Sukses


Musim Buruk untuk Barcelona, tapi Lionel Messi Tetap Bersinar: Pecahkan Rekor Assist dan Top Scorer La Liga

Bola.com, Barcelona - Lionel Messi sepertinya punya definisi tersendiri untuk istilah "musim terburuk". Ya, meski Barcelona terancam gagal meraih satu trofi pun musim ini, Messi tetap tampil luar biasa.

Minggu (19/7/2020) malam WIB kemarin, Barca memainkan pertandingan terakhir di La Liga. Pasukan Quique Setien ini menggilas Deportivo Alaves dengan skor telak 5-0.

Hasil ini memang tak mengubah apa pun, Real Madrid sudah berpesta juara musim ini. Namun, paling tidak Barca bisa menutup musim dengan kepala tegak. Selain itu, Lionel Messi pun bisa mengirim pesan pada mereka yang meragukannya: bahwa dia masih yang terbaik, bahwa dia belum habis.

Barcelona membuka kemenangan mereka atas Alaves di menit ke-24 lewat gol Ansu Fati. Bintang muda Barca ini mendapatkan servis sang legenda, yang mencungkil bola ke tengah kotak penalti.

Fati patut dipuji karena instingnya yang bisa melihat celah kosong. Namun, yang tak kalah penting adalah assist sempurna Messi, yang melambung tepat untuk disantap Fati.

Dengan satu assist ini, Messi resmi memecahkan rekor assist terbanyak dalam semusim La Liga. Operan untuk gol Fati itu merupakan assists ke-21 Messi musim 2019/20, melampaui rekor 20 assists yang dipegang oleh legenda Barca lainnya, Xavi (2008/09).

Assists Messi kali ini jadi bahan perdebatan karena bola menyentuh lawan sebelum disambut Fati. Namun, La Liga tetap menghitungnya sebagai assist Messi karena arah bola tidak berubah meski menyentuh lawan terlebih dahulu.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 3 halaman

Raja La Liga

Rekor 21 assist itu bakal mempercantik catatan Lionel Messi di La Liga, sebagai jejak pemain terbaik yang pernah beraksi di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Spanyol itu.

Betapa tidak, sebelumnya Messi sudah memegang rekor jumlah gol terbanyak dalam semusim La Liga (50). Sekarang dia melengkapi nya dengan rekor assist terbanyak dalam semusim, hal yang lumrah untuk pemain terbaik.

Kontribusi Messi musim ini tak berhenti di situ. Meski Barca tak juara, La Pulga sendiri bisa mencetak 25 gol hanya dalam 34 pertandingan, beberapa terlewatkan karena cedera. Gelar top scorer liga alias Pichichi yang ketujuh kalinya untuk Messi, juga rekor baru lainnya.

Artinya, musim terburuk versi Messi adalah: assist terbanyak (21) dan gol terbanyak di La Liga (25).

 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Lionel Messi becomes the first ever player to win the Pichichi trophy in seven separate seasons.⁣ ⁣ LM7.⁣

Sebuah kiriman dibagikan oleh Squawka Football (@squawkafootball) pada

3 dari 3 halaman

Messi dalam Angka

Jika jumlah gol dan assists di atas masih kurang, beberapa angka berikutnya ini mungkin bakal lebih menegaskan kualitas Messi sebagai pemain terbaik La Liga. Ketika Real Madrid juara sebagai tim, Messi menang di tataran individu. Messi adalah Barcelona.

Tercatat, Messi memegang catatan terbanyak untuk sejumlah aspek penting di La Liga. Di antaranya:

  • Gol terbanyak: 25
  • Assists terbanyak: 21
  • Menciptakan peluang terbanyak: 88
  • Dribel sukses terbanyak: 182
  • Tembakan terbanyak: 159
  • Tembakan tepat sasaran terbanyak: 71
  • Menciptakan peluang matang terbanyak: 36
  • Operan di 1/3 akhir terbanyak: 1148
  • Gol tendangan bebas langsung terbanyak: 5
  • Hattrick terbanyak: 3

Inilah "versi terburuk" Lionel Messi, ketika Barcelona gagal juara.

 

Sumber: Squawka

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, Published 20/7/2020)

Video Populer

Foto Populer