Presiden Barcelona Menilai Real Madrid Selalu Diuntungkan VAR

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 06 Jul 2020, 22:30 WIB
Diperbarui 06 Jul 2020, 22:30 WIB
Josep Maria Bartomeu
Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu (LLUIS GENE / AFP)

Jakarta - Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu mulai panas melihat timnya tertinggal di papan klasemen La Liga. Menurutnya, Real Madrid sangat diuntungkan Video Assistant Referee (VAR).

Dalam lima pertandingan terakhir, Real Madrid mendapatkan tiga penalti setelah wasit melihat tayangan VAR. Tiga penalti itu membuat Los Blancos meraih kemenangan dan saat ini berada di puncak klasemen La Liga dengan keunggulan empat poin dari Barcelona.

Teranyar, Real Madrid mendapat diuntungkan VAR saat menang 1-0 atas Athletic Bilbao di San Mames Barria, Minggu (5/7/2020). VAR memberikan penalti untuk Real Madrid di menit ke-79 yang berhasil dieksekusi Sergio Ramos.

"Posisi VAR saat ini tidak di tingkatan yang diinginkan semua orang. Setelah lockdown, ada banyak laga yang bahkan satu tim yang sama selalu diuntungkan dan banyak tim yang lainnya tidak beruntung," kata Bartomeu mengutip dari Marca.

Sementara Barcelona, kata Bartomeu dirugikan oleh VAR. Saat menang 4-1 atas Villarreal, Barcelona harusnya mendapat gol kelima melalui penalti, tapi tidak diberi oleh VAR.

 

2 dari 4 halaman

Keputusan Janggal

Jalannya pertandingan Athletic Bilbao vs Real Madrid di Stadion San Mamés Barria
Jalannya pertandingan Athletic Bilbao vs Real Madrid di Stadion San Mamés Barria, Bilbao, Minggu (5/7/2020). (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Bartomeu melihat laga di San Mames dan dia merasa keputusan VAR memang agak janggal. Dia menyindir Real Madrid dan menilai VAR menguntungkan satu tim yang sama.

"VAR harus membantu wasit. Pada beberapa laga terakhir, semua orang sudah melihat gambaran bagaimana VAR belum digunakan dengan baik," ujar Bartomeu.

Real Madrid kini berada di puncak klasemen La Liga dengan 77 poin. Los Blancos berada di jalur juara karena unggul empat poin dari Barcelona di klasemen pekan ke-33. Hanya empat laga tersisa bagi kedua klub pada musim 2019/2020.

 

3 dari 4 halaman

Respons Real Madrid

Sementara itu, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane sangat bosan dengan tuduhan tersebut. Dia mengaku sudah lelah mendengar tuduhan Real Madrid dibantu wasit atau VAR.

"Saya capek karena pada akhirnya kita selalu membicarakan hal yang sama. Sepertinya kita berhasil memenangkan laga karena masalah wasit dan itu bukanlah apa yang terjadi," ucap Zidane, seperti dikutip dari situs resmi klub.

Sumber: Marca

Disadur dari: Liputan6.com (Cakrayuri Nuralam/Adyaksa Vidi, publshed 6/7/2020)

4 dari 4 halaman

Saksikan video Real Madrid di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Zinedine Zidane Bercerita Soal Capaian dan Performa Menawan Real Madrid di La Liga