VIDEO: Selamat Ulang Tahun Zinedine Zidane, Legenda Hidup Real Madrid

Oleh Yusuf Satria pada 23 Jun 2020, 09:02 WIB
Diperbarui 23 Jun 2020, 09:18 WIB

Bola.com, Jakarta Manajer Real Madrid, Zinedine Zidane tepat berusia 48 tahun pada hari ini, Selasa (23/6/20). Zidane merupakan legenda hidup Real Madrid yang tidak hanya sukses sebagai manajer saat ini. Ia juga meraih kesuksesan saat masih akfif sebagai pemain.

Zidane bisa dikatakan sebagai sosok panutan bagi para pesepak bola dunia. Tidak hanya sukses sebagai di klub sebagai pemain dan pelatih, Zidane bahkan sukses mengantarkan negaranya, Prancis meraih gelar juara dunia pada 1998. Zidane merupakan sosok pesepakbola kelas dunia yang lengkap.

Mantan rekan setim, David Beckham mengakui jika sosok Zidane merupakan yang terbaik. David Beckham  menyebut Zidane merupakan pemain yang memiliki keistimewaan. Tak hanya itu, Beckham juga melontarkan pujian untuk Zidane sebagai pemain terbaik yang pernah satu tim bersamanya.

"Zidane adalah pemain terbaik yang pernah bermain bersama saya,” ujar pria berusia 45 tahun itu, seperti dikutip dari Sportbible, Minggu (10/5/2020). "Dia adalah pria terhormat, dan berada di sini bersamanya sangat istimewa. Bagi saya, selain menjadi pemain terbaik, dia adalah orang terbaik," tambah David Beckham.

Legenda Real Madrid dan Timnas Perancis itu dikenal memiliki teknik olah bola di atas rata-rata. Semasa bermain, Zinedine Zidane tampil memukau saat bersama klub dan negaranya. Ia mempersembahkan berbagai gelar bergengsi, termasuk juara La Liga, scudetto Serie A, Liga Champions, hingga Piala Eropa dan Piala Dunia.

Saat sudah pensiun dan menjadi pelatih, sentuhannya tak menghilang. Zidane mengantar Real Madrid menjuarai Liga Champions sebanyak tiga kali, Piala Dunia Antarklub, dan tentu saja, La Liga.

Zidane adalah gelandang tengah yang ikonis. Ia menyuguhkan permainan elegan di era sepak bola modern. Banyak pemain hebat terlihat seperti pemain biasa apabila disandingkan dengannya. Melihatnya mengolah bola di lapangan, Zidane bak penari ketimbang seorang pemain. Sentuhan pertamanya, seolah sapuan sempurna di atas kanvas.

Itulah mengapa, banyak rekan seprofesi, baik pemain maupun kalangan pelatih, yang mengidolakan sosoknya.

Kini, Real Madrid masih perkasa berada di bawah Zinedine Zidane. Di La Liga, Real Madrid berhasil memuncaki klasemen sementara, unggul tipis dari rival abadi, Barcelona.