Sukses


Liga Spanyol: La Liga Rayakan Musim ke-90, Ini Kata Eks Real Madrid Christian Karembeu

Bola.com, Jakarta - La Liga atau kompetisi kasta tertinggi Liga Spanyol menjalani momen spesial pada musim 2020/2021. Bagaimana tidak, 2020/2021 bertepatan dengan perayaan 90 musim La Liga.

Saat ini bisa dibilang La Liga berhasil menjadi salah satu liga terbaik di dunia. Pada hari Selasa (10/02/2021), pihak La Liga pun menggelar sesi konferensi pers bertajuk La Liga Santander 90 Musim yang dihadiri media asal Indonesia.

Salah satu narasumber yang hadir adalah eks pemain Real Madrid, Christian Karembeu. Menurutnya La Liga era sekarang sudah jauh lebih berkembang ketimbang saat dirinya bermain dahulu.

"La Liga telah berkembang cukup banyak. Kini sudah menjadi Global brand. Sangat inovatif. Sekarang La Liga diikuti tim-tim terbaik dan diikuti perkembangan teknologi juga," kata Christian Karembeu.

Rodrigo Gallego selaku Delegate of La Liga Global Network Indonesia turut angkat bicara. Menurutnya perjalanan La Liga Santander 90 Musim diawali dengan laga pertama pada tahun 1929.

"Pertandingan La Liga yang pertama: RCD Espanyol 3-2 Real Union de Irun, yang dimainkan pada pukul 15:10 di Stadion Sarria di depan ribuan orang dari penggemar yang masing-masing membayar tidak lebih dari beberapa peseta," kata Rodrigo Gallego.

"Dunia telah berkembang pesat sejak saat itu, dan La Liga berhasil beradaptasi dengan perubahan waktu, dan dengan visi global dan ketegasannya di lebih dari satu dekade terakhir," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Real Madrid dan Barcelona

Di atas lapangan, Real Madrid dan Barcelona menjadi pendorong La Liga untuk menjadi liga terbaik. Los Blancos telah memukau dunia sepak bola sejak zaman Alfredo Di Stefano dan Santiago Bernabéu pada tahun 1950-an.

Barcelona sendiri berhasil bangkit di awal tahun 1990-an, ketika Dream Team asuhan Johan Cruyff menjadi dasar dari bagaimana sepak bola dimainkan selama tiga dekade berikutnya.

Sementara itu, di luar lapangan, struktur organisasi La Liga berevolusi untuk memberikan dukungan yang semakin meningkat bagi kesuksesan olahraga liga. LaLiga seperti yang kita kenal sekarang didirikan pada tahun 1984 dengan pemikiran ini, dan kemunculan saluran TV berbayar pada tahun 1996 membuat kompetisi tersebut dikenal secara internasional sebagai Liga Para Bintang.

LaLiga telah berkembang untuk mendominasi sepak bola klub selama 25 tahun terakhir, dan khususnya dalam satu dekade terakhir berkat persaingan antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, dua pemain terhebat dalam sejarah sepak bola.

"Keberhasilan kontrol finansial yang diperkenalkan pada tahun 2013 juga telah memberikan keseimbangan di liga, seperti halnya model penjualan hak kolektif yang diperkenalkan dua tahun kemudian," Rodrigo Gallego mengungkapkan.

"Selain momen-momen tersebut, La Liga juga menampilkan pemain-pemain dan pelatih-pelatih terbaik di dunia, stadion-stadion ikonik, klub-klub bersejarah, kisah-kisah menarik, gol-gol bersejarah, dan teknologi termutakhir yang akan terus dikenang oleh para penggemarnya di seluruh dunia.

"Itu adalah hasil kerja keras La Liga selama 90 musim untuk terus memberikan hiburan terbaik bagi para penggemarnya," ujar Rodrigo Gallego lagi.

Video Populer

Foto Populer