Liga Spanyol: Antoine Griezmann Tampil Biasa Saja sebagai Penyerang Tengah Barcelona, Ucapan Ronald Koeman Terbukti Benar

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 18 Okt 2020, 17:15 WIB
Diperbarui 18 Okt 2020, 17:15 WIB
Reaksi Pemain Barcelona Usai Dipecundangi Getafe di Liga Spanyol
Penyerang Barcelona, Antoine Griezmann, tertunduk lesu usai ditaklukkan Getafe pada laga Liga Spanyol di Stadion Coliseum Alfonso Perez, Minggu (18/10/2020). Barcelona takluk dengan skor 1-0. (AP/Manu Fernandez)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, mencoba memainkan Antoine Griezmann sebagai penyerang sentral Blaugrana seperti keinginan sang pemain dalam pertandingan kontra Getafe, Minggu (18/10/2020) dini hari WIB. Namun, ternyata hasil yang diperlihatkan Griezmann tidak memuaskan.

Posisi Griezmann menjadi polemik tersendiri antara Barcelona dan Timnas Prancis. Pelatih Les Bleus, Didier Deschamps, meyakini kalau Griezmann lebih baik bermain lebih ke tengah di lini serang tim.

Hal tersebut terlihat kala Prancis menghadapi Kroasia di UEFA Nations League. Bermain di posisi No. 10, pemain berusia 29 tahun itu sukses mencetak gol dan membantu Timnas Prancis menang dengan skor 2-1.

Griezmann sempat mengungkapkan keinginannya untuk bermain sebagai penyerang tengah di Barcelona. Ronald Koeman pun merespons pernyataan itu dengan tegas, bahwa sang pemain harus membuktikannya.

Koeman kemudian mencoba memainkan Griezmann di posisi tengah, berbeda dengan laga-laga sebelumnya bersama Barcelona, di mana ia lebih sering bermain di sisi kanan serangan. Namun, ternyata hasilnya tetap mengecewakan.

2 dari 4 halaman

Lebih Efektif di Kanan

Lionel Messi Cs Siap Bungkam Inter Milan di Camp Nou
Pemain Barcelona Lionel Messi, Ousmane Dembele dan Antoine Griezmann mengikuti sesi latihan tim di Joan Gamper Sports City di Sant Joan Despi (1/10/2019). Barcelona akan bertanding melawan wakil Italia, Inter Milan pada grup F Liga Champions di Camp Nou Stadium. (AFP Photo/Lluis Gene)

Antoine Griezmann tidak memberikan kontribusi berarti dalam laga tersebut. Alhasil, Barcelona harus menanggung malu dengan kalah 0-1 dari Getafe.

Penampilan Griezmann dalam laga kali ini membuat Koeman makin yakin kalau Griezmann lebih efektif dimainkan sebagai winger kanan. Seperti yang ia lakukan dalam beberapa pertandingan sebelumnya.

"Saya telah berbicara dengan Antoine dan saya memberitahu bahwa saya sedang mencari yang terbaik untuk tim. Saya pikir dia paling efektif bermain di sisi kanan untuk kami," ujar Koeman seperti yang dikutip dari Live Soccer TV.

"Dia bisa bermain di tiga posisi. Dia juga bisa bermain sebagai No. 10 atau No. 9. Faktanya, saat saya masih melatih Belanda, dalam laga kontra Prancis, dia bermain di sisi kanan melawan kami, sama halnya seperti di Barcelona," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Tak Ada Masalah

Ronald Koeman
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman tertunduk lesu saat La Blaugrana dikalahkan Getafe dengan skor 0-1 pada laga lanjutan Liga Spanyol, Minggu (18/10/2020) dini hari WIB. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Ronald Koeman juga menegaskan bahwa hubungannya dengan sang pemain baik-baik saja terkait posisi ini. Ia meyakini Griezmann telah dimainkan pada posisi yang seharusnya.

"Saya tidak memiliki masalah dengan Antoine. Saya hanya bisa memainkan satu pemain di setiap tiga posisi penyerang. Saya tidak memainkan siapa pun di luar posisinya," ujar Koeman.

"Saya telah berulang kali mengatakan bahwa kami punya banyak kualitas di lini depan dan punya pemain yang bisa bermain di lebih dari satu posisi. Hari ini kami menaruh Griezmann di No.9, membuat perubahan semacam itu penting," pungkasnya.

Berikutnya, Barcelona melakoni laga fase grup Liga Champions yang digelar pada hari Rabu (21/10/2020) nanti. Blaugrana bakal bertemu dengan Ferencvaros di markas kebanggaannya, Camp Nou.

Sumber: Live Soccer TV

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 18/10/2020)

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓