5 Pemain Hebat yang Pernah Menolak Barcelona, Mulai Koke hingga David Luiz

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 11 Jun 2020, 08:41 WIB
Diperbarui 11 Jun 2020, 08:47 WIB
Kolase - Pemain yang Pernah Menolak Barcelona
Kolase - Pemain yang Pernah Menolak Barcelona (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Barcelona adalah klub Spanyol dengan jumlah gelar domestik dan internasional terbanyak. Tak heran, banyak pemain yang mengidam-idamkan gabung ke klub asal Catalan tersebut.

Nama besar yang dimiliki Barcelona tak membuat mereka kesulitan dalam mendatangkan pemain berkualitas. Klub yang bermarkas di Camp Nou itu juga tak gentar menggelontorkan dana besar demi memboyong pemain idaman.

Namun, tak semua impian Barcelona berjalan dengan mulus. Tak jarang, klub tersebut juga harus gigit jari karena ditolak oleh pemain yang menjadi incaran.

Para pemain yang menolak Barcelona merupakan sosok yang realistis. Mereka khawatir lebih sering duduk di bangku cadangan ketimbang mendapatkan kesempatan bermain.

Alasan tersebut cukup masuk akal. Persaingan di tim reguler Barcelona memang ketat karena biasanya pemain intinya adalah sosok yang sudah sesuai dengan skema pelatih.

Alhasil, banyak pemain baru dan hebat justru harus lebih sering menjadi pelapis. Lantas, siapa saja pemain yang pernah membuat Barcelona gigit jari?

Berikut ini lima pemain hebat yang pernah membuang kesempatan untuk bergabung dengan Barcelona versi Squawka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

1. Marco Asensio

Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Liga Champions
Marco Asensio (Real Madrid) – Mampu bermain apik di laga penting membuatnya menjadi pilihan utama Zidane. Pria berusia 21 tahun itu diharapkan bisa meneruskan status Real Madrid sebagai peraih trofi terbanyak Liga Champions. (AFP/Javier Soriano)

Marco Asensio mengaku punya peluang bergabung dengan Barcelona pada 2014. Namun, keputusan tersebut diurungkannya dan lebih memilih menerima pinangan Real Madrid.

Pemain asal Spanyol khawatir tak mendapatkan kesempatan bermain di Barcelona. Ia akhirnya mantap memilih Madrid.

"Saya punya peluang untuk bergabung dengan Barcelana dan tim lainnya, akan tetapi saya bergabung dengan Madrid. Cita-cita saya adalah menjadi starter, namun juga penting untuk bisa bertahan lama di klub ini," tegas Marco Asensio.

Bersama Real Madrid, Marco Asensio sudah mengemas 85 pertandingan dan mencetak 10 gol. Namun, Marco Asensio juga sempat menjalani dua kali masa pinjaman yakni bersama Mallorca (2014-2016) dan Espanyol (2015-2016).

3 dari 6 halaman

2. Raphael Guerreiro

Raphael Guerreiro
Raphael Guerreiro, Borussia Dortmund (AFP/Lars Baron)

Ketertarikan Barcelona pada Raphael Guerreiro terjadi pada 2016. Ketika itu, Guerreiro baru saja mengantarkan Timnas Portugal meraih gelar Piala Eropa 2016.

Guerreiro mengaku tak mudah buatnya untuk menolak Barcelona. Namun, pada akhirnya Guerreiro lebih memilih Borussia Dortmund ketimbang bermain dengan Lionel Messi dkk.

"Itu adalah keputusan yang sangat sulit untuk mengatakan tidak pada Barcelona. Akan tetapi, ada saatnya ketika saya harus membuat keputusan dan tawaran dari Borussia Dortmund yang paling meyakinkan," tegas Guerreiro.

Sampai saat ini, Guerreiro menjadi andalan Borussia Dortmund di lini tengah. Pemain berusia 26 tahun itu sudah tampil sebanyak 81 kali dan mencetak 17 gol.

4 dari 6 halaman

3. Koke

Didikan Siego Simeone
2. Koke, menjalani debut di Atletico dua tahun lalu berkat kesempatan yang diberikan oleh Diego Simeone. Musim ini gelandang berusia 24 tahun itu berhasil menyumbangkan 13 asist pada ajang La Liga Spanyol. (AFP/Pau Barrena)

Ketertarikan Barcelona kepada Koke terjadi pada bursa transfer musim panas 2014. Ketika itu, Koke baru saja mengantarkan Atletico Madrid meraih gelar La Liga dan menjadi finalis Liga Champions.

Barcelona ketika itu melirik Koke untuk menggantikan Xavi yang akan hengkang. Namun, keinginan Barcelona kandas setelah pemilik nama lengkap Jorge Resurreccion Merodio itu menolak bergabung dengan klub asal Catalan tersebut.

"Yang benar adalah sebagian dari diri saya mengatakan sulit untuk menolak Barcelona. Akan tetapi, saya ingin melanjutkan karier di Atletico Madrid yang telah menjadi rumah selama bertahun-tahun," tegas Koke ketika itu.

Sampai saat ini, Koke masih setia bermain untuk Atletico Madrid. Sejak 2009, pemain berusia 28 tahun itu berhasil membukukan 307 penampilan dan sudah mencetak 33 gol.

5 dari 6 halaman

4. Thiago Silva

Barcelona, Neyrmar Jr, Paris Saint-Germain, Brasil
Thiago Silva - Datang dari AC Milan pada tahun 2012, bek tengah ini terbukti menjadi fondasi utama kekuatan PSG. Kepiawaianya dalam menghalau serangan menggunakan kaki dan kepalanya membuatnya tak tergantikan. (AFP/Franck Fife)

Thiago Silva hampir bergabung dengan Barcelona pada 2012. Namun, ketika itu Barcelona tidak benar-benar serius ingin mengamankan jasa pemain asal Brasil tersebut.

Thiago Silva mengaku sudah bernegosiasi dengan Barcelona. Namun, ketika sang pemain mengajukan beberapa hal penting, Barcelona tidak merespons.

"Saya meminta beberapa hal penting, akan tetapi mereka tidak datang. Saya harus melihat cepat karena itu bukan situasi yang baik bagi saya," tegas Thiago Silva.

Thiago Silva akhirnya bergabung dengan Paris Saint-Germain. Pemain berusia 35 tahun itu berhasil mempersembahkan tujuh gelar liga dan 14 gelar piala domestik untuk Les Parisiens.

6 dari 6 halaman

5. David Silva

David Luiz - Arsenal
David Luiz ketika membela Arsenal. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

Ketertarikan Barcelona pada David Luiz terjadi pada 2014. Namun, ketika itu David Luiz lebih memilih untuk bergabung dengan Paris Saint-Germain.

David Luiz mengaku, Barcelona beberapa kali menggodanya untuk bergabung. Akan tetapi, pemain asal Brasil itu lebih memilih PSG karena menjadi tim yang dianggapnya paling serius dalam mendapatkan tanda tangannya.

"Memang benar mereka (Barcelona) mencoba menggoda saya beberapa kali. Namun, akhirnya saya menyadari tim yang benar-benar menginginkan saya adalah PSG," kata David Luiz ketika itu.

David Luiz akhirnya bermain untuk PSG selama dua tahun. Pada 2016, David Luiz kembali lagi ke Chelsea sampai 2019. Sejak saat itu, pemain berambut kribo itu sampai sekarang membela Arsenal.

Sumber: Squawka

Lanjutkan Membaca ↓