Sukses


Derbi Madrid, Pertarungan Zinedine Zidane Vs Diego Simeone Dulu dan Sekarang

Bola.com, Jakarta - Real Madrid akan menghadapi rival sekotanya, Atletico Madrid, dalam lanjutan La Liga Spanyol 2020/2021 akhir pekan ini. Pertandingan ini menjadi pertemuan dua sosok yang telah bersaing sejak masih sama-sama aktif bermain hingga kini menjadi pelatih kedua kesebelasan, Zinedine Zidane dan Diego Simeone.

Zinedine Zidane dan Diego Simeone telah berjumpa 11 kali dalam Derbi Madrid, di mana 10 di antaranya sebagai pelatih. Sementara satu sisanya ketika kedua figur masih aktif sebagai pemain.

Tak cuma di Derbi Madrid saja, Zidane dan Simeone pernah delapan kali bertemu, tepatnya di Serie A Liga Italia ketika masih menjadi pemain. Zidane bermain untuk Juventus, sedangkan Simeone berseragam Inter Milan dan Lazio.

Ketika masih bermain di Spanyol, kedua pelatih tersebut hanya pernah berhadapan dalam satu pertandingan derbi, yakni pada bulan Desember 2003. Pertandingan tersebut tak mudah dilupakan bagi siapapun; malam itu Ronaldo Nazario mencetak gol tercepat dalam sejarah pertemuan kedua tim (16 detik) untuk mengantarkan Real Madrid menang 2-0.

Malam itu, Simeone bermain sebagai bek tengah, bukan sebagai gelandang seperti biasanya. Zidane bermain di lini tengah, dan memiliki kontribusi dalam membangun serangan yang berujung gol Ronaldo, yang membuat Simeone ataupun asisten pelatihnya saat ini, German Burgos, yang saat itu bermain sebagai penjaga gawang Atletico Madrid, tidak mampu berbuat apa-apa.

Pertemuan tersebut ternyata menjadi yang terakhir bagi Zidane dan Simeone sebagai pemain. Hasil pertemuan terakhir mereka sebagai pemain, dengan menghitung penampilan mereka di Seria A, berakhir dengan empat kemenangan untuk Zidane, dua hasil imbang, dan tiga kemenangan bagi Simeone.

Saat ini, kondisinya tengah menyulitkan buat Zinedine Zidane. Ia dituntut meraih kemenangan menyusul rentetan hasil buruk dalam beberapa laga terakhir.

Pelatih asal Prancis itu bahkan siap didepak jika manajemen Real Madrid tidak puas dengan penampilan Real Madrid kala menjamu Atletico Madrid pada Derbi Madrid akhir pekan ini.

 

Video

2 dari 2 halaman

Rivalitas Zidane vs Simeone

Derbi Madrid pada 2003 bertepatan dengan dominasi total Real Madrid pada Derbi Madrid. Sejak tahun 1999 hingga 2013, Real Madrid tidak terkalahkan saat menghadapi tetangganya tersebut, tetapi Simeone menjadi sosok yang memutarbalikkan keadaan, membawa timnya menjuarai Copa del Rey tahun 2013.

Sejak saat itu, keberuntungan terlihat berada di sisi Atleti, dan Zidane kemudian menelan kekalahan derbi perdananya sebagai pelatih Real Madrid: kalah 0-1 di Santiago Bernabeu pada musim 2015/2016.

Kendati demikian, Zidane memiliki keunggulan dengan empat kemenangan, empat hasil imbang, dan dua kali kalah saat menghadapi Simeone. Kekalahan kedua tersebut sebenarnya tidak terasa seperti kegagalan bagi Zidane, karena terjadi pada leg kedua semi-final Liga Champions musim 2016/2017, di mana Real Madrid tetap melaju ke babak final lantaran menang aggregate atas Atletico Madrid.

Final Liga Champions antara kedua pelatih juga berpihak kepada Zidane, di mana Real Madrid memenangkan final Liga Champions pada musim 2015/2016 di Milan melawan rival sekota lewat babak penalti.

Menariknya, empat hasil imbang antara kedua pelatih terjadi di liga. Sudah enam pertemuan La Liga Spanyol antara kedua pelatih, dengan pertandingan pertama dimenangkan Atletico, lalu ganti dimenangkan Real Madrid, dan berbagi poin pada empat pertandingan terakhir sebelum Los Blancos kembali unggul berkat kemenangan 1-0 pada laga derbi Februari silam.

Sumber: La Liga

Video Populer

Foto Populer