Sukses


Liga Spanyol: Koleksi 19 Trofi di Barcelona, Javier Mascherano Resmi Pensiun

Bola.com, Jakarta - Setelah menjalani 17 tahun karier sebagai pesepak bola profesional, Javier Mascherano memutuskan untuk gantung sepatu. Mantan bintang Liverpool dan Barcelona itu pensiun pada usia 36 tahun.

"Ini adalah waktu bagi saya untuk menyelesaikan karier sebagai pesepak bola, karena hal-hal yang terjadi pada saya dalam beberapa bulan terakhir. Pada level pribadi dan setelah memikirkannya selama ini, hal yang paling benar adalah untuk pensiun hari ini (15/11/2020)," ujar Mascherano.

Pemain asal Argentina tersebut mengawali karier profesionalnya bersama River Plate pada 2003. Setelah dua musim membela River Plate, Javier Mascherano hengkang ke Corinthians pada September 2005.

Penampilan impresif Mascherano di Corinthians membuat West Ham United kepincut. The Hammers meminang sang pemain dari Corinthians pada musim panas 2006.

Namun, karier Javier Mascherano di West Ham tidak berumur panjang. Pada Februari 2007, dia bergabung ke Liverpool. Selama hampir lima musim berseragam The Reds, Javier Mascherano menjadi sosok penting di lini tengah dengan tampil dalam 139 pertandingan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

Raih 19 Trofi di Barcelona

Karier Mascherano semakin bersinar ketika memutuskan bergabung ke Barcelona pada 28 Agustus 2010. Bermain sebagai gelandang bertahan, Javier Mascherano tampil dalam 334 penampilan dan mencetak satu gol untuk Barca.

Selama delapan musim membela Barcelona, Mascherano merasakan 19 titel juara, beberapa di antaranya adalah lima trofi La Liga dan Copa del Rey, serta dua gelar juara Liga Champions.

Setelah menorehkan prestasi gemilang bersama Barcelona, pemain bernama lengkap Javier Alejandro Mascherano itu bergabung ke klub Liga Super China, Hebei China Fortune, pada 24 Januari 2018.

Dua musim membela Hebei China Fortune, Javier Mascherano kembali ke Argentina dan memperkuat Estudiantes pada Januari 2020.

 

3 dari 4 halaman

Masih Terikat Kontrak

Macherano sebenarnya masih terikat kontrak hingga Juni 2021 bersama Estudiantes. Meski begitu, dia tetap memutuskan untuk menyudahi kariernya sebagai pesepak bola profesional.

"Saya telah menjalani profesi saya 100 persen, saya memberikan yang terbaik yang saya bisa dan hari ini saya merasa dalam kondisi sulit untuk sementara waktu. Saya tidak ingin tidak menghormati Estudiantes, yang mempercayai saya untuk kembali ke Argentina, atau kolega saya, atau profesi ini," kata Macherano.

"Ini tidak ada hubungannya dengan klub atau dengan hasil, tetapi dengan perasaan yang saya rasakan belakangan ini, yang membuat ilusi bahwa keinginan untuk menjadi pesepakbola mulai memudar," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Belum Pernah Raih Gelar Bersama Timnas Argentina

Sayangnya, Javier Mascherano belum pernah sekalipun merengkuh trofi juara bersama Timnas Argentina. Memperkuat La Albiceleste dari 2003 sampai 2018, Mascherano menorehkan 147 caps.

Prestasi terbaiknya bersama Timnas Argentina hanya runner-up Piala Dunia 2014 dan peringkat kedua Copa America 2004, 2007, 2015, dan 2016.

Sumber: Goal International

Video Populer

Foto Populer