Liga Spanyol: Kompakan, Ini 3 Fakta Menarik di Balik Kekalahan Real Madrid dan Barcelona

Oleh Gregah Nurikhsani pada 18 Okt 2020, 18:30 WIB
Diperbarui 18 Okt 2020, 18:30 WIB
Reaksi Pemain Barcelona Usai Dipecundangi Getafe di Liga Spanyol
Striker Barcelona, Lionel Messi, tertunduk lesu usai ditaklukkan Getafe pada laga Liga Spanyol di Stadion Coliseum Alfonso Perez, Minggu (18/10/2020). Barcelona takluk dengan skor 1-0. (AP/Manu Fernandez)

Bola.com, Jakarta - Dua tim papan atas Liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid sama-sama takluk dari tim non unggulan di Liga Spanyol 2020/2021. Barcelona dikalahkan Getafe dengan skor 0-1 ketika bermain di Coliseum Alfonso Perez, Minggu (18/10/2020).

Mimpi buruk datang buat Barcelona saat babak kedua baru berlangsung selama 10 menit. Frenkie De Jong mencoba merebut bola dari kaki Allan-Romeo Nyom di kotak terlarang. Sayangnya Nyom terjatuh dan membuat wasit menunjuk titik putih.

Jaime Mata yang ditunjuk sebagai eksekutor benar-benar memanfaatkan kesempatan di depan mata itu. Dengan rasa percaya diri, ia berhasil mengecoh Neto dan menggetarkan gawang Barcelona. 1-0 untuk Getafe.

Tentu, Barcelona berusaha untuk menyamakan kedudukan setelah gawangnya kebobolan. Namun lini pertahanan tim lawan yang bermain dengan sangat disiplin membuat Lionel Messi dkk kesulitan untuk mencetak gol.

Sementara Real Madrid, sang juara bertahan Liga Spanyol harus bertekuk lutut dari tim promosi, Cadiz dengan skor tipis 0-1.

Cadiz membobol gawang Real Madrid pada menit 16. Berawal dari umpan tandukan Negredo, Lozano berhasil mengejar bola ke dalam kotak penalti lalu diselesaikan dengan tembakan chip ke gawang Courtois. Tim tamu unggul 1-0 atas Real Madrid.

Sama-sama menelan kekalahan, terselip fakta-fakta menarik di balik hasil minor yang didapat Real Madrid dan Barcelona. Berikut ini daftarnya.

 

2 dari 5 halaman

Kekalahan Jelang El Clasico

Real Madrid Dipermalukan Tim Promosi di Liga Spanyol
Para pemain Cadiz merayakan gol yang dicetak oleh Anthony Lozano ke gawang Real Madrid pada laga Liga Spanyol di Stadion Alfredo Di Stefano, Minggu (18/10/2020). Real Madrid takluk dengan skor 1-0. (AFP/Pierre- Philipe Marcou)

Kekalahan yang Madrid dan Barcelona dapat secara berbarengan sepekan sebelum El Clascio merupakan hasil minor yang pertama setelah terakhir kali terjadi 2003 silam.

Selain itu, sama-sama kalah pada hari yang sama terjadi dua tahun lalu, di mana Barcelona ditumbangkan Leganes 1-2, sementara Madrid ditekuk Sevilla 0-3.

 

3 dari 5 halaman

Magis Cadiz

Real Madrid Dipermalukan Tim Promosi di Liga Spanyol
Para pemain Cadiz merayakan gol yang dicetak oleh Anthony Lozano ke gawang Real Madrid pada laga Liga Spanyol di Stadion Alfredo Di Stefano, Minggu (18/10/2020). Real Madrid takluk dengan skor 1-0. (AP/Bernat Armangue))

Cadiz bukanlah tim yang biasa menang ketika berjumpa Real Madrid. Bahkan, dari 25 pertemuan, mereka kalah 18 kali, imbang tiga kali, dan cuma menang empat kali.

Kemenangan terakhir pun didapat 29 tahun lalu. Cadiz juga untuk kali pertama menang di markas Madrid sepanjang sejarah La Liga.

 

4 dari 5 halaman

Jersey Tandang Membawa Luka

Reaksi Pemain Barcelona Usai Dipecundangi Getafe di Liga Spanyol
Striker Barcelona, Lionel Messi, meringis kesakitan saat melawan Getafe pada laga Liga Spanyol di Stadion Coliseum Alfonso Perez, Minggu (18/10/2020). Barcelona takluk dengan skor 1-0. (AP/Manu Fernandez)

Tampaknya warna merah muda (pink) bukan warna yang cocok buat Barcelona dan Real Madrid, setidaknya ketika sama-sama dipakai saat laga tandang.

Ya, kedua tim sama-sama mengenakan jersey tandang berwarna pink saat bertanding menghadapi lawannya masing-masing.

Sumber: Opta Jose

5 dari 5 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓