VIDEO: Legenda Real Madrid dan Timnas Spanyol, Iker Casillas Pensiun

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 04 Agu 2020, 21:35 WIB
Diperbarui 04 Agu 2020, 21:35 WIB

Bola.com, Jakarta Iker Casillas resmi mengumumkan pensiun sebagai pesepak bola profesional pada Selasa (4/8/2020). Mantan kiper Real Madrid dan Timnas Spanyol itu gantung sepatu pada usia 39 tahun.

"Ini adalah hari yang paling penting, dan pada saat yang bersamaan merupakan salah satu yang paling sulit dalam karier olahraga saya, saatnya tiba untuk mengucapkan selamat tinggal," tulis Casillas dalam surat yang diunggahnya di Twitter.

"Saya sangat beruntung bisa berkarier di bidang yang saya sukai, sesuatu yang mengisi saya dan membuat saya bahagia."

"Karier sepak bola saya dimulai 30 tahun yang lalu dan ini merupakan jalan yang panjang dan seperti perjalanan lainnya, ini memiliki masa-masa indah dan masa sedih. Melihat ke belakang dan pada tahap kehidupan saya ini, saya dapat mengatakan itu sangat berharga," lanjutnya.

Iker Casillas merupakan pemain asli jebolan akademi sepak bola Real Madrid, La Fabrica. Setelah membela Madrid C dan B, Casillas mendapat kesempatan memperkuat tim senior pada musim 1999-2000.

Dia pun menjalani laga perdana bersama Los Blancos pada 15 September 1999 ketika bersua Olympiakos di Liga Champions. Ketika itu, Iker Casillas masih berusia 18 tahun dan 177 hari.

Sejak saat itu, Casillas selalu menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Real Madrid. Selama 16 musim berseragam El Real, Iker Casillas mencatatkan 725 penampilan di seluruh ajang.

Dia juga turut membantu Los Blancos merengkuh 19 titel juara, beberapa di antaranya adalah lima gelar La Liga, dua trofi Copa del Rey, dan tiga titel Liga Champions.

Tak hanya bersama Real Madrid, Iker Casillas juga mengukir tinta emas dengan seragam Timnas Spanyol. Casillas menorehkan 167 caps bersama La Roja, dan menjuarai Piala Eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010.

Setelah 16 musim berseragam Real Madrid, Iker Casillas harus angkat kaki ke FC Porto pada Juli 2015. Kalah bersaing dengan Keylor Navas membuat Casillas terpaksa pergi dari klub yang telah dibelanya sejak belia.

Bersama Porto, karier kiper berjulukan San Iker itu tetap bersinar. Dia berhasil menorehkan 156 penampilan di seluruh ajang, dan turut membantu Dragoes menjuarai empat gelar juara.

Akan tetapi, ketika menjalani latihan bersama FC Porto pada 1 Mei 2019, Iker Casillas terkena serangan jantung. Bahkan, dia harus naik ke meja operasi untuk menyembuhkan kondisinya.

Sayangnya, proses pemulihan Iker Casillas memakan waktu yang cukup panjang. Alhasil, dia tak sekalipun membela Porto pada musim lalu. Meski begitu, Casillas tetap dianggap sebagai sosok yang berjasa untuk Dragoes.

Pasca-pensiun, Iker Casillas disebut bakal kembali ke Real Madrid. Sejumlah media Spanyol menyebut legenda Timnas Spanyol tersebut bakal menjabat sebagai konsultan Presiden Madrid, Florentino Perez.