Sukses


Luis Milla: Sulit Temukan Pengganti Rivalitas Lionel Messi Vs Cristiano Ronaldo di El Clasico

Bola.com, Jakarta - Duel Barcelona kontra Real Madrid sempat dihiasi persaingan antara Lionel Messi versus Cristiano Ronaldo. Namun kini, kemegahan partai bertajuk El Clasico tersebut sedikit berkurang sejak Ronaldo pergi dari Madrid.

Cristiano Ronaldo mulai bergabung dengan Real Madrid pada awal musim 2009/2010. Kehadiran Ronaldo tak hanya mendongkrak pamor La Liga, namun juga duel El Clasico.

Pasalnya, kapten Timnas Portugal itu bersua sang rival, Lionel Messi. Kedua pemain terbaik di dunia itu pun saling bergantian mencetak gol dan membantu tim masing-masing merengkuh kemenangan.

Sejauh ini, Messi telah 43 kali bersua Real Madrid di seluruh ajang. Dari 43 pertandingan tersebut, La Pulga berhasil membawa Barcelona meraih 19 kemenangan, 11 hasil imbang, dan menelan 13 kekalahan.

Lionel Messi juga sukses mendulang 26 gol dan 14 assist. Jumlah tersebut membuat kapten Timnas Argentina itu bercokol di puncak daftar top skorer sepanjang masa El Clasico.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo tercatat tampil dalam 33 pertandingan El Clasico dari 2009 sampai 2018. Dari jumlah tersebut, Ronaldo membantu Real Madrid meraih delapan kemenangan, delapan hasil imbang, dan menelan 14 kekalahan, plus mencetak 18 gol dan dua assist.

Akan tetapi, sejak CR7 memutuskan hengkang ke Juventus pada musim panas 2018, duel El Clasico seperti kehilangan daya tariknya. Sebab kini, tak ada laga persaingan sengit antara Lionel Messi versus Cristiano Ronaldo di lapangan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Belum Temukan Pengganti

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, mengakui duel Messi kontra Ronaldo membuat laga El Clasico selalu menarik. Sayangnya, masih sulit menemukan penerus kedua pemain terbaik di dunia itu pada pertandingan Barcelona melawan Real Madrid.

Meski begitu, Milla yakin laga Barca versus Madrid masih akan menarik untuk ditonton. Rencananya, El Clasico edisi perdana pada musim ini akan berlangsung di Camp Nou, dalam laga pekan ketujuh La Liga, Sabtu (24/10/2020) malam WIB.

"Saya menilai sangat sulit untuk menemukan pengganti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Menurut saya, kini kita harus menikmati apa yang tersisa dari mereka berdua. Pada laga El Clasico, Sabtu ini masih bisa terus dinikmati karena kehadiran Messi," ujar Milla dalam webinar bertajuk "El Clasico Season 90" yang diselenggarakan La Liga. 

3 dari 3 halaman

Pemain Muda di El Clasico

Ansu Fati dan Vinicius Junior dianggap sebagai suksesor persaingan Lionel Messi versus Cristiano Ronaldo pada laga El Clasico. Namun, Luis Milla tak setuju dengan anggapan tersebut.

"Mengenai pemain muda seperti Ansu Fati dan Vinicius Junior, untuk para pemain muda, kita harus menghindari tekanan kepada mereka, karena mereka masih sangat muda. Mereka butuh dukungan untuk terus berkembang," lanjut Milla.

"Jadi, tekanan kepada mereka perlu kita hindari pada tahap awal, karena bisa menjadi kontraproduktif bagi mereka. Jadi, yang mereka butuhkan bukanlah tekanan. Mereka membutuhkan kepercayaan untuk mendapatkan materi dan untuk terus mengembangkan bakat," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer