Sukses


Rekor-rekor Dahsyat Lionel Messi saat Bersama Pep Guardiola di Barcelona

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi menjadi properti paling panas pada bursa transfer musim panas ini. Sang pemain telah menyatakan ingin keluar dari Barcelona.

La Pulga mengajukan permintaan transfer pekan lalu. Tetapi, prosesnya meninggalkan klub bakal rumit.

Messi mengklaim bisa pergi dengan status bebas transfer dan menolak untuk kembali ke sesi latihan. Sedangkan Barcelona berpendapat bahwa klausul kontrak yang dipermasalahkan telah berakhir pada bulan Juni.

Masalah tak berhenti sampai di situ. Jika pemain berusia 33 tahun itu bisa ditransfer gratis, sangat sedikit klub di dunia yang mampu membayar gajinya.

Manchester City dan PSG, dua klub itu yang paling mungkin mendaratkan Messi, dilihat dari kondisi keuangan klub. 

City sejauh ini menjadi yang terdepan yang mampu menampung Messi. Apalagi, manajer mereka, Pep Guardiola, merupakan sosok yang dekat dengan Messi.

Sebelum menyatakan ingin pergi dari Camp Nou, Lionel Messi menghubungi Guardiola dan mengaku ingin gabung The Citizens. 

Berikut ini Bola.com merangkum dari Sportsmole, rekor-rekor dahsyat Messi saat bersama Pep Guardiola di Barcelona.

Video

2 dari 4 halaman

Penampilan Terbanyak, Jumlah Gol Fantastis

Lionel Messi telah memainkan lebih banyak pertandingan di bawah Pep Guardiola, daripada di bawah pelatih lain dalam kariernya.

Messi tampil dalam 219 pertandingan untuk Barcelona saat dilatih Guardiola. Ia mencetak 211 dan mencatatkan 97 assist.

Secara total, Messi memiliki peran langsung dalam 308 gol dari 219 pertandingan selama era paling sukses di Barcelona, ​​dan puncaknya terjadi pada musim terakhir Guardiola sebagai pelatih.

3 dari 4 halaman

Puncak Karier

Musim 2011-12 menjadi puncak karier Lionel Messi. Ia memecahkan rekor Eropa untuk gol terbanyak dalam satu musim dengan 73 gol  hanya dalam 60 pertandingan di semua kompetisi.

Penghitungan itu termasuk 50 di La Liga yang membuat pemilik nomor 10 itu menjadi pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang masa.

Sebelumnya, Messi mencetak 53 gol pada musim sebelumnya, 47 pada 2009/10, dan 38 pada 2008/09.

4 dari 4 halaman

Ballon d'Or

Yang paling mengesankan dari semuanya, dalam waktu empat tahun Guardiola menangani Barcelona, empat kali juga Messi menyabet Ballon d'Or. Dia menjadi satu-satunya pemain dalam sejarah yang memenangkan penghargaan bergengsi tersebut empat kali berturut-turut.

Messi kemudian dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia dua kali lagi dalam delapan tahun berikutnya, yang masih membuatnya menjadi pemain paling berprestasi dalam sejarah, tetapi menunjukkan penurunan dari era Guardiola.

Video Populer

Foto Populer