Sukses


Liga Spanyol: Profil FC Barcelona dan Prediksi Musim Ini

Bola.com, Jakarta - Raksasa La Liga Spanyol, Barcelona menjadi tim yang paling dinanti pencapaiannya musim 2020/2021. Drama yang terjadi terkait Lionel Messi dalam beberapa bulan ini menjadi penyebabnya.

Tidak bisa dipungkiri, disalip oleh Real Madrid jelang berakhirnya musim memang menyakitkan. Kegagalan ini pun menjadi salah satu pemicu mengapa Barcelona memecat Quique Setien, tentunya selain kekalahan atas Bayern Munchen dulu.

Sekarang Barcelona sedang ditukangi oleh Ronald Koeman yang sebelumnya melatih Timnas Belanda. Koeman punya pencapaian yang apik sewaktu memimpin Die Oranje, di mana mereka berhasil menjadi runner-up di UEFA Nations League tahun 2019 kemarin.

Pada musim yang baru ini juga, Barcelona cukup beruntung karena masih bisa mempertahankan Lionel Messi. Seperti yang diketahui, Messi sempat menciptakan drama dengan melayangkan permintaan ingin meninggalkan Camp Nou.

Ini jelas menggangu persiapan Barcelona sebelum dimulainya kompetisi. Aktivitas transfernya pun jadi terbatas. Tidak ada lagi pemain ternama yang berhasil mereka rekrut semenjak kedatangan Miralem Pjanic dari Juventus.

Video

2 dari 5 halaman

Pelatih: Ronald Koeman

Koeman tidak bisa dikatakan orang baru di Barcelona, meskipun dirinya baru bergabung sebagai pelatih pada tahun ini. Semasa bermain, ia pernah membela Barcelona selama enam musim.

Pria berusia 57 tahun tersebut telah merasakan banyak asam garam di dunia kepelatihan. Barcelona merupakan klub ke-11 yang pernah ditukangi oleh Ronald Koeman. Tentu, ada noda dalam karirnya yang panjang itu.

Kiprahnya bersama Everton, berlangsung satu musim saja di 2016/17, tidak berakhir dengan baik. Ia dipecat setelah the Toffes terjatuh hingga zona degradasi, tepat setelah tumbang di tangan Arsenal dengan skor telak 2-5.

Tentu saja, Koeman juga punya banyak torehan apik di dunia kepelatihan. Ia pernah mendapatkan sembilan gelar dari berbagai ajang, salah satunya Copa del Rey yang diraih saat menukangi Valencia pada tahun 2008 lalu.

3 dari 5 halaman

Pemain Kunci: Lionel Messi

Messi sempat berencana untuk meninggalkan Barcelona pada musim panas ini. Namun karena pihak klub bersikeras tidak membiarkannya pergi, pemain asal Argentina itupun dengan terpaksa bertahan.

Meskipun demikian, Messi telah mendeklarasikan bahwa dirinya akan memberikan kemampuan terbaiknya kepada Barcelona. Sebab rasa egonya tidak lebih besar ketimbang kecintaannya kepada klub berjuluk Blaugrana tersebut.

Ini adalah musim terakhir Messi dengan Barcelona, mengingat kontraknya akan berakhir pada tahun 2021 mendatang. Sudah jelas kalau bintang berusia 33 tahun itu tidak ingin menutup perjalanan indahnya di Barcelona dengan buruk.

Pada musim kemarin, Messi tampil sangat produktif dengan catatan 31 gol dan 26 assist dari 44 penampilan di berbagai kompetisi. Tentu, mengulang pencapaian seperti ini bukan perkara yang sulit bagi sang peraih enam trofi Ballon d'Or itu.

4 dari 5 halaman

Bursa Transfer Sejauh Ini

Transfer In

Miralem Pjanic (Juventus) 60 juta pounds

Trincao (Braga) 31 juta pounds

Matheus Fernandes (Palmeiras) 7 juta pounds

Pedri (Las Palmas) 5 juta pounds

Transfer Out

Arthur Melo (Juventus) 72 juta pounds

Carles Perez (AS Roma) 11 juta pounds

Marc Cucurella (Getafe) 10 juta pounds

Ivan Rakitic (Sevilla) 1,5 juta pounds

Arda Turan (Galatasaray) bebas transfer

5 dari 5 halaman

Prediksi Klasemen

Masa pramusim yang sangat singkat akibat Covid-19, serta permasalahan Messi, membuat persiapan Barcelona untuk mengarungi musim 2020/21 jadi terganggu. Ditambah lagi mereka punya sosok baru di kursi kepelatihan.

Bisa jadi, Barcelona akan mengalami kesulitan pada awal musim ini. Mengharapkan mereka menjadi juara terlalu muluk-muluk. Apalagi Real Madrid di bawah kepelatihan Zinedine Zidane sudah menjadi lebih solid.

Namun menduduki dua besar klasemen La Liga masih jadi hal yang realistis buat mereka. Mengingat kualitas tim Barcelona masih sangat jauh dari para pesaingnya. Mungkin, hanya Atletico Madrid yang bisa membuat mereka kesulitan.

Video Populer

Foto Populer