13 Rekor Fantastis yang Diukir Lionel Messi Bersama Barcelona dan Timnas Argentina

Oleh Rizki Hidayat pada 15 Jun 2020, 07:45 WIB
Diperbarui 15 Jun 2020, 07:45 WIB
Barcelona Pesta Gol di Markas Mallorca
Para pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak oleh Lionel Messi ke gawang Mallorca pada laga La Liga di Estadio de Son Moix, Minggu (14/6/2020). Barcelona menang dengan skor 4-0. (AP/Francisco Ubilla)

Bola.com, Barcelona - Megabintang Barcelona, Lionel Messi, berhasil menyumbangkan satu dari empat gol kemenangan timnya atas Real Mallorca pada laga pekan ke-28 La Liga. Berkat gol tersebut, Messi berhasil menorehkan rekor.

Menjalani pertandingan di Estadio de Son Moix, Sabtu (13/6/2020), La Pulga tampil sejak menit awal. Bagi Lionel Messi dan pemain La Liga lainnya, duel ini adalah pertandingan perdana sejak kompetisi ditangguhkan pada Maret lalu akibat pandemi virus corona.

Meski sudah tiga bulan tak bertanding, magis Messi masih mampu menyihir para penikmat sepak bola di seluruh dunia. Berdasarkan statistik di Whoscored, kapten Timnas Argentina itu melepaskan tiga tembakan yang satu di antaranya mengarah ke gawang, mencatatkan sembilan dribel sukses, dan akurasi umpan yang mencapai 82 persen.

Lionel Messi juga menjadi kreator gol Martin Braithwaite pada menit ke-37 dan Jordi Alba menit ke-79. Messi pun turut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-90+2, setelah memanfaatkan umpan dari Luis Suarez.

Sampai pertandingan berakhir, Barcelona menang 4-0 atas Real Mallorca. Satu gol Blaugrana lainnya tercipta atas nama Arturo Vidal pada menit kedua.

Berkat tambahan satu gol tersebut, Lionel Messi berhasil menorehkan rekor. Messi menjadi pemain pertama yang sanggup mencetak 20 gol atau lebih di La Liga dalam 12 musim beruntun.

Selain torehan tersebut, Lionel Messi juga telah menorehkan sejumlah rekor fantastis lainnya. Berikut ini adalah 13 dari deretan rekor yang berhasil dicatatkan pemain berusia 32 tahun tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Rekor Lionel Messi

Ditemani Istri dan Anaknya, Lionel Messi Terima Sepatu Emas ke-6
Pemain Barcelona, Lionel Messi (tengah) berpose bersama istrinya Antonella Roccuzzo dan putra-putranya Thiago dan Mateo setelah menerima trofi Sepatu Emas keenamnya selama acara penyerahan di Antiga Fabrica Estrella Damm, Barcelona, Spanyol (16/10/2019). (AFP Photo/Josep Lago)

1. Pemain yang paling sering mengukir hattrick di Liga Champions: 8 (bersama Cristiano Ronaldo)

2. Pemain dengan jumlah gol terbanyak pada fase grup Liga Champions: 68 gol

3. Pemain dengan jumlah gol terbanyak pada 16 besar Liga Champions: 26 gol

4. Pemain dengan koleksi Ballon d'Or terbanyak: 6

5. Pemain dengan koleksi gol terbanyak di La Liga: 438 gol

6. Pemain dengan jumlah gol terbanyak dalam satu musim di La Liga: 50 (2011-2012)

7. Pemain dengan koleksi gol terbanyak dalam satu tahun kalender: 79 (2012 - bisa mencapai 91 gol jika termasuk gol bersama Timnas Argentina)

8. Pemain dengan catatan hattrick terbanyak di La Liga: 36

9. Pemain asing dengan trofi La Liga terbanyak: 10

10. Pemain dengan koleksi sepatu emas Erropa terbanyak: 6

11. Pemain dengan koleksi trofi terbanyak di klub: 34

12. Pemain dengan koleksi gol terbanyak di Timnas Argentina: 70 gol

13. Pemain Argentina termuda yang mencetak gol di Piala Dunia: 18 tahun 357 hari

Sumber: Berbagai sumber

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓