Sukses


Manajer Ajax: Lionel Messi Sudah Tak Sehebat Dulu Lagi

Bola.com, Jakarta - Manajer Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, mengklaim Lionel Messi sudah tak sehebat dulu kala Barcelona dilatih oleh Pep Guardiola.

Sejak melatih Barcelona dari 2008 hingga empat tahun berikutnya, Pep sukses meraih lima gelar prestisius. Di antaranya adalah tiga trofi La Liga, dua Copa del Rey, dan dua mahkota Liga Champions.

Saat itu juga, kebintangan Lionel Messi mencapai puncaknya. Empat gelar Ballon d'Or beruntun dari 2009 hingga 2012 menunjukkan betapa polesan Pep begitu berpengaruh buat karier La Pulga.

Delapan musim pasca ditinggal Pep, performa Barcelona, meski terbilang konsisten, terasa menurun. Hanya sekali Barca meraih Liga Champions, dan Messi cuma dua kali meraih Ballon d'Or walau lima gelar La Liga masuk lemari Camp Nou.

Atas dari itulah, Ten Hag menilai performa Messi sudah tak sebaik dulu lagi. "Messi adalah pemimpin, dia bekerja keras buat tim dan hasilnya bisa sama-sama kita lihat. Tapi, dia tak sehebat saat masih ada Pep Guardiola di Barcelona," ujar Ten Hag.

"Barcelona juga minim juara di pentas Eropa. Messi, di sisi lain, tetap hebat. Hanya, sudah tak sehebat dulu di bawah Pep," ujarnya lagi.

 

Video

2 dari 2 halaman

Ten Hag dan Guardiola Pernah Satu Tim

Setelah meninggalkan Barcelona dan memberikan segalanya, Pep Guardiola mengambil alih tampuk kepemimpinan Bayern Munchen. Di sana, Ten Hag bertindak sebagai pelatih tim cadangan atau development squad.

Pada 2015, Ten Hag kemudian memilih hengkang menuju Utrecht, tim asal Belanda. Berselang setahun, giliran Guardiola yang menjajal Premier League bersama Manchester City.

Ten Hag, di luar dugaan, sanggup membawa Ajax keluar sebagai juara Eredivisie musim 2018-2019. Sukses juga didapat Pep yang berhasil memberikan gelar Premier League musim yang sama.

Sumber: Goal International

Video Populer

Foto Populer