5 Pesepak Bola Spanyol Terbaik Saat Ini, Hanya Ada Seorang Didikan La Masia Barcelona

Oleh Ario Yosia pada 17 Des 2020, 08:50 WIB
Diperbarui 17 Des 2020, 08:50 WIB
Ilustrasi - Sergio Ramos, Iago Aspas, Thiago Alcantara
Ilustrasi - Sergio Ramos, Iago Aspas, Thiago Alcantara (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Dua dekade terakhir, Spanyol mendominasi persaingan elite sepak bola dunia. Mereka sukses menjadi jawara Piala Eropa 2008 dan 2012 plus Piala Dunia 2020. Di sisi lain, klub-klub La Liga secara bergantian menjadi jawara Liga Champions atau Liga Europa.

Real Madrid, Barcelona, dan Sevilla, mempertontonkan pesona pesepak bola Negeri Matador. Kemampuan teknik mereka tak kalah dibanding Brasil atau Argentina yang selama ini identik dengan sepak bola indah yang mengedepankan skill individu.

Xavi, Iniesta, Xabi Alonso, Cesc Fabregas, Sergio Busquets deretan gelandang paten kelas dunia asal Spanyol di era kejayaan tersebut. Fernando Torres dan David Villa striker haus gol yang memukau lewat produktivitasnya. Sosok Carles Puyol, Fernando Hierro, dan Gerrard Pique jadi sosok bek yang disegani.

Pesepak bola asal Spanyol terus berkembang di jajaran elite Eropa. Mereka kini tak hanya mempertontonkan aksinya di La Liga saja, tapi juga di liga-liga top lainnya macam Premier League, Bundesliga, La Liga dan Ligue 1 antara lain.

Situs Sportskeeda memilih lima pemain terbaik di dunia asal Spanyol saat ini. Siapa saja mereka?

2 dari 7 halaman

Iago Aspas

Foto Liga Spanyol: Celta Vigo Pesta Gol ke Gawang Penakluk Real Madrid dan Barcelona
Striker Celta Vigo, Iago Aspas, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Cadiz pada laga Liga Spanyol di Stadion Balaidos, Selasa (15/12/2020). Celta Vigo menang dengan skor 4-0. (AFP/Miguel Riopa)

Iago Aspas telah mengerek kinerja Celta Vigo di jajaran elite La Liga. Celta Vigo saat ini berada di urutan kesembilan di tabel La Liga dan itu sebagian besar berkat eksploitasi Iago Aspas di depan gawang.

Faktanya, Iago Aspas telah menjadi salah satu pemain terbaik di La Liga saat ini. Dari 13 penampilan di liga, Aspas telah mencetak tujuh gol dan memberikan empat assist. Itu adalah keterlibatan langsung dalam 11 gol.

Aspas telah melakukannya selama beberapa musim sekarang. Dia mencetak 14 gol di musim 2019-20 dan mencetak 20 gol di musim sebelumnya. Dia mungkin berusia 33 tahun tetapi Iago Aspas membuktikan usia hanyalah angka.

3 dari 7 halaman

Dani Carvajal

FOTO: Bungkam Atletico Madrid, Real Madrid Tembus 3 Besar Klasemen Liga Spanyol
Para pemain Real Madrid merayakan gol yang dicetak oleh Dani Carvajal ke gawang Atletico Madrid pada laga Liga Spanyol di Stadion Alfredo di Stefano, Minggu (13/12/2020). Real Madrid menang dengan skor 2-0. (AFP/Oscar Del Pozo)

Bisakah Anda benar-benar menyalahkan Real Madrid karena mengabaikan Achraf Hakimi bahkan setelah ia melakukan pekerjaan yang spektakuler dalam masa pinjamannya di Borussia Dortmund? Banyak orang memperdebatkan keputusan ini.

Tetapi kepercayaan diri Los Blancos datang karena mereka punya bek kanan paten, Dani Carvajal.

Dani Carvajal sempat absen beberapa laga awal musim ini, tetapi ia telah kembali dengan solid dan menjadi salah satu pemain Real Madrid yang menonjol selama sebulan terakhir.

Bek kanan yang agresif  ini telah mencetak dua assist dalam lima laga sejauh ini. Pemain berusia 28 tahun itu akan masuk ke dalam susunan tim utama dari sebagian besar tim teratas di Eropa.

4 dari 7 halaman

Mikel Merino

Napoli VS Real Sociedad
Gelandang Real Sociedad, Mikel Merino mengoper bola saat melawan Napoli pada matchday terakhir Grup F Liga Europa di Diego Armando Maradona, Jumat (11/12/2020) dini hari WIB. Napoli bermain imbang 1-1 melawan Real Sociedad. (Alessandro Garofalo/LaPresse via AP)

Real Sociedad saat ini berada di puncak klasemen La Liga dan hal itu tak bisa dimungkiri berkat kinerja menawan salah satu  gelandang mereka. Gelandang berusia 24 tahun, Mikel Merino benar-benar sensasional bersama La Real. Kolaborasinya dengan pemain veteran David Silva telah menghidupkan mesin permainan tim.

Mikel Merino bermain di tengah lapangan dan pandai mematahkan serangan serta dia bisa bergabung dalam serangan depan berkat umpannya yang cekatan. Merino adalah salah satu alasan utama mengapa Real Sociedad menjadi sangat berbahaya setiap kali mereka membobol dan memulai serangan balik.

Merino berjuang untuk menemukan rumah di hari-hari awal kariernya tetapi dia tampaknya telah menetap di Real Sociedad sekarang. Dia suka bermain satu lawan satu dan suka menguji kiper dari jarak jauh. Sang pemain jelas salah satu gelandang serang terbaik dalam permainan saat ini.

5 dari 7 halaman

Thiago Alcantara

Timo Werner, Thiago Alcantara
Penampilan pemain anyar Liverpool, Thiago Alcantara (kanan), dan gelandang Chelsea, Timo Werner, pada pertandingan Liga Inggris di Stamford Bridge, Minggu (20/9/2020). (AFP/Michael Regan)

Thiago Alcantara dipandang sebagai suksesor gelandang kharismatik asal Spanyol, Xavi dan Andres Iniesta. Ia menikmati karir yang cemerlang di Bayern Munchen dan memutuskan untuk pindah ke Liverpool setelah meraih treble kontinental musim lalu.

Di klub baru Thiago Alcantara belum banyak mempertontonkan sihirnya musim ini. Ia menepi dari lapangan hijau karena terjangkit virus corona dan diikuti cedera.

Visi Thiago Alcantara di lapangan sepak bola tidak tertandingi dan dia bisa melakukan umpan dari mana saja di lapangan. Bisa dibilang sebagai playmaker terbaik di dunia, Liverpool menjadi kekuatan yang lebih dominan dengan pemain Spanyol satu ini di tengah lapangan.

6 dari 7 halaman

Sergio Ramos

Taklukkan Athletic Bilbao, Real Madrid Naik ke Posisi Tiga Klasemen
Bek Real Madrid, Sergio Ramos berusaha menyundul bola saat bertanding melawan Athletic Bilbao pada pertandingan La Liga Spanyol di di stadion Alfredo Di Stefano di Madrid, Spanyol, Rabu (16/12/2020). Madrid menang atas Bilbao 3-1. (AP Photo/Bernat Armangue)

Sergio Ramos sedikit dari pesepak bola yang memiliki karakter kuat. Pemain asal Spanyol satu ini memiliki karier yang luar biasa dan telah memenangkan lima gelar La Liga dan empat gelar Liga Champions. Dia amat produktif mencetak gol walau berposisi sebagai stoper.

Ramos adalah pencetak gol terbanyak kedua Real Madrid musim lalu dan dia adalah pengambil penalti utama Los Blancos. Bukan orang yang bisa menghindari tekel, Ramos juga memiliki kelemahan sering sembrono. Tetapi jika seseorang sangat efektif dalam keahliannya, kesalahan kecil tentu dapat dimaafkan.

Ramos kini telah memasuki bulan-bulan terakhir kontraknya di Real Madrid dan tidak jelas apakah ia akan berada di Santiago Bernabeu setelah musim panas mendatang. Jika ia pergi, Ramos pasti akan meninggalkan kekosongan di jantung pertahanan Real Madrid yang akan sangat sulit untuk diisi dalam waktu dekat.

Sumber: Sportskeeda

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓