Sukses


5 Superstar yang Terluka di Real Madrid dan Kemudian Menggila di Klub Baru: Sakit Hatinya Arjen Robben dan Angel Di Maria

Bola.com, Jakarta - Dengan 91 gelar di semua kompetisi selama sejarahnya yang termasyhur, Real Madrid adalah klub paling sukses di lima liga top Eropa.

Kemenangan gelar terbaru mereka adalah gelar La Liga ke-34 yang memperpanjang rekor dominasi mereka di tingkat domestik. Ini yang merupakan gelar liga Spanyol pertama Los Blancos dalam tiga tahun.

Total 13 gelar Real Madrid di Piala Eropa/Liga Champions sulit untuk didekati klub-klub manapun dalam waktu dekat.

Dengan latar belakang penuh kejayaan ini, tidak mengherankan jika mereka jadi klub idaman bagi banyak pemain hebat dari masa ke masa. 

Real Madrid pun dikenal sebagai klub yang royal mengumbar duit buat mendapatkan pemain terbaik. Sayangnya, tak semua pesepak bola beken bisa sukses di Los Blancos.

Real Madrid dikenal sebagai klub yang kejam menilai potensi pemainnya. Jika dianggap sudah tak berguna, mereka akan segera menendangnya. Mereka terkadang terlalu terburu-buru menetapkan vonis.

Banyak pemain buangan Real Madrid justru berjaya di klub baru. El Real meratapi keputusan melego mereka.

Berikut deretan pemain yang kariernya kinclong setelah didepak Real Madrid. Keputusan yang pasti amat disesali klub tersebut

Video

2 dari 6 halaman

Clarence Seedorf

Clarence Seedorf satu-satunya pemain yang memenangkan Liga Champions  dengan tiga klub berbeda: Ajax (1995), Real Madrid (1998), dan AC Milan (2003, 2007).

Seedorf adalah pemain lini tengah yang tekun dan serba bisa yang terkenal karena kekuatan dan kecepatannya dan beroperasi dalam sejumlah besar peran ofensif dan defensif dengan penuh percaya diri.

Tiba di Real Madrid dari Sampdoria pada musim panas 1996, Seedorf yang berusia 20 tahun hanya melewatkan tujuh pertandingan liga selama tiga musim pertamanya di klub saat Real Madrid mengangkat gelar La Liga 1996-1997.

Seedorf memainkan peran kunci di lini tengah Real Madrid saat Los Blancos mengangkat gelar Liga Champions ketujuh mereka pada tahun 1998. Namun, dengan kedatangan manajer baru Guus Hiddink, jam terbang bermain Seedorf mulai berkurang sebelum pemain tersebut dikirim ke Inter Milan pada 1999.

Pemain berusia 23 tahun itu bermain  selama dua tahun bersama Nerazzurri sebelum bergabung dengan rival sekota mereka  AC Milan, yang kemudian jadi titik balik kariernya.

Selama 10 tahun masa tinggal yang gemilang di San Siro, Seedorf mencetak 63 gol dalam 431 penampilan di semua kompetisi saat Milan memenangkan dua gelar Liga Champions, banyak gelar liga dan sejumlah penghargaan domestik serta kontinental lainnya.

 

3 dari 6 halaman

Claude Makelele

Claude Makelele mungkin salah satu pemain yang paling disepelekan oleh Real Madrid sepanjang sejarah.

Pemain Prancis itu membuat kedatangan kontroversial di Madrid pada musim panas 2000 setelah diduga menolak untuk berlatih di bekas klubnya Celta Vigo. Makelele segera menempatkan namanya sebagai gelandang bertahan trengginas yang senang beroperasi di bawah radar.

Meskipun mahir dalam peran yang lebih ofensif, Makelele kebanyakan beroperasi tepat di depan garis pertahanan, memecah permainan lawan dengan tekel dan kedisiplinan berada di area permainannya.

Meskipun pemain Prancis memainkan peran kunci dalam Real Madrid memenangkan dua gelar La Liga dan satu Liga Champions, ia dibayar terlalu rendah dibandingkan dengan rekan setimnya yang lain seperti Zinedine Zidane, Luis Figo, Raul, Ronaldo dan Steve McManaman.

Setelah memenangkan gelar Liga di musim debutnya, Makelele mengingat kembali percakapan dengan presiden Real Madrid saat itu Florentino Perez:

"Saya memiliki dua tahun tersisa di kontrak saya, setelah kami memenangkan gelar La Liga pertama kami,  presiden klub berkata kepada saya mungkin kami akan memperbarui kontak Anda untuk satu tahun lagi."

Namun, dua tahun kemudian, Florentino Perez mengingkari janjinya dan mengesampingkan kenaikan gaji sang pemain setelah mendatangkan David Beckham pada musim panas 2003. Itu membuat Makelele merasa kurang dihargai di Bernabeu meski mendapat dukungan dari pelatihnya, Vicente Del Bosque .

"Klub kemudian menandatangani David Beckham dan menjadi lebih Los Galacticos. Saya meminta pelatih saya menemui presiden untuk kontrak baru saya. Tapi dia mengatakan: tidak ada uang tersisa setelah menandatangani Beckham," kata Makelele.

Karena kecewa ia kemudian pindah ke Chelsea. Ternyata, kebijakan Galacticos Madrid tidak menuai hasil yang diharapkan. Mereka merindukan seseorang seperti Makelele untuk melakukan pekerjaan 'kotor'. Sang jangkar asal Prancis itu menerima pengakuannya di Chelsea, yang memulai dinasti kejayaan bersama Jose Mourinho.

 

4 dari 6 halaman

Arjen Robben

Arjen Robben adalah pemain bertalenta. Ia dewasa sebelum waktunya, pergi dari Santiago Bernabeu dengan perasaan gundah. Seperti Claude Makelele, Robben juga menyalahkan Presiden Madrid saat itu Florentino Perez atas kepergiannya dari klub pada 2009.

Dalam dua musim di Real Madrid, Robben dianggap kurang maksimal. Pemain Belanda itu hanya mencetak 13 gol dalam 65 penampilan di semua kompetisi. El Real mengharapkan hal yang lebih.

Pengangkatan kembali Florentino Perez sebagai presiden baru pada 2009 menandakan kembalinya era Los Galacticos yang kontroversial. Ia mengeluarkan uang untuk mendatangkan superstar Cristiano Ronaldo dari Manchester United, Kaka dari AC Milan, dan kemudian Karim Benzema dan Xabi Alonso juga.

Itu berarti Madrid harus menjual beberapa pemain untuk menyeimbangkan pembukuan mereka. Arjen Robben jadi salah satu target tembak.

Robben tidak memenangkan trofi di Madrid dan dia melihat masa depan yang tidak pasti di salah satu klub terbesar dalam sejarah sepak bola.

"Tujuan saya di sana adalah untuk memenangkan Piala Eropa ke-10 klub, itu benar-benar impian besar bagi saya. Saya bermain di sana selama dua tahun, tetapi kami tidak berhasil memenangkan trofi. Ketika saya pergi, rasanya seperti mundur selangkah saat itu,"  kata Robben kepada Marca.

Dalam interaksi dengan Diario AS sebelum memainkan pertandingan terakhirnya untuk Bayern Munchen setelah 10 musim di klub tersebut, Robben mengatakan:

"Florentino Perez kembali sebagai presiden dan kemudian membeli Ronaldo dan Kaka, Benzema dan Xabi Alonso. Mereka menghabiskan begitu banyak uang dan memberi tahu kami bahwa mereka perlu menghasilkan uang dengan penjualan. Bagi saya itu memalukan karena saya memiliki hubungan yang sangat baik dengan Manuel Pellegrini (pelatih Real Madrid saat itu), dan mungkin saya memiliki pramusim terbaik dalam karier saya," urai Robben.

"Saya merasa kesulitan karena pergantian presiden di Madrid. Saya benar-benar merasa sangat nyaman di sana dan bermain sangat baik, akan tetapi ketika politik mulai berlaku dan Anda tidak memiliki peluang nyata, Anda harus memutuskan apakah Anda ingin terus berjuang atau melanjutkan karir Anda di tempat lain," timpalnya lagi.

Ternyata, winger asal Belanda itu segera keluar dari Real Madrid dan tiba di juara Jerman Bayern Munchen. Selama satu dekade berkiprah di Bavarian, Robben yang lincah, dengan kaki kiri ajaib, mencetak 144 gol dalam 309 penampilan di semua kompetisi. Ia memenangkan banyak penghargaan tim dan individu.

Menjelang pensiun dari sepak bola profesional, Robben mengenang kembali dekade yang sukses di Bayern di mana ia mewujudkan mimpinya untuk memenangkan Liga Champions, sesuatu yang tidak dapat ia capai di Real Madrid:

"Saya ingin membuktikan bahwa saya cukup baik dan kepindahan saya ke Bayern adalah keputusan terbaik dalam karier saya."

5 dari 6 halaman

Angel Di Maria

Angel Di Maria tiba di Real Madrid pada musim panas 2010 setelah pindah dari Benfica senilai 25 juta poundsterling.

Di Maria adalah pemain sayap kiri yang terampil yang juga bisa beroperasi di tengah lapangan, sesuatu yang dia tunjukkan dengan efek yang bagus di bawah asuhan Carlo Ancelotti.

Diberkati dengan visi bermain yang baik dan skill individu mumpuni, pemain Argentina ini unggul dalam menciptakan peluang mencetak gol untuk rekan setimnya. Selain itu ia juga mahir dalam urusan eksekusi bola mati.

Selama empat musim bersama Real Madrid, Di Maria mencetak 37 gol dalam hampir 200 penampilan di berbagai kompetisi untuk klubnya. Ia yang memainkan peran kunci dalam Real Madrid memenangkan La Decima mereka (gelar ke-10) di Liga Champions, memenangkan lima gelar lainnya selama tinggal di ibu kota Spanyol.

Namun, dia tidak bisa menahan dirinya sendiri di depan pendukung setia Madrid. Hubungan semakin memburuk ketika Di Maria yang cedera dilaporkan menerima surat dari Presiden klub Florentino Perez yang memintanya untuk absen dari final Piala Dunia 2014 melawan Jerman.

"Sebuah surat datang dari Madrid untuk memberitahu saya agar tidak bermain. Saya merobeknya, saya mengabaikannya," kenang Di Maria.

Akhirnya Di Maria tidak bermain di final, tapi kariernya di Real Madrid sudah berakhir. Beberapa minggu kemudian, Real Madrid menjual pemain tersebut ke Manchester United dengan rekor transfer Liga Premier sebesar 56,7 juta poundsterling.

Namun, Di Maria mengalami musim yang tidak menyenangkan di Old Trafford sebelum pindah ke Paris St. Germain pada paruh kedua kompetisi. di PSG ia menemukan kembali keberuntungannya, seperti yang terlihat dalam jumlah 82 gol dalam 221 penampilan di berbagai kompetisi untuk klub raksasa Prancis itu.

Enam tahun kemudian, Di Maria mencetak dua gol yang tak terlupakan melawan bekas klubnya dalam pertandingan Liga Champions dan tidak ragu-ragu untuk merayakan golnya.

6 dari 6 halaman

Samuel Eto'o

Samuel Eto'o adalah salah satu dari sedikit pemain yang pernah bermain untuk Real Madrid dan Barcelona.

Namun, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa striker Kamerun itu adalah pemain Real Madrid selama dua musim. Setelah melakukan debut profesionalnya bersama Leganes pada 1997-98, Eto'o memainkan pertandingan La Liga pertamanya dan satu-satunya untuk Real Madrid pada musim berikutnya.

Di musim berikutnya, dia memainkan enam pertandingan lagi tetapi gagal mencetak golnya untuk klub sebelum dia dijual ke Real Mallorca seharga 27 juta euro pada tahun 2000.

Setelah empat musim bersama Mallorca, Eto'o pindah ke Barcelona di mana ia menikmati masa paling produktif dalam karier klubnya. Selama lima musim yang sarat trofi di klub tersebut, Eto'o berkembang pesat bersama Lionel Messi cs.

Ia mencetak 130 gol dalam 199 penampilan di berbagai kompetisi.

Bersama raksasa Catalan, sang striker Kamerun itu berada dalam performa terbaiknya. Tajam dan juga kompak dengan penyerang lainnya saat ia memenangkan banyak penghargaan individu dan tim. Eto'o adalah bagian dari tim bersejarah Barcelona yang memenangkan treble 2008-2009 di bawah Pep Guardiola sebelum pindah ke Inter Milan.

Meskipun tugasnya di Real Madrid tidak sukses atau produktif, Eto'o menyinggung fakta bahwa warna kulitnya mungkin menjadi salah satu alasan ia diusir dari klub.

Bertahun-tahun kemudian, dalam interaksi dengan FC Inter News, Eto'o, yang mencetak banyak sekali gol untuk tim cadangan, tetapi gagal mencetak gol untuk tim senior, bercerita soal masa suramnya di Real Madrid:

"Ketika saya berusia 16 tahun dan saya berada di tim cadangan, tidak ada yang menghormati saya. Rekan-rekanku bahkan tidak menyapaku. Mereka memperlakukan saya seperti bukan manusia, meskipun banyak gol yang saya cetak. "

"Satu-satunya orang yang selalu percaya pada saya adalah Fabio Capello dan Italo Galbiati, yang memberi saya kesempatan untuk berlatih bersama tim utama. Saya akan berterima kasih kepada mereka berdua selamanya. Saya akan melakukan apapun untuk mereka, dan saya haus akan ketenaran, uang, dan tujuan. Saya ingin menjadi seseorang. "

Eto'o mengatakan bahwa dia tidak pernah benar-benar ingin meninggalkan Real Madrid.

"Saya tidak pernah ingin meninggalkan Madrid, tetapi klub tersebut yang menginginkan saya pergi. Saya tidak akan pernah mengerti alasan sebenarnya. Saya selalu melakukannya dengan baik. Satu-satunya penjelasan adalah bahwa mungkin orang kulit hitam tidak disukai oleh klub tersebut."

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer