Sukses


5 Fakta Kemenangan Barcelona atas Athletic Bilbao: Peran Penting Lionel Messi dan Antoine Griezmann

Bola.com, Jakarta - Barcelona berhasil mengalahkan Athletic Bilbao pada laga jornada 21 La Liga di Camp Nou, Senin (1/2/2021) dini hari WIB. Barcelona menang dengan skor tipis 2-

Barcelona membuka keunggulan lewat eksekusi tendangan bebas Lionel Messi. Namun, Athletic sempat menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Jordi Alba. Barcelona akhirnya memastikan kemenangan lewat gol yang dicetak Antoine Griezmann.

Berkat kemenangan ini, Barcelona naik ke peringkat kedua dalam klasemen sementara Premier League dan menggeser Real Madrid. Kedua tim kini sama-sama mengoleksi 40 poin, tapi Barcelona unggul dalam hal selisih gol.

Dalam pertandingan yang berakhir dengan kemenangan untuk Barcelona itu, ada sejumlah poin penting yang terjadi. Apa saja poin penting itu? Berikut ulasannya.

Video

2 dari 6 halaman

Peluang Juara, Terbuka atau Tertutup?

Meski naik ke peringkat dua dalam klasemen sementara La Liga, Barcelona kini masih tertinggal 10 poin dari Atletico Madrid yang bertengge di puncak.

Bahkan, Atletico masih menyisakan satu pertandingan lebih banyak ketimbang Barcelona. Artinya, Atletico bisa saja makin memperlebar jarak dengan para pesaingnya.

Barcelona kini wajib menyapu bersih semua pertandingan tersisa, sambil berharap agar Atletico kehilangan konsistensi mereka dalam beberapa laga.

3 dari 6 halaman

Messi dan Griezmann Jadi Kunci

Untuk bisa mengejar Atletico Madrid, Barcelona membutuhkan tenaga maksimal dari para pemainnya, khususnya duet lini depan mereka, Lionel Messi dan Antoine Griezmann.

Selama ini Messi dan Griezmann mengalami pasang dan surut soal hubungan keduanya sebagai rekan setim. La Pulga diklaim tidak begitu senang dengan kehadiran Griezmann.

Belakangan, koneksi kedua pemain tersebut sepertinya sudah lebih baik. Tidak jarang kombinasi keduanya menghasilkan gol, atau keduanya sama-sama masuk papan skor seperti dini hari tadi.

4 dari 6 halaman

Menang, tapi...

Barcelona memang sukses memenangi pertandingan ini. Namun, sejumlah catatan dan kritik tetap pantas dialamatkan kepada skuat asuhan Ronald Koeman ini.

Barcelona terlihat masih memperlihatkan kekurangan di sejumlah lini, satu di antaranya sektor pertahanan. Gol bunuh diri Jordi Alba menjadi buktinya.

Selain itu, terlepas dari kemenangan ini, performa Barcelona hingga kini pasti masih jauh dari kata maksimal. Hal ini harus dibenahi oleh Koeman dalam laga-laga selanjutnya.

5 dari 6 halaman

Merindukan Luis Suarez

Harus diakui Barcelona hingga kini masih menyesali keputusan manajemen terdahulu yang melepas luis Suarez ke Atletico Madid pada musim panas lalu.

Selepas kepergian Suarez, Barcelona seperti kehilangan ketajaman di lini depan. Meski pada musim terakhirnya tidak seberapa maksimal, El Pistolero tetap menjadi mesin gol yang bisa diandalkan oleh Barcelona kala pemain lain menemui jalan buntu.

Apalagi fakta bahwa kini Suarez tampil luar biasa bersama Atletico Madrid. Barcelona pasti tengah merindukan kehadiran Suarez karena mereka tidak mendapatkan pengganti yang sepadan.

6 dari 6 halaman

Athletic Bilbao Tidak Ngotot Seperti Ketika Final Piala Super Spanyol

Selain gol yang dicetak Messi dan Griezmann, kemenangan Barcelona kali ini juga terbantu dengan penampilan kurang maksimal yang ditunjukkan Athletic Bilbao.

Meski beberapa kali menghadirkan ancaman bagi pertahanan Barcelona, tapi Raul Garcia dkk. seakan bermain tanpa strategi dan mentalitas yang jelas.

Hal ini jauh berbeda ketimbang apa yang ditunjukkan Bilbao dalam partai final Supercopa de Espana beberapa waktu lalu. Kala itu, Bilbao benar-benar membuat Barcelona kewalahan.

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga,published 1/12/2021)

Video Populer

Foto Populer