VIDEO Bursa Transfer: Barcelona Resmi Lepas Arthur Melo ke Juventus

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 30 Jun 2020, 08:15 WIB
Diperbarui 30 Jun 2020, 08:15 WIB

Bola.com, Jakarta Berita Bursa Transfer kali ini datanga dari raksasa Spanyol. Barcelona resmi mengumumkan kepindahan Arthur Melo ke Juventus dengan banderol 72 juta euro (Rp1,16 triliun) ditambah 10 juta euro (Rp161 miliar) yang berbentuk berbagai variabel bonus. Mereka menukarkan pemain muda tersebut dengan Miralem Pjanic yang usianya jauh lebih tua. 

"FC Barcelona dan Juventus FC telah mencapai kesepakatan transfer untuk Arthur Melo. Klub Italia (Juventus) akan membayar 72 juta euro, plus 10 juta euro dalam berbagai variabel," tulis Barcelona di situs resmi klub, seperti dilansir Football Italia, Senin (29/6/2020). 

"Sang pemain akan tetap di Barcelona hingga akhir musim kompetisi 2019-2020," imbuh pernyataan tersebut. 

Miralem Pjanic diprediksi dibanderol 60 juta euro sebagai bagian dari kesepakatan ini. Tetapi, pengumuman Juventus soal nasib Pjanic masih menunggu penutupan bursa saham di Italia pada sore waktu setempat. 

Kedua pemain menjalani tes medis di Turin, Minggu (28/6/2020), karena pertimbangan pengetatan perjalanan akibat pandemi virus corona. Barcelona menilai lebih mudah menerbangkan dokter ke Italia ketimbang membawa Pjanic ke Spanyol. 

Dokumen harus selesai pada 30 Juni untuk memastikan muncul di neraca keuangan tahun 2019-2020. Meskipun demikian, Arthur Melo baru pindah ke klub barunya setelah Liga Champions rampung pada Agustus 2020.

Arthur Melo digaet Barcelona dari Gremio pada 2018. Gelandang asal Brasil itu telah mencatatkan 72 laga kompetitif untuk Blaugrana, dengan mencetak empat gol dan enam assist. 

Pemain berusia 23 tahun itu dikabarkan meneken kontrak berdurasi lima tahun di Juventus. Dia akan mendapat tambahan gaji signifikan daripada yang diterimanya di Barcelona.

Sejatinya pertukaran antara Arthur Melo dan Miralem Pjanic dari Barcelona ke Juventus maupun sebaliknya pada Bursa Transfer musim panas ini, merupakan sebuah tanda tanya untuk Barcelona. Pasalnya, usia Arthur Melo jauh lebih muda dibandingkan Miralem Pjanic.