5 Alasan Barcelona Harus Segera Jual Lionel Messi: Kesempatan Terakhir daripada Buntung

Oleh Wiwig Prayugi pada 12 Okt 2020, 15:30 WIB
Diperbarui 12 Okt 2020, 19:26 WIB
Barcelona FC - Lionel Messi
Barcelona FC - Lionel Messi (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer musim panas resmi ditutup, tidak banyak kejutan kali ini. Namun, Barcelona bisa jadi kembali dihadapkan pada situasi sulit pada bursa transfer Januari 2021 mendatang.

Betapa tidak, beberapa bulan lalu Barca sempat kerepotan mengurus pemberontakan Lionel Messi. Sang megabintang mengaku muak dengan kepemimpinan Josep Maria Bartomeu dan ingin meninggalkan klub.

Messi akhirnya batal pindah karena klausul kontrak, tapi sebenarnya tidak ada alasan kuat untuknya bertahan. Sang kapten tidak ingin memaksakan kepindahannya hanya karena cinta terhadap Blaugrana.

Sekarang masih mengenakan kostum Barca, tapi kontraknya bakal kedaluwarsa pada Juni 2021 mendatang. Jika tidak ada kontrak baru sampai akhir tahun 2020 ini, Messi bebas bernegosiasi dengan klub lain per Januari 2021 nanti.

Kehilangan Messi adalah mimpi buruk bagi Barca. Namun, di sisi lain Barca harus memikirkan keberlangsungan klub yang tengah mengalami krisis finansial akibat pandemi virus corona.

Barcelona harus menjual Messi pada Januari nanti selagi bisa, daripada kehilangannya secara gratis di akhir musim. Mengutip Sportskeeda, setidaknya ada 5 alasan bagi Barca untuk menjual Messi.

2 dari 7 halaman

Mengurangi Beban Gaji

Barcelona - Lionel Messi
Barcelona - Lionel Messi (Bola.com/Adreanus Titus)

Messi adalah pemain terbaik di dunia, jadi wajar jika dia mendapatkan gaji yang lebih besar dari pemain-pemain lain. Masalah gaji inilah yang membuat Barcelona kelimpungan.

Barca tengah menjalani situasi finansial terburuk selama bertahun-tahun. Dan karena tidak ada kepastian kapan fans bisa masuk ke stadion, mereka akan terus merugi dari pekan ke pekan.

Bahkan Blaugrana baru mengumumkan kerugian dan utang besar, dan masih belum ada rencana untuk membayar atau melunasinya.

Jadi seharusnya mudah ditebak. Mungkinkah Barca melepas Messi demi menyelamatkan klub dari kebangkrutan?

3 dari 7 halaman

Fokus Membangun Tim

Ansu Fati Bersinar, Barcelona Pesta Gol ke Gawang Villarreal
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, memberikan arahan kepada Philippe Coutinho saat melawan Villareal pada laga Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Senin (28/9/2020). Barcelona menang dengan skor 4-0. (AP Photo/Joan Monfort)

Sudah bertahun-tahun Barca bergantung pada Messi seorang diri. Sudah terlalu lama Barca membangun tim dengan Messi sebagai pusatnya, tapi ternyata banyak pembelian Barca yang tidak tepat.

Bergantung pada pemain terbaik di dunia bukan kesalahan. Namun, ketika Messi bermain buruk, Barca nyaris mustahil meraih hasil apik.

Ketergantungan ini pun membawa banyak efek samping lainnya. Pemain-pemain muda sulit berkembang. Kualitas pemain baru pun dinilai dengan bagaimana kecocokannya dengan Messi di lapangan.

Klub sebesar Barca seharusnya tidak membiarkan situasi itu berjalan terlalu lama. Meski terlambat, mereka mencoba mengubah banyak hal dengan mendatangkan Ronald Koeman.

Koeman bertindak berani dengan melepas Luis Suarez dan merevolusi tim, bukan tidak mungkin Messi jadi korban berikutnya.

4 dari 7 halaman

Hapus Potensi Perlawanan

Lionel Messi Borong Dua Gol ke Gawang Girona, Barcelona Siap Tempur di Liga Spanyol
Striker Barcelona, Lionel Messi, berjabat tangan dengan pelatih Ronald Koeman saat melawan Girona pada laga uji coba di Stadion Johan Cruyff, Barcelona, Kamis (17/9/2020). Barcelona menang 3-1 atas Girona. (AP/Joan Monfort)

Messi adalah Barcelona. Kabarnya Messi punya kekuatan setara dengan klub. Terbukti, pemberontakannya kemarin justru bisa berakhir dengan pengunduran diri Bartomeu.

Tentu ini keliru. Sehebat apa pun pemain, seharusnya tidak ada yang lebih besar dari klub. Lambang di dada lebih besar daripada nama di punggung, sudah seharusnya demikian.

Di satu sisi kekuatan Messi ini penting untuk mengkritik kebijakan-kebijakan klub yang keliru. Di sisi lain, Messi tidak seharusnya memegang kekuatan sebesar itu.

Melepas Messi mungkin bisa menyegarkan dan memperbaiki kondisi ruang ganti Barca.

5 dari 7 halaman

Kesempatan Terakhir

Barcelona - Lionel Messi 2
Barcelona - Lionel Messi 2 (Bola.com/Adreanus Titus)

Seperti dijelaskan di atas, karena kontrak Messi yang memasuki tahun terakhir, Januari 2021 mendatang adalah kesempatan terakhir Barca untuk mendapatkan uang dari penjualan sang megabintang.

Tahun 2020 tersisa sekitar dua bulan lagi, dan masih belum ada tanda-tanda Messi akan meneken kontrak baru. Artinya, Barca harus bersiap memasuki negosiasi yang tidak mereka inginkan.

Jika situasi ini bertahan, bursa transfer Januari 2021 nanti diyakini akan panas. Barca mungkin menyerah mempertahankan dan memutuskan mengeruk uang sebanya mungkin dari penjualan Messi.

Keputusan ini berisiko, tapi bisa jadi menguntungkan. Barca mungkin bisa mendapatkan dua atau tiga pemain baru dari uang penjualan Messi.

6 dari 7 halaman

Kesempatan untuk Pemain Lain

Bermain di Camp Nou, Barcelona Ditahan Imbang Sevilla
Striker Barcelona, Ansu Fati, berusaha melewati pemain Sevilla pada laga Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Minggu (4/10/2020). Kedua tim bermain imbang 1-1. (AP Photo/Joan Monfort)

Penyerang mana pun yang didatangkan Barcelona akan selalu dibandingkan dengan Messi. Kecuali Neymar dan Luis Suarez, hampir semua penyerang lain terbilang gagal.

Sekarang ada kasus Antoine Griezmann yang tidak mendapatkan posisi seharusnya di lapangan. Sebelumnya ada kasus Philippe Coutinho, juga ada Ousmane Dembele yang cedera kambuhan.

Nama-nama seperti Coutinho, Griezmann, dan Dembele hanya bisa bermain di bawah bayang-bayang Messi sampai sekarang. Mereka rentan dikritik jika kalah, bukan Messi yang disalahkan.

Sebab itu, kepergian Messi akan memberi ruang gerak yang lebih bebas untuk pemain-pemain tersebut. Pada akhirnya mereka bisa bernapas dan bermain seperti seharusnya, tidak selalu jadi korban kekesalan fans.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 12/10/2020)

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓