Sukses


Liga Spanyol: Rotasi Pemain Jadi Kunci Sukses Real Madrid di Awal Musim

Bola.com, Jakarta - Real Madrid tengah berada di puncak klasemen La Liga Spanyol 2020/2021 ketika jeda internasional tiba. Kesuksesan ini tidak lepas dari strategi rotasi pemain yang diterapkan Zinedine Zidane dalam empat laga pada awal musim ini.

Real Madrid memulai musim lebih lambat dari tim La Liga lainnya. Pada laga pertamanya, Los Blancos hanya bermain imbang tanpa gol menghadapi Real Sociedad. Namun, setelah itu Real Madrid seakan tidak terbendung.

Los Blancos meraih kemenangan atas Real Betis, Real Valladolid, dan Levante. Hasilnya, Real Madrid menjadi satu di antara empat tim yang belum terkalahkan hingga pekan kelima La Liga.

Real Madrid berada di puncak klasemen dengan 10 poin. Los Blancos unggul satu poin dari Real Betis yang berada di posisi kedua. Sebagai catatan, Real Betis sudah memainkan satu laga lebih banyak dari Real Madrid.

Satu kunci sukses di balik start apik Real Madrid adalah rotasi pemain. Pelatih Zinedine Zidane tahu benar potensi yang dimiliki pemainnya. Dengan begitu, ia yakin semua pemain bisa memberikan kontribusi.

Zidane telah memainkan 23 pemain, di mana 21 pemain berasal dari tim utama, dalam empat laga awal Real Madrid di La Liga musim ini.Dua pemain dari tim muda yang mendapatkan menit bermain adalah Marvin Park dan Sergio Arribas.

Sejauh ini hanya empat pemain yang belum mendapatkan menit bermain di skuat Real Madrid, satu di antaranya Eden Hazard yang masih cedera. Tiga nama lain adalah Eder Militao, Mariano Diaz, dan Andriy Lunin.

Luka Jovic, yang santer disebut bakal didepak, dimainkan sebagai pemain inti pada dua laga beruntun yang dimainkan Real Madrid. Pada laga melawan Levante, Zidane juga memainkan Nacho Fernandez dan Lucas Vazquez.

Video

2 dari 2 halaman

Zidane Memahami Benar Kualitas Timnya

Zinedine Zidane sudah membangun Real Madrid sejak beberapa musim lalu. Jadi pelatih asal Prancis itu tahu betul kekuatan yang dimiliki timnya. Zidane tidak memiliki kendala berarti dalam melakukan rotasi dan menemukan keseimbangan tim.

Zidane melakukan rotasi di hampir semua lini. Vinicius Junior yang belakangan tampil bagus tidak dilirik dalam dua laga awal. Luka Modric, Toni Kroos, dan Casemiro pun harus bersaing dengan Martin Odegaard di lini tengah Los Blancos.

Namun, ada empat pemain yang tidak tersentuh kebijakan rotasi Zinedine Zidane. Empat pemain tersebut adalah Thibaut Courtois, Sergio Ramos, Karim Benzema, dan Raphael Varane.

Empat pemain tersebut memang menjadi tulang punggung dalam skema permainan Zidane. Duet Ramos dan Varane bahkan terbukti mampu memberikan banyak gelar juara untuk Real Madrid.

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 10/10/2020)

Video Populer

Foto Populer