Sukses


MOTION GRAFIS: Peraih Golden Shoes dalam Satu Dekade Terakhir, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Mendominasi

Bola.com, Jakarta - Tidak dapat dipungkiri dalam 10 tahun terakhir pencetak gol liga terbanyak didominasi 2 peyerang klub raksasa Spanyol, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Sejak musim 2009 hingga 2019 keduanya terus bersaing menjadi pemain paling subur. Tentunya dengan tujuan membuat klub mereka meraih gelar juara.

Dominasi keduanya dalam menjadi pencetak gol terbanyak bermula saat Ronaldo bergabung ke Real Madrid pada musim 2009-2010. Meskipun baru menginjakkan di iklim sepak bola Spanyol, namun ia menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu penyerang terbaik di dunia. Dalam 209 penampilannya di La Liga, Ronaldo tercatat 26 kali membobol gawang lawannya. Namun Golden Shoes pada musim itu jatuh kepada Lionel Messi yang mencatatkan 34 gol dalam semusim.

Tidak membutuhkan waktu lama, pada musim berikutnya Cristiano Ronaldo merebut Golden Shoes dari tangan Messi. CR7 mencatatkan namanya 40 kali di papan skor pada musim 2010-2011.

Namun Luis Suarez sempat menyusup diantara persaingan Messi dan Ronaldo. Pada musim 2013-2014, Suarez menyamai catatan Ronaldo dengan 31 gol aat masih membela Liverpool. Berselang 3 musim Ia menjadi pemain tersebur dengan 40 gol setelah bermain bersama Barcelona.

Hingga musim 2018-2019, Lionel Messi menjadi pemimpin sebagai peraih Golden Shoes terbanyak. Pemain asal Argentina itu meraih 6 trofi disusul Cristiano Ronaldo dengan 4 trofi.

Pada musim ini apakah ada pemain baru yang mengangkat trofi Golden Shoes dan menghentikan dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi? Atau mungkinkah penghargaan ini ditiadakan dikarenakan kompetisi terganggu dengan penyebaran Virus Corona Covid-19?

Video Populer

Foto Populer