Liga Spanyol: Barcelona Gunakan Formasi 4-2-3-1, Ini Alasan Ronald Koeman

Oleh Hendry Wibowo pada 11 Okt 2020, 20:45 WIB
Diperbarui 11 Okt 2020, 20:45 WIB
Ansu Fati Bersinar, Barcelona Pesta Gol ke Gawang Villarreal
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, memberikan arahan kepada Philippe Coutinho saat melawan Villareal pada laga Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Senin (28/9/2020). Barcelona menang dengan skor 4-0. (AP Photo/Joan Monfort)

Bola.com, Barcelona - Ronald Koeman membuat gebrakan yang menarik bersama Barcelona. Pelatih asal Belanda itu memilih memakai formasi 4-2-3-1 dan menanggalkan formasi 4-3-3 yang secara tradisional dipakai klub asal Catalan.

Ya, Barcelona selalu identik dengan formasi 4-3-3. Bahkan, formasi ini sudah diajarkan di akademi klub yakni La Masia. Formasi 4-3-3 seperti menjadi identitas klub.

Lionel Messi, Xavi Henandez, Andres Iniesta, hingga Carlos Puyol adalah nama-nama yang lahir dari gemblengan formasi 4-3-3. Artinya, formasi ini memang sudah sejak lama dipakai dan dipahami pemain Barcelona.

Ernesto Valverde dan Quique Setien sempat membawa ide-ide baru untuk Barcelona, tetapi tidak meraih hasil maksimal. Lantas, mengapa Ronald Koeman berani meninggalkan formasi 4-3-3?

Ronald Koeman bukan sosok yang asing bagi Barcelona. Sebelum menjadi pelatih, Ronald Koeman dikenal sebagai salah satu bek terbaik dalam sejarah Barcelona. Dia masuk jajaran legenda klub.

Artinya, Ronald Koeman tentu tahu nilai-nilai dan tradisi klub. Termasuk memainkan formasi 4-3-3. Akan tetapi, Ronald Koeman datang justru dengan mengubah formasi itu dan membawa ide formasi 4-2-3-1 untuk Lionel Messi dan kolega.

"Sebagai seorang Pelatih, saya memiliki preferensi sistem saya. Mengapa bermain dengan pemain sayap jika kita tidak memiliki pemain sayap dalam skuad," ucap Ronald Koeman.

"Menurut saya, 4-2-3-1 adalah sistem yang sempurna untuk tim ini mengingat kualitas para pemainnya," sambung mantan pelatih Everton itu dikutip dari Diario AS.

2 dari 3 halaman

Terima Hasil Bursa Transfer

Lionel Messi Borong Dua Gol ke Gawang Girona, Barcelona Siap Tempur di Liga Spanyol
Striker Barcelona, Lionel Messi, berjabat tangan dengan pelatih Ronald Koeman saat melawan Girona pada laga uji coba di Stadion Johan Cruyff, Barcelona, Kamis (17/9/2020). Barcelona menang 3-1 atas Girona. (AP/Joan Monfort)

Bursa transfer awal musim 2020/2021 telah usai. Barcelona mampu mendatangkan Sergino Dest, Miralem Pjanic, Francisco Trincao dan Pedri. Lalu, ada Philippe Coutinho telah kembali dari masa pinjaman di Bayern Munchen.

"Timnya baik-baik saja, saya senang dengan skuad yang kami miliki. Kami telah mencoba memperbaikinya, tetapi itu adalah bagian dari situasi keuangan klub. Kami harus menerimanya dan bekerja keras," kata Ronald Koeman.

Ronald Koeman sebenarnya ingin beberapa pemain baru. Selain Eric Garcia, dia juga sangat tertarik untuk membeli Memphis Depay. Namun, Barcelona tidak punya cukup uang untuk membawa kedua pemain ke Camp Nou.

 

Sumber: AS

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓