Sukses


Philippe Coutinho Masuk Rencana Ronald Koeman di Barcelona: Ia Siap Menjalani 4 Peran Ini di Blaugrana

Bola.com, Jakarta - Philippe Coutinho kemungkinan besar bakal bertahan di Barcelona pada musim 2020-2021. Pelatih Ronald Koeman dilaporkan sudah meminta sang pemain untuk bertahan di Camp Nou.

Coutinho terlihat kesulitan untuk menunjukkan permainan terbaiknya setelah didatangkan Barcelona pada pertengahan musim 2017-2018. Hal itu membuat Coutinho dipinjamkan ke Bayern Muenchen pada musim 2019-2020.

Semusim di Allianz Arena, pemain timnas Brasil itu berhasil memenangkan gelar Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions. Coutinho mencatatkan 38 pertandingan di semua kompetisi dengan mencetak 11 gol dan 9 assist.

Meski begitu, Bayern tidak mengambil opsi untuk mempermanenkannya. Alhasil, Coutinho harus kembali ke Barcelona pada musim panas ini.

Setelah kembali ke Camp Nou, Coutinho selalu dikabarkan akan hengkang dari klub Spanyol tersebut. Sang pemain sudah dikaitkan dengan sejumlah klub Premier League seperti Arsenal dan Manchester United.

Akan tetapi, Ronald Koeman dikabarkan memiliki rencana besar pada pemain Brasil tersebut pada musim mendatang. Ia ingin menjadikannya sebagai anggota penting di skuadnya.

Coutinho merupakan pemain serbabisa. Ia bisa menempati tiga posisi dalam skema yang diterapkan Ronald Koeman di Barcelona.

Video

2 dari 5 halaman

Gelandang Serang

Coutinho bisa bermain sebagai gelandang serang atau pemain nomor 10. Dalam pola ini, Coutinho akan berdiri sejajar dengan Ousmane Dembele (winger kiri) dan Lionel Messi (winger kanan).

Gelandang serang adalah salah satu posisi favorit dari Coutinho. Ia bisa mencetak 24 gol dan 24 assist dari 127 pertandingan selama bermain di posisi ini.

3 dari 5 halaman

Penyerang Sayap Kiri

Coutinho juga bisa menempati posisi winger kiri. Dalam pola ini, Coutinho akan berdiri sejajar dengan Miralem Pjanic (gelandang serang) dan Lionel Messi (winger kanan).

Pemain asal Brasil ini sangat produktif ketika bermain di posisi winger kiri. Ia bisa mencetak 65 gol dan 41 assist dari 193 penampilan.

4 dari 5 halaman

Gelandang Tengah

Coutinho bisa diperankan sebagai gelandang tengah di Barcelona. Dalam pola ini, Coutinho akan bekerja ssama dua gelandang Blaugrana lainnya Frenkie De Jong dan Miralem Pjanic di lini tengah.

Coutinho pernah bermain sebagai gelandang tengah pada saat memperkuat Inter Milan. Dari posisi itu, sang pemain tidak mencetak gol maupun assist.

5 dari 5 halaman

Penyerang Bunglon

Coutinho punya naluri mencetak gol yang tajam saat berkiprah di Liverpool. Potensi ini disadari betul oleh Ronald Koeman.

Dengan membangun sistem permainan ofensif yang dinamis di Barcelona, pemain asal Brasil satu ini bisa dikaryakan sebagai penyerang bunglon (false nine).

Sistem ini beberapa kali dipakai oleh Barcelona dan Timnas Spanyol. Sebelumnya yang memainkan peran ini adalah sosok Cesc Fabregas.

Style bermain Coutinho amat mirip Fabregas. Keduanya kuat dalam penguasaan bola dan doyan menyerang.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 9/9/2020)

Video Populer

Foto Populer