Sukses


7 Pelatih yang Menjalani Debut Suram di Duel El Clasico La Liga Spanyol Barcelona Vs Real Madrid, Kutukan Membayangi Ronald Koeman

Bola.com, Jakarta - Barcelona akan menjajal kekuatan serteru abadinya Real Madrid pada akhir pekan ini. Laga di Camp Nou ini akan menjadi debut El Clasico bagi pelatih Ronald Koeman.

Koeman datang ke Barcelona pada musim panas. Ia ditunjuk menggantikan Quique Setien yang dipecat setelah Barcelona gagal meraih gelar apapun musim 2019-2020.

Barcelona disingkirkan Athletic Bilbao pada babak perempat final Copa del Rey. Mereka juga harus menyerahkan gelar La Liga kepada Real Madrid.

Kiprah Barcelona di Liga Champions lebih buruk lagi. Mereka dipermalukan 2-8 oleh Bayern Munchen pada babak semifinal.

Kini Koeman punya tugas berat untuk mengangkat prestasi Barcelona. El Clasico jilid pertama musim 2020/2021 bisa menjadi ajang pembuktian bagi Koeman.

Namun, Koeman juga perlu waspada. Tidak semua pelatih bisa meraih hasil bagus dalam debutnya di El Clasico. Berikut ini 7 pelatih yang menelan kekalahan pada laga debutnya di El Clasico selama satu dekade terakhir.

Video

2 dari 8 halaman

Carlo Ancelotti

  • Barcelona Vs Real Madrid 2-1 (2013)

Carlo Ancelotti berhasil memenangkan La Decima pada musim pertamanya sebagai pelatih Real Madrid. Namun, Ancelotti bisa dibilang gagal total pada El Clasico.

Ancelotti kalah pada pertandingan pertamanya melawan Barcelona. Los Blancos dipaksa menyerah 1-2 di Camp Nou.

Alih-alih membalas, Real Madrid kembali tumbang saat berhadapan dengan Barcelona di pertemuan kedua. Kali ini mereka dipermalukan dengan skor 3-4 di Santiago Bernabeu.

3 dari 8 halaman

Luis Enrique

  • Real Madrid Vs Barcelona 3-1 (2014)

Kiprah Luis Enrique sebagai pelatih Barcelona bertepatan hadirnya trio MSN yang mematikan. Trio MSN yang dimaksud tentu saja Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar.

Menariknya, laga El Clasico adalah untuk pertama kalinya ketiga pemain itu bermain bersama. Namun, Messi, Suarez dan Neymar harus mengakhiri pertandingan dengan kekalahan.

Neymar berhasil mencetak gol cepat dalam pertandingan tersebut. Namun, Los Blancos mampu membalikkan keadaan melalui Cristiano Ronaldo, Pepe dan Karim Benzema.

4 dari 8 halaman

Rafael Benitez

  • Real Madrid Vs Barcelona 0-4 (2015)

Ketika Real Madrid asuhan Rafael Benitez akan bertarung di El Clasico, Barcelona tidak bisa diperkuat Lionel Messi. Ada harapan bahwa Barca bisa mengalahkan musuh bebuyutannya itu.

Namun, Benitez tidak memainkan Casemiro dalam pertandingan tersebut. Ini artinya Benitez menerapkan formasi 4-2-3-1 tanpa gelandang bertahan.

Meski tanpa Messi, Barcelona bisa meluluhlantakkan Santiago Bernabeu. Blaugrana bermain lebih baik dari awal hingga akhir dan Los Blancos beruntung skornya hanya 0-4.

5 dari 8 halaman

Ernesto Valverde

  • Barcelona Vs Real Madrid 1-3 (2017)

Salah satu pertandingan terberat yang harus dijalani pelatih Barcelona adalah El Clasico. Ernesto Valverde harus melakukannya pada tahun 2017.

Barcelona saat itu harus kehilangan Neymar. Sementara Los Blancos baru saja memenangkan gelar La Liga dan Liga Champions

Barcelona asuhan Valverde itu tak berkutik ketika berhadapan dengan Real Madrid dalam ajang Piala Super Spanyol. Mereka takluk dengan skor 1-3 pada leg pertama sebelum menyerah 0-2 di pertemuan kedua.

6 dari 8 halaman

Julen Lopetegui

  • Barcelona Vs Real Madrid 5-1 (2018)

Setelah ditinggal Zinedine Zidane, Real Madrid harus mencari pelatih baru. Dan pilihan jatuh kepada Julen Lopetegui.

Lopetegui diharapkan bisa meneruskan kesuksesan Zidane di Santiago Bernabeu. Namun, Los Blancos meraih serangkaian hasil yang buruk di bawah mantan pelatih Porto tersebut.

Real Madrid dipecundangi Barcelona 1-5 dalam laga El Clasico. Ia pun akhirnya harus angkat kaki sehari setelah menelan kekalahan memalukan tersebut.

7 dari 8 halaman

Santiago Solari

  • Real Madrid Vs Barcelona 0-1 (2019)

Setelah Julen Lopetegui dipecat, Real Madrud menunjuk Santiago Solari sebagai penggantinya. Namun, pria asal Argentina itu juga tidak berdaya di El Clasico.

Los Blancos takluk 0-1 dari Barcelona dalam ajang La Liga. Ivan Rakitic mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut.

Sama seperti pendahulunya, Solari juga tidak bertahan lama di kursi pelatih. Ia dipecat dan digantikan oleh Zinedine Zidane.

8 dari 8 halaman

Quique Setien

  • Real Madrid Vs Barcelona 2-0 (2020)

Quique Setien adalah orang yang menggantikan Ernesto Valverde di Barcelona. Namun, kiprahnya di Camp Nou ternyata jauh lebih buruk dari Valverde.

Barcelona menelan kekalahan dari Real Madrid dalam duel bertajuk El Clasico. Lionel Messi dan kawan-kawan dikalahkan Los Blancos dengan skor 0-2 di Santiago Bernabeu.

Real Madrid mencetak gol kemenangan lewat aksi Vinicius Junior dan Mariano Diaz. Kekalahan tersebut membuat posisi Blaugrana di puncak klasemen tergusur Los Blancos.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 23/10/2020)

Video Populer

Foto Populer