Sukses


5 Pembelian Termahal Barcelona di Sepanjang Masa, Tak Melulu Sukses Menaklukkan Kerasnya La Liga Spanyol

Bola.com, Jakarta - Kehebatan Barcelona di persaingan elite sepak bola Eropa tidak perlu diragukan lagi. Berbagai prestasi mentereng pun ditorehkan klub yang berjulukan Blaugrana tersebut. Tak hanya berjaya di La Liga, Barca juga sukses menjadi klub yang berjaya di Benua Biru.

Tim yang bermarkas di Camp Nou tersebut ingin terus menjadi klub yang paling berjaya di dunia. Walaupun sudah dihuni pemain top dunia seperti Lionel Messi, Gerard Pique, Marc-Andre ter Stegen, Jordi Alba, dan Sergio Busquets.

Nyatanya, Blaugrana tetap menjadi salah satu klub yang paling loyal dalam urusan mendatangkan pemain di bursa transfer.

Bahkan, Barcelona pun tak segan-segan menggelontorkan dana besar untuk mendatangkan pemain bintang tersebut guna meningkatkan prestasi klub.

Tercatat ada lima nama pemain yang menjadi pembelian termahal sepanjang sejarah Barcelona. Lalu, siapa saja lima pemain tersebut?

Video

2 dari 6 halaman

Philippe Coutinho (145 juta euro)

Philippe Coutinho menjadi pemain termahal yang pernah direkrut Barcelona. Playmaker asal Brasil ini didatangkan Barca dari Liverpool pada tahun 2018. Penampilannya yang impresif dengan The Reds membuat Blaugrana harus merogoh kocek yang sangat dalam ketika itu.

Barca berhasil mendapatkan Coutinho dengan harga yang fantastis yaitu 145 juta euro atau setara dengan Rp 2,5 triliun. Tetapi dengan banderol selangit itu, pemain berusia 28 tahun tersebut gagal memenuhi ekspektasi publik Camp Nou.

Sehingga, ia harus rela ketika dirinya dipinjamkan ke Bayern Munchen pada tahun 2019. Namun, Coutinho ternyata mampu tampil gemilang bersama Munchen. Coutinho berhasil meraih treble winner dengan raksasa Bundesliga tersebut.

Pasca menjalani masa peminjaman di Munchen, Coutinho menjadi salah satu pemain yang diandalkan manajer Barcelona, Ronald Koeman dan masuk ke dalam skema juru taktik asal Belanda tersebut.

3 dari 6 halaman

Ousmane Dembele (130 juta euro)

Winger asal Prancis, Ousmane Dembele didatangkan Barcelona dari Borussia Dortmund saat usianya masih berusia 20 tahun. Di usianya yang masih muda, Barca rela menebusnya dengan banderol yang cukup tinggi yakni 130 juta euro atau setara dengan Rp 2,3 triliun.

Dengan harga fantastis tersebut, Barca berharap Dembele bisa menjadi bintang masa depan dan menjadi penerus Lionel Messi. Namun, dana yang dibayar Blaugrana nampaknya sia-sia.

Pasalnya, Dembele kurang bersinar selama berseragam Barcelona, lantaran sempat mengalami cedera parah yang membuatnya harus absen lama dari lapangan hijau.

4 dari 6 halaman

Antoine Griezmann (120 juta euro)

Pasca gemilang bersama Atletico Madrid, Antoine Griezmann kembali merumput di La Liga setelah dirinya diboyong oleh Barcelona pada tahun 2019.

Ketika itu, Griezmann berhasil mendarat di Camp Nou dengan harga 120 juta euro atau setara dengan Rp 2,1 triliun. Sejauh ini, pemain berusia 29 tahun ini mampu menunjukkan performa terbaiknya bersama Blaugrana.

Kedatangan Griezmann di Camp Nou membuat lini depan Barcelona menjadi momok yang menakutkan bagi pertahanan lawan.

5 dari 6 halaman

Neymar (88 juta euro)

Rekan Coutinho di tim nasional Brasil, Neymar pernah memecahkan rekor transfer Barcelona pada tahun 2013. Neymar dipinang Barca dari klub Brasil, yakni Santos. Penampilan apiknya bersama Santos sukses mencuri perhatian klub-klub elite Eropa.

Namun, Barca menjadi pemenang utama dalam perburuan tanda tangan pemain berusia 28 tahun tersebut. Tetapi, Blaugrana harus rela membayar harga sebesar 88 juta euro atau setara dengan Rp 1,53 triliun untuk talenta berbakat asal Brasil tersebut.

Walaupun dibanderol harga setinggi itu, Neymar mampu sukses bersama Barca dan menjadi andalan di setiap musimnya. Namun sayang, pada tahun 2017 ia memilih untuk meninggalkan Camp Nou dan bergabung dengan PSG.

6 dari 6 halaman

Frenkie De Jong (86 juta euro)

Setelah mendatangkan Antoine Griezmann, Barcelona kembali merekrut pemain yang tak kalah mahal di tahun yang sama. Yap, pemain tersebut adalah Frenkie De Jong yang direkrut dari Ajax Amsterdam.

Barca menebus De Jong dengan harga 86 juta euro atau setara dengan Rp 1,5 triliun. Harga yang tinggi itu, membuat De Jong menjadi pemain gelandang termahal yang direkrut Barca.

Talentanya yang besar serta usianya yang masih muda membuat Barca rela membayar mahal untuk gelandang tengah asal Belanda tersebut.

Sumber asli: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Hendra Wijaya, Published 7/10/2020)

Video Populer

Foto Populer