Kontroversi Penalti Athletic Bilbao vs Real Madrid, Ini Kata Pakar Wasit La Liga

Oleh Hendry Wibowo pada 06 Jul 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 06 Jul 2020, 12:00 WIB
Jalannya pertandingan Athletic Bilbao vs Real Madrid di Stadion San Mamés Barria
Jalannya pertandingan Athletic Bilbao vs Real Madrid di Stadion San Mamés Barria, Bilbao, Minggu (5/7/2020). (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Bola.com, Madrid - Lagi! Real Madrid mendapat penalti dan hal tersebut memastikan tim meraih tiga poin. Namun, cerita kali ini berbeda. Sebab, Real Madrid juga dinilai harusnya mendapat hukuman penalti.

Real Madrid berjumpa Athletic Bilbao pada duel pekan ke-34 La Liga 2019/2020, Minggu (5/7/2020) malam WIB. Laga duel laga di San Mames itu, Real Madrid menang dengan skor 1-0 lewat gol yang dicetak Sergio Ramos.

Sang kapten mencetak gol lewat titik putih. Wasit Jose Luis Gonezalez Gonzalez menilai ada pelanggaran dari Dani Garcia kepada Marcelo pada menit ke-71. Keputusan penalti diperkuat oleh VAR.

Di laga sebelumnya, Real Madrid juga menang 1-0 atas Getafe. Sergio Ramos mencetak gol, juga dari eksekusi penalti. Hasil ini membuat Real Madrid tetap unggul empat poin dari Barcelona di klasemen.

Penalti yang didapat Real Madrid memang mendapat sorotan. Pemain Athletic Bilbao sempat melakukan protes. Sebab, Dani Garcia dinilai tidak sengaja menginjak kaki Marcelo yang tengah berlari masuk kotak penalti.

Protes pemain Bilbao tak mengubah keputusan penalti. Apalagi, wasit Jose Luis Gonzalez sudah melihat VAR. Akhirnya, Real Madrid tetap mendapat penalti dan dengan sempurna memanfaatkannya sebagai gol penentu kemenangan.

"Kita bisa melihat melalui teknologi [VAR] bahwa Dani Garcia menginjak Marcelo dan bahwa penalti layak diberikan," terang pakar wasit La Liga, Juan Andujar Oliver, kepada Marca.

2 dari 3 halaman

Real Madrid Harusnya Dihukum Penalti?

Pertandingan antara Athletic Bilbao melawan Real Madrid di Stadion San Mames, Bilbao
Pertandingan antara Athletic Bilbao melawan Real Madrid di Stadion San Mames, Bilbao, Minggu (5/7/2020) dalam lanjutan La Liga 2019-2020. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Pemain Bilbao kemudian juga sempat mengklaim penalti. Raul Garcia terjauh di dalam kotak penalti. Sang pemain, dalam tayangan ulang, nampak diinjak kakinya oleh bek Real Madrid, Sergio Ramos. Saat itu, tidak ada bola di sekitar kedua pemain.

Pemain Bilbao mengklaim penalti atas insiden Sergio Ramos dan Raul Garcia. Akan tetapi, wasit Jose Luis Gonzalez tidak menunjuk titik putih. Apakah keputusan tersebut sudah tepat?

"Berbeda dengan penalti untuk 1-0 [pelanggaran Marcelo], langkah Sergio Ramos pada Raul Garcia tidak disengaja," kata Juan Andujar Oliver kepada Marca.

Pemain Athletic Bilbao nampaknya masih geram dengan insiden yang terjadi. Dua pemain Bilbao, Inaki Williams dan Unai Lopez, bahkan memberi tanggapan di media sosial terkait insiden Sergio Ramos dan Raul Garcia.

Tidak ada kata-kata yang dituliskan dua penggawa Bilbao itu. Akan tetapi, mereka memberikan emoticon seolah tidak percaya bahwa Bilbao tak mendapat penalti dari insiden yang terjadi antara Ramos dan Raul Garcia.

 

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 6/7/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓
Zinedine Zidane Bercerita Soal Capaian dan Performa Menawan Real Madrid di La Liga