Liga Spanyol: Sudah Uzur Jadi Alasan Barcelona Campakkan Luis Suarez

Oleh Rizki Hidayat pada 23 Feb 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 23 Feb 2021, 16:15 WIB
FOTO: Luis Suarez Borong Dua Gol, Atletico Madrid Ditahan Imbang Celta Vigo
Atletico Madrid membuang kesempatan meraih tiga poin kala menjamu Celta Vigo pada laga Liga Spanyol.

Bola.com, Madrid - Luis Suarez mengungkapkan alasan utama yang membuat Barcelona mendepaknya dari Camp Nou. Suarez menyebut direksi Barca merasa dirinya sudah terlalu uzur untuk bisa bersaing di level teratas.

Penyerang Timnas Uruguay itu merupakan satu di antara sosok penting di lini serang Barcelona. Dia berhasil mencetak 198 gol dari 283 pertandingan di seluruh ajang bersama skuad Catalan.

Selain itu, Luis Suarez juga turut membantu Blaugrana meraih 13 titel juara dari 2014 hingga 2020, beberapa di antaranya adalah empat gelar La Liga dan Copa del Rey, satu trofi Liga Champions, dan satu titel Piala Dunia Antarklub.

Namun, sejak Ronald Koeman duduk di kursi pelatih Los Cules pada 19 Agustus 2020, masa depan Luis Suarez menjadi suram. Koeman menegaskan sudah tak lagi membutuhkan tenaga sang pemain.

Hingga akhirnya, Suarez memutuskan hengkang ke Atletico Madrid pada 23 September 2020. Pemain berusia 34 tahu tersebut menandatangani kontrak berdurasi dua musim bersama Los Rojiblancos.

Berseagam Atletico, Luis Suarez masih mampu memperlihatkan ketajamannya. Dia berhasil mendulang 16 gol dari 24 pertandingan yang sudah dimainkan bersama Atletico Madrid.

Koleksi gol Luis Suarez lebih banyak dibandingkan dengan torehan dua striker Barcelona, Antoine Griezmann dan Martin Braithwaite, yang masing-masing mencetak 12 serta enam gol.

 

2 dari 3 halaman

Faktor Usia

FOTO: Luis Suarez Borong Dua Gol, Atletico Madrid Ditahan Imbang Celta Vigo
Luis Suarez yang memborong dua gol pada laga itu harus puas timnya hanya bermain imbang 2-2 atas tamunya Celta Vigo di Stadion Wanda Metropolitano. (AP Photo/Jose Breton)

Luis Suarez mengaku masih memendam rasa kesal karena didepak Barcelona. Apalagi, dia harus angkat kaki dari Camp Nou karena dianggap sudah terlalu tua dan tak bisa bersaing di level teratas.

"Apa yang benar-benar mengganggu saya adalah ketika mereka mengatakan kepada saya bahwa saya sudah tua dan saya tidak bisa lagi bermain di level tinggi, karena (tugas mengepalai) tim yang hebat," kata Suarez.

"Jika saya tidak melakukan apa pun di klub seperti Barca selama tiga atau empat musim, saya akan mengerti. Tetapi, setiap tahun di Barcelona, saya mencetak lebih dari 20 gol per musim. Saya selalu memiliki statistik yang bagus, tepat di belakang Leo (Messi)," lanjutnya.

"Hari ini, kami dapat melihat tidak mudah bermain di Barca. Banyak pemain yang masuk di sana tidak memiliki level yang diharapkan dari mereka. Saya bermain selama enam tahun di Barca dengan mempertahankan level tertentu dan memenuhi apa yang diharapkan dari saya."

"Di Barca, keadaan telah berubah, klub membutuhkan perubahan. Dan saya menerimanya. Satu-satunya hal yang mengganggu saya adalah cara (kepergian itu terjadi). Saya merasa saya pantas dihormati," tutur Luis Suarez.

Sumber: Goal International

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓