Ronald Koeman Terancam Tak Bisa Dampingi Barcelona pada Laga Perdana di Liga Spanyol

Oleh Rizki Hidayat pada 17 Sep 2020, 16:15 WIB
Diperbarui 17 Sep 2020, 16:15 WIB
Lionel Messi Borong Dua Gol ke Gawang Girona, Barcelona Siap Tempur di Liga Spanyol
Striker Barcelona, Lionel Messi, berjabat tangan dengan pelatih Ronald Koeman saat melawan Girona pada laga uji coba di Stadion Johan Cruyff, Barcelona, Kamis (17/9/2020). Barcelona menang 3-1 atas Girona. (AP/Joan Monfort)

Bola.com, Barcelona - Barcelona akan menghadapi Villarreal di Camp Nou pada pertandingan pekan ketiga La Liga, 27 September mendatang. Akan tetapi, Barca terancam tak bisa didampingi sang pelatih, Ronald Koeman, pada laga perdana di liga.

Koeman mulai bertugas sebagai pelatih Los Cules pada Agustus 2020 lalu. Ronald Koeman rela mundur dari posisi pelatih Timnas Belanda demi bisa menangani Barcelona.

Sejauh ini, tugas Koeman berjalan baik. Dia telah mengubah banyak hal di Barcelona, mulai dari sesi latihan hingga skema bermain.

Pelatih asal Belanda itu membuat latihan makin keras dan disiplin. Dulu, sesi latihan Blaugrana hanya 60 menit.

Namun ketika Ronald Koeman datang, durasi latihan berubah menjadi 90 menit. Sang pelatih juga mengubah formasi 4-3-3 yang melekat di Barcelona menjadi 4-2-3-1.

Ronald Koeman sah sebagai pelatih Barcelona. Dia mendapat kontrak hingga Juni 2022. Dari sisi hukum, tidak ada masalah yang terjadi dan Ronald Koeman pun sudah memulai tugasnya sebagai pelatih.

Dia berdiri di tepi lapangan ketika Barcelona berjumpa Gimnastic Taragona dan Girona pada laga uji coba. Ronald Koeman menjalankan tugasnya sebagai pelatih kepala.

 

2 dari 4 halaman

Belum Mengantongi Izin

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman.
Ronald Koeman berhasil membawa Barcelona meraih kemenangan 3-1 atas Gimnastic pada laga uji coba di Johan Cruyff Stadium, Minggu (13/9/2020) dini hari WIB. (AFP/Pau Barrena)

Namun, jika Barcelona memainkan pertandingan La Liga pekan ini, Ronald Koeman tidak akan duduk di tepi lapangan. Sebab, pria berusia 57 tahun itu belum mengantongi izin dari pihak La Liga sebagai pelatih Barcelona.

Dikutip dari Marca, registrasi pergantian pelatih Barcelona dari Quique Setien ke Ronald Koeman belum diproses Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Sebab, masih ada masalah yang belum selesai antara Barcelona dan pelatih sebelumnya, Quique Setien.

Barcelona dan Setien belum sepakat soal paket pesangon. Dengan begitu, ada dokumen yang belum lengkap pada proses pergantian pelatih Barcelona dan RFEF tidak bisa memprosesnya.

3 dari 4 halaman

Belum Akan Bertanding

Lionel Messi Masih Kenakan Ban Kapten, Barcelona Petik Kemenangan Perdana Era Ronald Koeman
Pemain Barcelona berdiskusi saat melawan Gimnastic pada laga uji coba di Johan Cruyff Stadium, Minggu (13/9/2020). Barcelona menang dengan skor 3-1. (AP/Joan Monfort)

Setelah merampungkan dua laga uji coba, Barcelona belum akan berlaga di La Liga pekan ini. Klub asal Catalan baru akan memainkan laga pertamanya di La Liga 2020/2021 ketika masuk pekan ketiga.

Laga pertama Barcelona terjadi saat mereka menjamu Villarreal di Camp Nou. Masih ada waktu yang panjang bagi Barcelona untuk membereskan masalah yang kini membelit Ronald Koeman.

Di sisi lain, Barcelona akan bertemu Elche pada laga Trophy Joan Gamper pada Minggu (20/9/2020) malam WIB. Ronald Koeman tetap bisa mendampingi tim, karena status duel ini adalah partai eksebisi.

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Asad Arifin/Published: 17/09/2020)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓