Sukses


6 Pemain Terbaik Asia di La Liga, Ada yang Menjebol Gawang Real Madrid Hingga Jadi Raja Gol Barcelona

Bola.com, Jakarta - La Liga merupakan kompetisi teratas sepak bola Spanyol yang juga menjadi satu di antara incaran para pesepak bola dunia, tak terkecuali Asia.

La Liga memang tak setenar Premier League atau Serie A. Peta persaingan di La Liga juga tak sekompetitif seperti dua kompetisi elite dunia tersebut.

Meski demikian, tak sedikit pemain Asia yang menjadikan La Liga sebagai tujuan karier. Indikatornya adalah dari jumlah pemain Asia yang bermain di kompetisi elite Spanyol tersebut.

AFC mencatat, sejauh ini baru ada 36 pemain Asia sepanjang sejarah yang pernah bermain di Spanyol. Jepang menjadi negara paling banyak karena mengirimkan 11 pemain.

Adapun hanya tiga negara Asia Tenggara yang pemainnya pernah merumput di La Liga. Mereka adalah Teerasil Dangda (Thailand), Natxo Insa (Malaysia), dan Paulino Alcantara, Gregorio Ameztoy, Ignacio Larrauri, Julio Uriarte yang berasal dari Filipina.

AFC mencoba mengerucutkan enam nama pemain Asia yang terbilang sukses di La Liga. Indikatornya adalah jumlah penampilan dan pencapaian yang mereka raih di Negeri Matador. Siapa saja?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 7 halaman

Wu Lei (China)

Wu Lei merupakan pemain China pertama yang bermain di La Liga. Wu Lei bergabung dengan Espanyol sejak 2019 dan saat ini sudah tampil sebanyak 35 kali dan mencetak enam gol.

Wu Lei juga pernah menjebol gawang Barcelona di La Liga. Kejadian itu terjadi pada 4 Januari 2020 ketika bermain di kandang Espanyol.

Dalam laga bertajuk Derby Catalan itu, Wu Lei berhasil menjadi pahlawan Espanyol dan mencetak gol yang membantu timnya meraih hasil imbang 2-2. Wu Lei ketika itu menjebol gawang Barcelona kawalan Neto melalui tembakan kaki kanan pada menit ke-88.

3 dari 7 halaman

Takashi Inui (Jepang)

Takashi Inui menjadi pemain Jepang pertama yang berkarier di Spanyol. Takashi Inui tercatat telah mencicipi atmosfer La Liga sejak 2015 sampai saat ini.

Takashi Inui sudah membela Eibar, Real Betis, dan Alaves. Takashi Inui tampil sebanyak 129 kali dan mencetak 14 gol.

Penampilan terbaik Takashi Inui terjadi ketika mencetak dua gol ke gawang Barcelona pada 21 Mei 2017. Namun, ketika itu dua gol Takashi Inui gagal membantu Eibar meraih kemenangan di Camp Nou.

4 dari 7 halaman

Javad Nekounam (Iran)

Javad Nekounam merupakan pemain Iran pertama yang bermain di Spanyol. Javad Nekounam tercatat berkarier di Negeri Matador rentang 2006-2012.

Selama itu, Javad Nekounam hanya membela 1 klub yakni Osasuna. Secara keseluruhan, Javad Nekounam telah tampil sebanyak 149 kali dan mencetak 24 gol.

Dari jumlah tersebut, satu gol Javad Nekounam dicetaknya ke gawang Real Madrid pada 18 Januari 2009 melalui sundulan kepala. Namun, ketika itu Osasuna harus menelan kekalahan 1-3 dari Los Blancos.

5 dari 7 halaman

Masoud Shojaei (Iran)

Masoud Shojaei merupakan pemain Iran kedua yang bermain di La Liga. Masoud Shojaei tercatat berkarier di Spanyol rentang 2008-2014.

Masoud Shojaei membela Osasuna (2008-2013) dan Las Palmas (2013-2014). Masoud Shojaei berhasil tampil sebanyak 101 kali dan mencetak delapan gol di La Liga.

Namun,tak ada pencapaian yang pernah diraih Masoud Shojaei di Spanyol. Meski demikian, Masoud Shojaei merupakan pemain yang disegani dan berhasil mengumpulkan 87 penampilan dan delapan gol untuk Timnas Iran.

6 dari 7 halaman

John Aloisi (Australia)

John Aloisi berkarier di La Liga rentang 2001-2007. Pemain asal Australia itu tercatat membela Osasuna (2001-2005) dan Alaves (2005-2007).

Secara keseluruhan, John Aloisi berhasil tampil sebanyak 154 kali dan mencetak 39 gol. Namun, Aloisi gagal meraih gelar di Spanyol.

Pencapaian terbaik John Aloisi terjadi pada 2005 ketika membantu Osasuna menjadi finalis Copa del Rey. Meski demikian, John Aloisi tercatat sebagai pemain tangguh karena mengemas 27 gol dalam 55 penampilan bersama Timnas Australia.

7 dari 7 halaman

Paulino Alcantara (Filipina)

Paulino Alcantara menjadi pemain Asia paling sukses di La Liga. Pemain asal Filipina itu merupakan legenda dari Barcelona.

Paulino Alcantara tercatat sebanyak dua periode berseragam Barcelona yakni pada 1912-1916 dan 1918-1927. Paulino Alcantara sukses ampil sebanyak 357 laga liga dan mencetak 369 gol buat klub asal Catalan.

Pemain kelahiran 7 Oktober 1986 itu juga sukses memperembahkan lima gelar Copa del Rey dan 10 gelar Championat de Catalunya. Pencapaian-pencapaian itulah yan.g membuat Paulino Alcantara masuk dalam daftar legenda Barcelona

Sumber: AFC

Video Populer

Foto Populer