3 Gelandang yang Bisa Menghidupkan Mesin Tiki-taka Barcelona yang Belakangan Tak Menggigit

Oleh Ario Yosia pada 20 Mei 2020, 11:49 WIB
Diperbarui 20 Mei 2020, 11:49 WIB
logo barcelona

Bola.com, Jakarta - Barcelona selalu dikenal mempunyai lini tengah yang hebat. Apalagi ketika Xavi dan Andres Iniesta berada di puncak karier mereka.

Xavi dan Iniesta sudah mengantarkan Barcelona ke era keemasan. Klub yang bermarkas di Camp Nou itu bisa dengan mudah meraih banyak gelar.

Kini dua gelandang hebat itu sudah tidak lagi berada di klub. Lini tengah Barcelona pun sekarang sudah tidak sama lagi.

Meskipun begitu, lini tengah Barcelona masih dihuni pemain-pemain yang hebat. Selain Sergio Busquets, Blaugrana masih punya Arthur Melo, Frenkie de Jong, Arturo Vidal dan Ivan Rakitic.

Sayangnya, Busquets dan Vidal sudah berusia di atas 30 tahun. Sementara itu, Rakitic sangat santer dikaitkan dengan pintu keluar dari Barcelona.

Karena itu, Barcelona membutuhkan gelandang lainnya untuk meningkatkan lini tengahnya. Ada beberapa pemain yang bisa dipertimbangkan Quique Setien di bursa transfer.

Berikut ini tiga pemain yang bisa meningkatkan kekuatan lini tengah Blaugrana seperti dilansir Tribuna.

2 dari 4 halaman

N'Golo Kante

N'Golo Kante
Manajer Arsenal, Arsene Wenger, ternyata sudah lama menganggumi sosok gelandang Chelsea, N'Golo Kante. (AFP/Adrian Dennis)

Gelandang Chelsea ini dikaitkan dengan kepindahan ke Barcelona dalam beberapa minggu terakhir. Ketika terjadi duel fisik di tengah, Kante tak tertandingi di Eropa.

Pemain Prancis itu adalah gelandang yang bisa menciptakan keseimbangan di lini tengah. Selain itu, dia juga bisa melindungi pertahanan dari serangan lawan.

3 dari 4 halaman

Kevin de Bruyne

Manchester City Raih Tropi Carabao Cup
Aksi Kevin De Bruyne lewati Willian pada laga final Carabao Cup 2019 yang berlangsung di stadon Wembley, London, Senin (25/2). Man City menang 4-3 atas Chelsea lewat drama adu penalti. (AFP/Glyn Kirk)

Salah satu peran yang tidak dimiliki gelandang Barcelona saat ini adalah mencetak dan mengkreasi gol. De Bruyne bisa membantu memperbaikinya dengan mudah.

Saat fit, pemain asal Belgia ini merupakan gelandang paling kreatif di Eropa. Kemampuannya untuk menciptakan peluang dan juga menjebol gawang lawan tidak perlu diragukan lagi.

4 dari 4 halaman

Bruno Fernandes

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes (MU) (LINDSEY PARNABY / AFP)
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes (MU) (LINDSEY PARNABY / AFP)

Mirip dengan De Bruyne, Bruno Fernandes akan membantu mengurangi beban mencetak gol pada lini depan. Dia terlihat cukup sering menjebol gawang lawan.

Fernandes juga senang memberikan umpan kepada rekan-rekannya. Dengan demikian, umpan-umpan akuratnya bakal memanjakan barisan depan Barcelona yang dihuni Lionel Messi, Antoine Griezmann dan Luis Suarez.

 

Sumber asli: Tribuna

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 19/5/2020)

Lanjutkan Membaca ↓