10 Pemain dengan Klausul Pelepasan Termahal di Dunia, Jeniusnya Real Madrid dan Real Madrid Pagari Bintang Utamanya

Oleh Ario Yosia pada 22 Sep 2020, 10:10 WIB
Diperbarui 22 Sep 2020, 10:10 WIB
Lionel Messi, Karim Benzema dan Antoine Griezmann
Lionel Messi, Karim Benzema dan Antoine Griezmann. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Klausul pelepasan (pembelian) menjadi semakin lazim dalam dunia sepak bola beberapa tahun terakhir. Perjanjian satu ini memproteksi klub untuk tidak kehilangan pemain terbaiknya dengan banderol murah. Buat pemain, kontrak tambahan ini membantu mereka bisa pergi lebih cepat saat tak betah bermain di klubnya.

Di Spanyol, klausul pembelian, yang wajib ada dalam kontrak pemain. Momen dramatis terjadi PSG mengaktifkan klausul pelepasan Neymar sebesar 222 euro juta untuk menjadikannya pemain sepak bola termahal di dunia.

Baru-baru ini, klausul pelapasan Lionel Messi membuatnya tetap tinggal di Barcelona meskipun hampir menandatangani kesepakatan dengan Manchester City. Kontrak Messi memang memiliki klausul khusus yang bisa membuatnya pergi secara gratis di akhir setiap musim, tetapi untuk kasusnya kali ini Barcelona menanggap perjanjiannya sudah berlalu.

Jadi apa klausul rilis dalam kontrak pemain sepak bola? Sederhananya, ini adalah jumlah mahar yang ditetapkan dalam kontrak pemain yang harus dibayarkan secara otomatis oleh klub peminat kapanpun saat kontrak berjalan.

Jumlah klausul rilis biasanya lebih tinggi dari nilai pasar pemain sepak bola dan ditujukan untuk mencegah pemain pindah sebelum kontraknya berakhir.

Kadang-kadang, meskipun klausul pelelasan nominalnya besar, pemain sepak bola dijual tanpa mengaktifkannya. Kasus Cristiano Ronaldo contohnya yang dijual oleh Real Madrid ke Juventus.

Ronaldo dikabarkan memiliki klausul pelepasan 1 miliar euro dalam kontraknya dengan raksasa La Liga tersebut. Namun, El Real rela mengabaikannya sebagai bentuk apreasiasi ke CR7 yang telah memberikan banyak hal bagi klub. Ketika ia merasa perlu menikmati tantangan baru, Real Madrid tak mempersulit kepergiannya.

Berikut ini 10 pemain dengan klausul termahal di dunia. Angkanya amat mencengangkan!

2 dari 8 halaman

Peringkat 10 hingga 6

Gareth Bale
Winger Wales yang membela Real Madrid, Gareth Bale. (AP/Color China Photo)
  • 10. Gareth Bale (423 Juta Poundsterling)
  • 9. Gerard Pique (423 Juta Poundsterling)
  • 8. Marco Asensio (592,5 Juta Poundsterling)
  • 7. Vinicius Jr. (592,5 Juta Poundsterling)
  • 6. Isco (592,5 Juta Poundsterling)
3 dari 8 halaman

5. Lionel Messi (592,5 Juta Poundsterling)

Lionel Messi Borong Dua Gol ke Gawang Girona, Barcelona Siap Tempur di Liga Spanyol
Striker Barcelona, Lionel Messi, berjabat tangan dengan pelatih Ronald Koeman saat melawan Girona pada laga uji coba di Stadion Johan Cruyff, Barcelona, Kamis (17/9/2020). Barcelona menang 3-1 atas Girona. (AP/Joan Monfort)

Menarik untuk dicatat bahwa klausul rilis Lionel Messi sama dengan klausul rilis trio Real Madrid di posisi di bawahnya.

Harga mahal yang dipatok Barcelona telah mencegah sang superstar pergi dari klub yang telah membesarkannya tersebut.

Namun, klausul khusus dalam kontrak Messi memungkinkan dia pergi secara gratis di akhir setiap musim, dengan batas waktu yang sama per tanggal 31 Mei. Messi dan agennya berusaha untuk menghidupkan klausul ini pada bulan Agustus karena faktor pandemi virus corona yang membuat kompetisi musim 2019-2020 berakhirnya molor dari jadwal awal.

Messi gagal pergi, walau Manchester City amat meminati dan siap menampungnya yang sudah merasa tak kerasan bermain di Barcelona. Tim Catalan tidak membiarkan aset paling berharga mereka dicaplok klub lain, setidaknya hingga 2021 ketika kontraknya berakhir.

4 dari 8 halaman

4. Brahim Diaz (634,9 Juta Poundsterling)

Aksi Pemain Baru Real Madrid Brahim Diaz di Bernabeu
Pemain baru Real Madrid, Brahim Diaz menggiring bola saat diperkenalkan ke publik di stadion Santiago Bernabeu (7/1). Pemain 19 tahun ini dikontrak Real Madrid hingga 30 Juni 2025. (AP Photo/Manu Fernandez)

Memiliki potensi yang luar biasa, bukan sesuatu yang mengherankan melihat nominal klausul pelepasan Brahim Diaz yang dipatok Real Madrid.

Ironisnya penyerang berusia 21 tahun itu tidak bisa masuk ke tim utama Real Madrid musim lalu karena kecemerlangan striker gaek Karim Benzema.

Diaz sekarang telah pindah klub dengan kesepakatan pinjaman selama satu musim ke AC Milan. Di sana sang bomber akan mendapatkan jam terbang tinggi bermain. Kontraknya dengan Real Madrid hingga 2025, dan sudah pasti bahwa El Real suatu saat menginginkan aset berharga mereka kembali.

5 dari 8 halaman

3. Luka Modric (634,9 Juta Poundsterling)

Real Madrid Vs Valencia
Gelandang Real Madrid, Luka Modric, melakukan selebrasi usai membobol gawang Valencia pada laga Piala Super Spanyol di Stadion King Abdullah Sport City, Arab Saudi, Rabu (8/1/2020). Real Madrid menang 3-1 atas Valencia. (AP/Amr Nabil)

Sekarang usianya sudah menembus 35 tahun, Luka Modric sering menjadi subjek spekulasi bahwa sulapnya sebagai playmaker mulai berkurang karena dimakan umur.

Tetapi pemenang Ballon d'Or 2018 mementahkan anggapan itu. Musim lalu ia kembali ke performa terbaiknya setelah musim 2018-2019 yang buruk.

Modric bermain 40 kali untuk Real Madrid. Ia jadi mesin permainan Los Blancos. Pemain Krosia itu mencetak lima gol dan enam assist sekaligus membantu tim asuhan Zinedine Zidane meraih gelar La Liga.

Modric telah melakukan semuanya di raksasa La Liga tersebut, namun masih terlihat haus gelar di usianya yang masuk senjakala karier sebagai pesepak bola profesional. Dengan kontraknya yang berakhir tahun depan, dia sudah menyatakan keinginannya untuk pensiun sebagai pemain Real Madrid.

6 dari 8 halaman

2. Antoine Griezmann (677,2 Juta Poundsterling)

Antoine Griezmann
Selebrasi striker Barcelona Antoine Griezmann setelah mencetak gol melawan Real Mallorca di Camp Nou, Sabtu (7/12/2019) atau Minggu dini hari WIB. (AP Photo/Joan Monfort)

Jadi bintang utama di Atletico Madrid, hal-hal besar diharapkan dari Antoine Griezmann saat pindah ke Nou Camp musim lalu.

Dia, bagaimanapun, gagal memenuhi harapan sejauh ini. Ini, meski mencetak 15 kali musim lalu.

Itu karena Griezmann diekspesktasikan bisa menghidupkan kembali keajaiban MSN bersama Luis Suarez dan Lionel Messi. Sayang hal itu gagal. Barcelona puasa gelar musim 2019-2020.

Dengan kontrak Griezmann yang berjalan hingga 2024, ia akan mendapatkan satu kesempatan lagi untuk menghidupkan kembali kariernya di Barcelona di bawah Ronald Koeman. Menariknya, Griezmann dibeli Barcelona dari Atletico setelah mengaktifkan klausul pembeliannya.

7 dari 8 halaman

1. Karim Benzema (846,7 Juta Poundsterling)

Karim Benzema - Real Madrid
Striker Real Madrid Karim Benzema merayakan golnya ke gawang Real Sociedad dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Anoeta, San Sebastian, Senin (22/6/2020) dini hari WIB. (AP Foto / Alvaro Barrientos)

Setelah kepergian Ronaldo dan turunnya Gareth Bale, Karim Benzema lebih bertanggung jawab sebagai tumpuan serangan Real Madrid. Dengan lesakan 21 gol dan delapan assist musim lalu, dia memimpin tim dengan gagah berani saat Madrid memenangkan La Liga.

Kontrak Benzema saat ini berakhir pada 2022, tetapi Real Madrid mungkin akan menawarkan perpanjangan waktu meskipun dia berusia 32 tahun sebagai apresiasi atas penampilannya yang memesona dan seabrek gelar yang ia persembahkan ke klub selama bertahun-tahun.

Sumber: Sportskeeda

8 dari 8 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓