Populer