Sukses


5 Kambing Hitam Keterpurukan Barcelona di Liga Champions: Strategi Ronald Koeman Bapuk, Lionel Messi Mana Suaramu?

Bola.com, Jakarta - Barcelona belum menunjukkan tanda-tanda membaik memasuki paruh kedua musim ini. Barcelona kalah dengan skor 1-4 dari PSG pada leg pertama babak 16 Besar Liga Champions, Rabu (17/2/2021) dini hari WIB lalu. Hasil yang menambah daftar panjang rapor merah mereka di kompetisi domestik.

Dalam laga Liga Champions, Barcelona padahal sempat unggul lewat gol Lionel Messi, tetapi Kylian Mbappe muncul sebagai sosok yang menakutkan. Mbappe mencetak tiga gol alias hattrick. PSG menambah satu gol lagi dari Moise Kean.

Kekalahan telak ini membuat kans klub asal Catalan untuk lolos ke perempat final mengecil. Barcelona harus menang dengan skor 4-0 atas PSG pada laga leg kedua yang digelar di Paris.

Lantas, siapa yang harus mengambil tanggung jawab atas performa buruk Barcelona?

Video

2 dari 6 halaman

Ronald Koeman Blunder Strategi

Ronald Koeman membuat beberapa perubahan penting di laga kontra PSG. Dia memainkan Gerard Pique yang baru sembuh dari cedera. Lalu, Sergino Dest yang 'dipaksa' bermain sebagai bek kiri.

Dest kewalahan menghadapi Mbappe yang tampil luar biasa. Dest sebetulnya tidak berada dalam kondisi yang bugar. Kondisi pemain asal Amerika Serikat itu hampir sama dengan Pique.

Lalu, Koeman juga mencadangkan Trincao yang performanya tengah on-fire.

3 dari 6 halaman

Dembele yang Tak Kunjung Bersinar

Ronald Koeman terus memberikan kepercayaan pada Ousmane Dembele. Pemain 23 tahun tampil sejak menit awal di laga melawan PSG, padahal ada Trincao yang tampil bagus.

Dembele baru mencetak dua gol dari 16 laga La Liga musim 2020/2021 ini. Dembele belum mampu menunjukkan performa sesuai harapan ketika dia dibeli dengan harga 120 juta euro dari Dortmund.

Dembele hanya mencetak dua gol dari 15 laga terakhir.

4 dari 6 halaman

Stamina Payah Sergio Busquets

Pochettino membawa PSG tampil dengan sangat prima. PSG punya keunggulan fisik yang membuat Barcelona kesulitan. Sergio Busquets pun patut mendapatkan sorotan.

Busquets masih punya visi yang bagus. Dia bisa mengatur ritme permainan. Tapi, ketika harus berjumpa lawan yang mengandalkan fisik, maka Busquets bakal kehilangan kendali permainan.

5 dari 6 halaman

Lionel Messi yang Terlalu Pendiam

Lionel Messi tidak bermain buruk. Pemain 33 tahun mencetak gol lewat eksekusi penalti. La Pulga juga mengkreasi peluang untuk Ousmane Dembele. Namun, Messi gagal pada aspek lain.

Messi harusnya bisa lebih vokal ketika timnya dalam kondisi sulit. Sebagai kapten, Messi lebih sering nampak dengan wajah murung daripada berteriak dan memberi motivasi pada rekan satu timnya.

  

6 dari 6 halaman

Griezmann yang Belum Juga Konsisten

Griezmann belum mengembalikan uang yang dikeluarkan Barcelona untuk membelinya. Walau performa pemain asal Prancis itu mulai membaik, Griezmann masih di bawah ekspektasi.

Griezmann tidak menjadi pemain yang menentukan pada laga-laga penting. Dia punya dua peluang bagus di laga melawan PSG dan gagal.

Satu hal yang patut mendapatkan sorotan adalah friksi antara Griezmann dengan Gerard Pique.

Sumber asli: Marca

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 18/2/2021)

Video Populer

Foto Populer