Sukses


Ronald Koeman Mulai Unjuk Kesaktian, Berikut Ini 5 Alasan Barcelona Bakal Bisa Bangkit di Tangannya

Bola.com, Jakarta Pertandingan pertama untuk pelatih mana pun di Barcelona selalu jadi ujian besar. Ronald Koeman baru saja menjalani, dan ia beruntung bisa lolos dengan hasil yang sempurna. Pada Senin (28/9/2020), Barcelona menghajar Villarreal 4-0 pada laga pertama mereka di La Liga 2020-2021. Start yang bagus bagi sang mentor.

Hasil ini sangat penting untuk Koeman dan untuk para pemain yang sedang mencari rasa percaya diri mereka.

Ya, untuk laga pertamanya, Koeman menunjukkan beberapa hal positif. Memang permainan Barca belum sempurna, tapi setidaknya sudah ada tanda-tanda perkembangan di beberapa sektor.

Sport menilai kemenangan ini telah mengundang optimisme untuk menyambut era Barcelona yang baru di bawah Koeman. Setidaknya ada 5 alasan untuk percaya pada Barca yang sekarang. Simak di bawah ini:

Video

2 dari 6 halaman

Wonderkid yang Memesona

Ansu Fati jadi bintang utama kemenangan Barca pada pertandingan ini, dan tidak ada alasan baginya untuk berhenti pada satu laga ini saja.

Fati masih muda, segar, dan punya kemampuan untuk mencetak gol. Dia bukan lagi janji masa depan Barca, tapi sudah cukup terbukti di masa kini.

Sebentar lagi Fati berusia 18 tahu dan dialah jawaban pertama Barca untuk mengatasi kepergian Messi nanti.

3 dari 6 halaman

Performa Pertahanan Membaik

Kombinasi Sergi Roberto, Pique, Lenglet, dan Jordi Alba begitu tangguh di lini belakang. Padahal kombinasi ini hampir sama dengan saat Barca dihajar Bayern di Liga Champions musim lalu, hanya beda di posisi Sergi Roberto.

Meski diisi pemain-pemain yang sama, performanya jauh berbeda. Keempat bek Barca bermain di level tinggi. Bek tengah stabil, dan bek sayap bermain dinamis -- khususnya Jordi Alba.

Koeman pun menurunkan formasi double pivot, dengan duet Frenkie de Jong dan Sergio Busqutes. Dua pemain ini membantu melindungi barisan bek.

4 dari 6 halaman

Mulai Mengurangi Ketergantungan pada Messi

Bertahun-tahun sudah Barcelona menggantungkan segalanya pada Messi. Memang tidak salah, tapi sudah waktunya Barca berkembang.

Pada laga pertama Koeman kemarin, Barca tampak seperti tim yang punya alternatif di lini serang. Bukan berarti Messi tidak lagi dibutuhkan lagi, tapi setidaknya Messi bukan satu-satunya cara untuk menang.

Perubahan ini diyakini disebabkan oleh formasi baru Barca ala Koeman: 4-2-3-1.

  

5 dari 6 halaman

Formasi Baru yang Lebih Segar

Bicara soal formasi baru, Koeman terbilang berganti. Barca sudah belasan tahun menggunakan formasi 4-3-3, nyaris tak berubah.

Sekarang Koeman datang membawa ide segar dalam formasi 4-2-3-1. Meski baru satu pertandingan, setidaknya sudah ada tanda-tanda positif.

Barca membuktikan bisa menyerang lewat sisi dalam atau sisi luar, juga bisa kembali memainkan operan pendek khas mereka. Gaya main ini sangat cocok untuk Philippe Coutinho.

6 dari 6 halaman

Kedalaman Skuat

Kedalaman skuad Barca jadi masalah dalam beberapa musim terakhir. Stering XI mereka tangguh, tapi pemain pengganti kurang bisa diandalkan.

Sekarang bersama Koeman, kedalaman skuad Barca perlahan diperbaiki. Selain Messi, ada delapan pemain untuk sektor serang: Griezmann, Coutinho, Ansu, Dembele, Pedri, Trincao, Riqui Puig, dan Braithwaite.

Serta ada enam pemain untuk posisi double pivot: Busquets, De Jong, Pjanic, Alena, bahkan Sergi Roberto dan Riqui Puig lagi.

Sumber asli: Sport

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, Published 29/9/2020)

Video Populer

Foto Populer