Sukses


Apa Jadinya jika Zinedine Zidane Tiba-tiba Pensiun usai Raih Gelar La Liga Bersama Real Madrid?

Bola.com, Jakarta - Real Madrid sukses mengunci gelar Liga Spanyol 2019-2020. Kemenangan Madrid 2-1 atas Villarreal di Estadio Alfredo Di Stefano, Jumat (17/7/2020) dini hari WIB membuat mereka mengoleksi 86 poin hingga jornada ke-37.

Dengan menyisakan satu laga lagi, raihan poin Real Madrid tak mungkin lagi dikejar Barcelona yang baru mengumpulkan 79 poin. Barcelona sendiri takluk 1-2 oleh Osasuna.

Perjalanan Karim Benzema cs., khususnya semenjak restart, fantastis. Sebelum pandemi COVID-19, Madrid masih duduk di posisi kedua dengan nilai 56 dari 27 laga, tertinggal dua poin dari Barcelona saat itu.

Berbeda dengan Barcelona, yang harus kalah sekali dan imbang tiga kali dalam 10 laga terakhir. Akhirnya, perolehan poin tim asuhan Quique Setien itu disalip oleh Madrid.

Pelatih El Real, Zinedine Zidane, mengungkapkan rasa bahagianya usai memenangi gelar.

"Rasanya luar biasa, karena apa yang telah dilakukan para pemain benar-benar mengesankan," kata Zidane selepas laga.

"Saya kesulitan menggambarkan perasaan saya saat ini. Liga Champions adalah Liga Champions, tapi gelar liga ini terasa lebih menyenangkan karena kompetisi La Liga Spanyol benar-benar mengagumkan."

"Kami jadi yang terbaik jelas karena perolehan poin kami paling banyak. Buat saya, ini salah satu hari terbaik dalam karier profesional saya," timpalnya lagi.

Ia memuji perjuangan anak-buahnya di lapangan. "Para pemain sudah berjuang di lapangan. Benar bahwa saya pun punya peran, tapi merekalah yang percaya kami bisa juara. Karakter tim ini benar-benar membuat saya terkesan. Melihat para pemain bahagia, ya saya pun ikut bahagia," jelas nakhoda asal Prancis itu.

Gelar La Liga kali ini adalah yang kedua buat Zidane sebagai pelatih. Sebelumnya, ia menang di tahun 2017 bersama Madrid.

Pertanyaannya setelah sukses bersama Real Madrid apa ambisi Zidane selanjutnya? Pertanyaan ini layak diapungkan mengingat baru-baru ini ia melontarkan pernyataan kontroversial soal rencana pensiun. 

 

 

Video

2 dari 3 halaman

Tak Akan Lama Berkarier sebagai Pelatih

Zinedine Zidane mengungkapkan, rencana pensiunnya pada Senin (29/6/2020) lalu. Hal itu diungkapkan Zidane dalam koferensi pers setelah laga kemenangan 1-0 Madrid atas Espanyol.

Meski belum pasti kapan dirinya akan memutuskan untuk pensiun, pelatih asal Prancis tersebut tidak ingin karier kepelatihannya lebih lama daripada kariernya sebagai pesepak bola.

"Saya tidak akan melatih sampai 20 tahun. Saya akan pensiun sebelum itu, " ungkap Zidane lansir SportBible.

"Saya pelatih yang berbeda, apa aja bisa terjadi. Saya tidak merencanakan apapun. Dari hari ke hari membuat saya bersemangat. Untuk berapa lama, saya tidak tahu."

"Di pikiran saya, saya adalah seorang pesepak bola. Saya bermain untuk 18 atau 19 tahun, dan setelah itu ketika orang bertanya apakah saya akan menjadi pelatih, saya menjawab tidak."

"Namun kemudia saja menjadi pelatih. Ini membuat saya lelah. Ini tidak akan sampai 20 tahun, itu sudah pasti," tambahnya.

Sebelumnya, Zizou sudah pernah mengundurkan diri pada Mei 2018, saat baru melatih Madrid selama satu setengah tahun.

Padahal, saat itu ia berhasil mencatatkan rekor-rekor mengesankan dan membawa Madrid meraih sejumlah trofi.

Ia akhirnya kembali ke Real Madrid pada Maret 2019. Comebacknya berbuah gelar La Liga musim ini. 

Sumber: Marca, Sport Bible

3 dari 3 halaman

Klasemen La Liga

 

 

Video Populer

Foto Populer