Sukses


Arsene Wenger Sebut 2 Nama yang Bakal Jadi Suksesor Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger, menyebut era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akan segera berakhir. Wenger pun memiliki dua nama yang akan menjadi suksesor Messi dan Ronaldo.

Hegemoni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sebagai pesepak bola terbaik pada abad ke-21 sulit disaingi. Keduanya saling bergantian meraih trofi juara, mulai dari level klub, timnas, ataupun individu.

Sejak 2005, Messi berhasil merengkuh 24 trofi juara bersama Barcelona. Dia juga membantu Timnas Argentina U-20 menjuarai Piala Dunia 2005 dan Timnas U-23 merengkuh medali emas Olimpiade 2008.

Tak mau kalah dari sang rival, Cristiano Ronaldo sukses meraih 27 titel juara bersama empat klub berbeda, yakni Sporting CP, Manchester United, Real Madrid, dan Juventus. CR7 juga membawa Timnas Portugal merengkuh trofi Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League 2018-2019.

Untuk penghargaan individu, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bersaing untuk menjadi yang terbaik. Messi tercatat telah mengoleksi enam FIFA Ballon d'Or/Ballon d'Or, sedangkan Ronaldo mengumpulkan lima Bola Emas.

Dengan usia yang sama-sama berada di atas 30 tahun, era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akan segera berakhir. Kedua pemain terbaik itu pun bakal pensiun dalam beberapa tahun ke depan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Penerus Messi dan Ronaldo

Kini, era baru di dunia sepak bola telah dimulai. Arsene Wenger menyebut Neymar dan Kylian Mbappe bisa menjadi penerus Messi serta Ronaldo.

Neymar saat ini berusia 28 tahun dan telah merengkuh 20 gelar juara di level klub, yakni bersama Santos, Barcelona, dan kini Paris Saint-Germain. Dia juga turut membantu Brasil menjuarai Piala Konfederasi 2013 dan meraih medali emas Olimpiade 2016.

Adapun Mbappe yang baru berusia 21 tahun sukses meraih satu titel juara bersama AS Monaco, dan enam trofi dengan seragam PSG. Dia juga berperan besar membawa Timnas Prancis menjuarai Piala Dunia 2018.

"Kita belum pernah melihat pemain seperti Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo. Mereka adalah pemain yang dapat membuat sesuatu dari yang tidak ada, tetapi era mereka akan segera berakhir," kata Wenger.

"Sepak bola terus bergerak, tetapi permainan akan berubah ketika mereka pensiun. Namun kita memiliki generasi pemain baru yang datang, dengan dua penerus pada diri Neymar dan Kylian Mbappe," tuturnya.

Sumber: Football Espana

Video Populer

Foto Populer