Liga Spanyol: Tidak Keluarkan Sepeser pun di Bursa Transfer, Real Madrid Berpotensi Raih Rp2,07 Triliun

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 17 Sep 2020, 15:30 WIB
Diperbarui 17 Sep 2020, 15:30 WIB
FOTO: Real Madrid Hajar Valencia 3-0, Benzema Cetak Dua Gol
Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane berbicara kepada para pemainnya saat menghadapi Valencia pada pertandingan La Liga Spanyol di Estadio Alfredo Di Stefano, Madrid, Spanyol, Kamis (18/6/2020). Real Madrid menang 3-0 lewat dua gol Karim Benzema dan satu gol Marco Asensio. (AP Photo Manu Fernandez)

Bola.com, Jakarta - Real Madrid ternyata belum mengeluarkan sepeser pun uang dalam bursa transfer musim panas ini. Namun, Los Blancos justru memiliki potensi pendapatan hingga Rp2,07 triliun.

Real Madrid memang tidak terlalu aktif dalam bursa transfer musim panas ini. Ada dua alasan mengapa Real Madrid mengambil keputusan itu.

Pertama, klub ibu kota Spanyol itu sudah puas dengan belanja yang mereka lakukan pada musim lalu. Kedua, Real Madrid tidak dalam kondisi finansial terbaik.

Kini Los Blancos fokus dengan proyek pembangunan Stadion Bernabeu. Pandemi virus corona membuat Real Madrid kehilangan sejumlah sumber pemasukan dan mengalihkan anggaran transfer untuk stadion yang baru.

Real Madrid tidak membeli satu pun pemain baru. Namun, mereka memiliki amunisi tambahan dalam diri Martin Odengaard, Andry Lunin, dan Alvaro Odriozola yang kembali dari masa pinjaman.

2 dari 4 halaman

Real Madrid Untung

Real Madrid - Zinedine Zidane dan Bintang Real Madrid
Real Madrid - Zinedine Zidane dan Bintang Real Madrid (Bola.com/Adreanus Titus)

Real Madrid kini tengah berupaya merampungkan transfer Sergio Reguilon ke Tottenham Hotspur. Negosiasi berjalan dengan lancar. Semua aspek sudah disepakati antara Real Madrid, Tottenham, dan Reguilon. Hanya menunggu pengumuman resmi saja.

Dari traksaksi ini, Real Madrid akan mendapatkan 30 juta euro. Selain itu, Real Madrid juga punya hak istimewa di mana mereka bisa membeli ulang Reguilon pada musim depan jika memang dibutuhkan.

Sebelum itu, Real Madrid juga telah melepas pemain kunci lain. Acrhaf Hakimi dilepas ke Inter Milan dengan harga 40 juta euro, setelah dua musim dipinjamkan ke Dortmund. Lalu, ada James Rodriguez yang dijual ke Everton dengan mahar 25 juta euro.

Real Madrid juga melepas pemain Javi Sanchez, Dani Gomez, dan De Frutos dengan total uang yang yang didapat senilai 8,5 juta euro.

3 dari 4 halaman

Total Transfer Keluar Real Madrid

Real Madrid - Zinedine Zidane
Real Madrid - Zinedine Zidane (Bola.com/Adreanus Titus)

Takefusa Kubo pindah ke Villarreal dengan status pinjaman. Walau begitu, Real Madrid tetap mendapat uang senilai 2,5 juta euro. Lalu, peminjaman Fran Garcia, Jesus Vallejo, Brahim Diaz, dan Reiner dilakukan tanpa mahar transfer.

Satu pemain lagi yang membuat kantong Real Madrid terisi adalah Oscar Rodriguez. Pemain berusia 22 tahun itu dijual ke Sevilla dengan harga 13,5 juta euro.

Jadi, total uang masuk yang dikantongi Real Madrid dari menjual pemain di awal musim 2020/2021 ini mencapai 119 juta euro, atau sekitar Rp2,07 miliar. Sedangkan, Real Madrid belum membeli satu pemain baru di awal musim ini.

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 17/9/2020)

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓