Sukses


Zinedine Zidane Enggan Berkarier sebagai Pelatih Sampai 20 Tahun

Bola.com, Madrid - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengisyarakatkan tak akan berkarier lama di dunia kepelatihan. Zidane berpendapat, profesi pelatih membuatnya lelah.

Zinedine Zidane mengawali kariernya di dunia kepelatihan pada 2014. Ketika itu, pria asal Prancis dipercaya menukangi Real Madrid Castilla pada usia 42 tahun.

Pada 2016, Zidane promosi menukangi tim senior Real Madrid. Zidane bertahan di Los Blancos sampai 2018 dan sempat mengundurkan diri. Kemudian pada 2019 sampai saat ini, Zidane kembali menukangi Madrid.

"Saya tidak akan melatih selama 20 tahun. Saya akan pensiun sebelum itu. Saya seorang pelatih yang tidak biasa, jadi apapun bisa terjadi," kata Zidane seperti dikutip ESPN, Minggu (28/6/2020).

"Saya belum merencanakan apapun. Ini masih menjadi hari-hari yang menggairahkan buat saya. Untuk berapa lama akan seperti ini, saya tidak tahu," ucap Zidane.

Zinedine Zidane bisa disebut sebagai pelatih sukses di Real Madrid. Sejauh ini, Zidane sudah mempersembahkan satu gelar La Liga, tiga gelar Liga Champions, serta dua gelar masing-masing Piala Super Eropa, Supercoba de Espana, dan Piala Dunia Antarklub.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Profesi Melelahkan

Zinedine Zidane mengaku, ketika masih aktif bermain dirinya tak berpikir untuk menjadi pelatih. Namun, pada akhirnya dirinya terjun ke dunia kepelatihan.

Zidane sadar, profesi pelatih sangat melelahkan. Hal itulah yang membuatnya enggan berlama-lama berkarier sebagai pelatih.

"Dalam pikiran saya, saya selalu menjadi pemain. Saya bermain selama 18 hingga 19 tahun, setelah itu ketika orang bertanya apakah akan menjadi pelatih? Saya berkata tidak," kenang Zidane.

"Lalu saya memutuskan untuk menjadi pelatih. Ini benar-benar profesi yang membuat Anda lelah. Jadi, saya tak akan sampai 20 tahun menjadi pelatih dan itu sudah pasti," tegas Zidane.

Sumber: ESPN

Video Populer

Foto Populer