Sukses


Liga Spanyol: Barcelona Harus Realistis meski Terus Berjuang untuk Jadi Juara

Bola.com, Jakarta - Barcelona diminta untuk realistis mengenai target menjadi juara pada musim ini. Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, blak-blakan bicara mengenai situasi timnya, di mana gelar juara belum pantas diraih pada musim ini.

Musim ini merupakan musim pertama Ronald Koeman menangani Barcelona setelah ditunjuk menggantikan Quique Setien. Ia datang saat Barcelona sedang kacau balau, antara lain karena permasalahan internal dan isu di ruang ganti.

Ronald Koeman pun diminta memimpin proyek perubahan besar, tapi Barcelona sebagai klub tidak bisa mendukung sepenuhnya dalam pembelian pemain. Alhasil, Barcelona sebenarnya berjalan sekadarnya.

Hal tersebut yang membuat Ronald Koeman tidak mau bicara mengenai target Barcelona meraih trofi. Menurutnya, hal itu terlalu sulit untuk diwujudkan pada saat ini.

 

Video

2 dari 4 halaman

Musim Perubahan

Ronald Koeman sudah berulang kali mengatakan terkait hal ini dan menegaskannya kembali. Musim ini bukanlah musim untuk meraih trofi yang banyak. Barcelona baru kembali memulai, ada begitu banyak perubahan.

"Saya sudah beberapa kali mengatakannya, bahwa musim ini adalah musim perubahan. Kami memilih pemain-pemain muda," ujar Ronald Koeman kepada Marca.

"Saat ini, Barcelona bukan soal menjuarai segalanya. Kami harus realistis soal posisi awal kami, perubahan kami, dan sekarang segalanya tidak bergantung kepada satu pemain saja," lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Terus Berjuang

Meski mengaku sulit menjadi juara, Ronald Koeman tentu menggodok timnya untuk terus mencoba. Pada saat yang sama, Ronald Koeman pun meminta timnya bersikap realistis.

Barcelona saat ini ada di peringkat keempat dalam klasemen sementara La Liga, tertinggal cukup jauh dari Atletico Madrid yang berada di puncak klasemen.

"Kami harus selalu siap berjuang, tapi kami pun harus realistis. Kami memahami situasi kami di La Liga, memang rumit," ujar Koeman.

"Sampai tiba harinya benar-benar tidak mungkin menjadi juara, kami akan terus berjuang," lanjutnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Tak Hanya La Liga, tapi juga Liga Champions

Prinsip berjuang tapi realistis tidak hanya diterapkan di La Liga. Ronald Koeman pun menekankan Barcelona akan menerapkan pendekatan yang sama di Liga Champions ketika mulai kembali berjuang di 16 besar nanti.

"Liga Champions pun sama. Dengan lebih banyak tim (calon juara), tidak ada yang benar-benar menjadi favorit," tegas Koeman.

"Kami tahu akan bertanding dua leg dengan PSG dan kami mencoba lolos. Ambisi kami adalah meraih trofi, sebab kami Barcelona. Tapi, kami pun tetap harus realistis," lanjutnya.

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 31/1/2021)

Video Populer

Foto Populer