Ronald Koeman: Sabar Dong, Barcelona Sedang Berkembang Nih

Oleh Nurfahmi Budi pada 21 Okt 2020, 12:03 WIB
Diperbarui 21 Okt 2020, 22:23 WIB
Gerard Pique Kartu Merah, Barcelona Pesta Gol di Laga Pembuka Liga Champions 2020/2021
Penyerang Barcelona, Ansu Fati, berusaha melewati pemain Ferencvaros pada matchday 1 Grup G Liga Champions 2020/2021 di Camp Nou, Rabu (21/10/2020) dini hari WIB. Barcelona menang 5-1 atas Ferencvaros. (AFP/Lluis Gene)

Bola.com, Jakarta - Barcelona menggasak Ferencravos dengan skor 5-1, pada Matchday 1 Liga Champions 2020/2021, tadi malam. Pelatih Barcelona, Ronald Koeman mengaku timnya belum bisa tampil konsisten dan maksimal dalam setiap pertandingan.

Sang entrenador meminta publik agar bersabar menunggu atau menilai penampilan Barcelona. Baginya, Barcelona sedang berkembang karena berisi para pemain muda yang terus menyerap pengalaman.

Seperti diketahui, pada laga tadi malam di Estadio Camp Nou, lima gol Barcelona lahir via penalti Lionel Messi pada menit ke-27, Ansu Fati (42'), Philippe Coutinho (52'), Pedri (82') dan Ousmane Dembélé (89'). Satu gol balasan tim tamu lahir dari tendangan 12 pas Ihor Kharatin (70').

Menurut Koeman, fokus Barcelona adalah regenerasi pasukan. Para pemain senior, selain Lionel Messi, telah didepak dan digantikan sosok yang lebih muda. Pada musim panas kemarin, Barcelona melepas Luis Suarez, Arturo Vidal, hingga Ivan Rakitic.

Sementara itu, deretan pemain muda Barcelona sudah mendapat tempat seperti Trincao, Sergino Des, dan Pedri. Tentu kasus pertukaran Arthur dengan Miralem Pjanic tidak masuk hitungan ini.

 

2 dari 4 halaman

Mulai Rajin

Gerard Pique Kartu Merah, Barcelona Pesta Gol di Laga Pembuka Liga Champions 2020/2021
Penyerang Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol yang dicetak Ansu Fati ke gawang Ferencvaros pada matchday 1 Grup G Liga Champions 2020/2021 di Camp Nou, Rabu (21/10/2020) dini hari WIB. Barcelona menang 5-1 atas Ferencvaros. (AFP/Lluis Gene)

Koeman mulai rajin memainkan Ansu Fati dan beberapa pemain lain. Dalam sesi latihan, para pelatih juga sudah memberikan materi lebih terhadap para jagoan muda, tak hanya yang datang dari Barcelona B.

Selayaknya klub besar, segala tindak-tanduk Barcelona akan menjadi perhatian publik. Sehingga wajar kalau publik mudah menurunkan ekspektasi setiap kali klub yang kerap kali disebut Barcelona tersebut gagal meraih kemenangan.

Namun Koeman meminta publik tidak buru-buru dalam memberikan penilaian terhadap Barcelona. Sebab, klub asuhannya itu masih berada dalam tahap perkembangan.

"Kami bermain berbeda. Kami membuat perubahan di dalam tim, melakukan perubahan di skuad, kami menunjuk pemain yang lebih muda, jadi kami tidak bisa berharap lebih dari tim yang sekarang," sebut Koeman.

 

3 dari 4 halaman

Masa Depan

Gerard Pique Kartu Merah, Barcelona Pesta Gol di Laga Pembuka Liga Champions 2020/2021
Pemain Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol yang dicetak Pedri ke gawang Ferencvaros pada matchday 1 Grup G Liga Champions 2020/2021 di Camp Nou, Rabu (21/10/2020) dini hari WIB. Barcelona menang 5-1 atas Ferencvaros. (AFP/Lluis Gene)

Koeman menegaskan, Barcelona memiliki masa depan yang sangat bagus dengan komposisi para pemain muda berkualitas seperti sekarang. Baginya, taktik berbeda menjadi sebuah keharusan agar Barcelona sanggup membentuk tim hebat yang tak mudah ditebak lawan.

Keruan saja, proses perkembangan tidak bisa dalam waktu singkat. Namun Koeman berjanji seiring berjalannya waktu, Barcelona akan terus membaik di setiap pertandingannya.

"Kami akan berkembang. Kami tidak bisa menuntut itu dalam dua atau tiga pekan, namun anda akan melihat dengan segera bahwa tim akan bermain lebih baik, lebih nyaman, tapi kami butuh waktu," tambahnya.

Nah, janji Ronald Koeman akan mendapat tagihan ketika Barcelona bersua Real Madrid, pada El Clasico akhir pekan ini di pentas La Liga. Jika menang, formula ucapan Koeman layak mendapat apresiasi tinggi.

Sumber : Bola.net

4 dari 4 halaman

Video Barcelona

Lanjutkan Membaca ↓