Liga Spanyol: Mikel Arteta Berpeluang Gantikan Ronald Koeman di Barcelona

Oleh Gregah Nurikhsani pada 01 Mar 2021, 19:15 WIB
Diperbarui 01 Mar 2021, 19:15 WIB
FOTO: Imbang 0-0, Crystal Palace Putus Tren Kemenangan Arsenal
Manajer tim Arsenal, Mikel Arteta tampak kecewa dengan penampilan timnya melawan Crystal Palace dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/21 di Emirates Stadium, Kamis (14/1/2021). Arsenal bermain imbang 0-0 dengan Crystal Palace. (AFP/Neil Hall/Pool)

Bola.com, Jakarta - Manajer Arsenal, Mikel Arteta dikabarkan menjadi calon terdepan untuk menukangi Barcelona andai Ronald Koeman terdepak dari posisinya. Namun, kondisi ini bisa terjadi andai Joan Laporta terpilih sebagai presiden Blaugrana.

Selepas pensiun sebagai pemain, Arteta sempat menimba ilmu dari mantan nakhoda Barcelona, Pep Guardiola kala menjadi asistennya di Manchester City.

Arteta pun kemudian kembali ke klub lamanya, Arsenal ketika ditunjuk untuk menjadi pelatih tim utama menggantikan Unai Emery pada Desember 2019 lalu.

Hanya dalam waktu singkat, Arteta sudah sukses mempersembahkan dua trofi bagi Arsenal, yakni Piala FA musim lalu dan Community Shield.

Kini seperti dilansir RAC1, Arteta digadang-gadang menjadi kandidat utama untuk menggantikan Koeman di kursi pelatih Barca jika pria asal Belanda itu terdepak.

Adalah calon presiden Barca, Joan Laporta yang diklaim menjadikan Arteta sebagai kandidat pelatih Blaugrana di masa depan.

Sebelumnya, Laporta sendiri sudah menegaskan bahwa ia masih memberikan dukungan untuk Koeman. Namun, jika memang Koeman harus pergi, maka Mikel Arteta bakal ditunjuk menjadi pengganti.

2 dari 3 halaman

Ada Syaratnya

Joan Laporta
Mantan Presiden Barcelona, Joan Laporta, hadir di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Minggu (2/4/2017), dalam rangkaian kegiatan Ulang Tahun Kopassus. (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)

Semua skenario ini bisa terjadi asalkan Laporta benar-benar terpilih menjadi presiden baru Barcelona dalam pemilihan yang rencananya digelar pada Minggu (7/3/2021) mendatang.

Dalam pemilihan presiden ini, Laporta harus bersaing dengan dua nama lainnya, yakni Victor Font dan Toni Freixa. Namun, sejauh ini Laporta diyakini memiliki peluang terbesar untuk memenangkan pemilihan ini.

Jika benar-benar ditunjuk untuk menjadi pelatih Barca, maka Arteta akan kembali ke klub masa kecilnya. Pria 38 tahun itu memang merupakan jebolan akademi La Masia.

Sumber: RAC1

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga, published 1/3/2021)

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
TikTok Bola.com, Lionel Messi dan 4 Pemain Termahal El Clasico