Sukses


MOTION GRAFIS: 10 Klub La Liga Terkaya Saat Ini, Real Madrid Masih Teratas

Bola.com, Jakarta - Barcelona menjadi 'klub sepak bola pencetak uang' terbesar di Eropa untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Kekayaan Blaugrana mengalahkan Real Madrid dan Manchester United. Namun untuk urusan nilai skuad di La Liga, Real Madrid berada di nomor 1.

Dalam urusan jual pemain, berdasarkan perhitungan Deloitte's Football Money League, Barcelona meraih pendapatan mencapai 741,1 juta poundsterling atau setara Rp13 triliun sepanjang musim 2018-2019.

Barcelona melewati Real Madrid yang turun ke tangga kedua. Sementara Manchester United berada di posisi ketiga.

Madrid 'hanya' meraih keuntungan sebesar Rp11,85 triliun pada periode yang sama. Sedangkan United meraih Rp11,1 triliun.

Deloitte's Football Money League juga mengklaim bahwa perbedaan keuntungan antara Barcelona dengan Madrid merupakan yang terbesar sejauh ini. Keduanya terpaut Rp1,47 triliun.

Penyebab utama keberhasilan Barcelona meraih keuntungan fantastis itu adalah merchandising dan aktivitas lisensi klub. Selain itu, The Catalan Giants pintar mengatasi perubahan kondisi pasar.

Meskipun menjadi klub terkaya, namun nilai skuad Barcelona masih dibawah rivalnya, Real Madrid. Di La Liga, Los Galaticos memiliki nilai skuad dengan total Rp 14,3 Triliun. Eden Hazard menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi bagi Real Madrid dengan Rp 1,4 Triliun.

Meskipun Real Madrid mempunyai skuad paling berharga, namun salah satu penyerang El Barca merupakan pemain termahal di La Liga. Ya, dia adalah Lionel Messi dengan nilai Rp 1,7 Triliun.

Lalu selain Real Madrid dan Barcelona, klub apa saja yang menempati 10 besar klub dengan skuad paling bernilai di La Liga?

Video Populer

Foto Populer