10 Pembelian Unfaedah Barcelona di Rezim Josep Maria Bartomeu: dari Arda Turan hingga Malcom

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 03 Mar 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 03 Mar 2021, 09:15 WIB
Barcelona - Ansu Fati, Josep Maria Bartomeu, Marc-Andre ter Stegen
Barcelona - Ansu Fati, Josep Maria Bartomeu, Marc-Andre ter Stegen (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Barcelona - Josep Maria Bartomeu harus berurusan dengan pihak kepolisian. Mantan presiden Barcelona itu diamankan pihak berwajib Spanyol karena terkait kasus Barcagate.

Kasus Barcagate sejatinya sudah mencuat sejak tahun lalu. Bartomeu diduga menyewa jasa buzzer ketika untuk membuat opini buruk kepada beberapa musuh di Barcelona.

Cadena SER melaporkan, pada Senin (1/3/2021), polisi menciduk Bartomeu di kediamannya. Selain itu, ada juga tiga pria lain yang ikut diamankan oleh korps penegak keadilan.

Bartomeu berkuasa sebagai presiden Barcelona mulai 2014. Namun, ia mundur dari jabatannya pada Oktober tahun lalu.

Ada banyak masalah pada kepemimpinan Bartomeu selama beberapa tahun terakhir. Puncaknya terjadi pada pemberontakan Lionel Messi di musim panas lalu.

Selama enam tahun menjadi presiden Barcelona, Bartomeu juga dianggap tidak cerdik dalam berbelanja pemain. Bahkan cenderung blunder dalam merekrut pemain.

Berikut ini sepuluh pembelian terburuk Barcelona di era Josep Maria Bartomeu:

2 dari 12 halaman

1. Jeremy Mathieu

Kabar Transfer: MU Buru Bintang PSG, Liverpool Tawar Aubameyang
Bek Barcelona, Jeremy Mathieu, berebut bola dengan striker Leverkusen, Stefan Kiessling, pada laga Liga Champions di Stadion Camp Nou, Barcelona, Selasa (29/9/2015). (AFP/Lluis Gene)

Barcelona mengamankan tanda tangan Jeremy Mathieu pada musim panas 2014. Mantan pemain Valencia itu punya tugas yang berat untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Carles Puyol.

Pemain asal Prancis itu gagal memberikan dampak yang besar bersama Blaugrana. Setelah tiga musim bemain di Camp Nou, ia dilepas ke Sporting Lisbon dengan status bebas transfer.

3 dari 12 halaman

2. Malcom

Barcelona Vs Cultural Leonesa
Striker Barcelona, Malcom, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Cultural Leonesa pada laga Copa del Rey di Stadion Camp Nou, Rabu (5/12). Barcelona menang 4-1 atas Cultural Leonesa. (AP/Manu Fernandez)

Transfer Malcom ke Barcelona dari Bordeaux pada musim panas 2018 cukup menyita perhatian. Blaugrana berhasil membajak pemain asal Brasil itu dari tangan AS Roma.

Malcom digadang-gadang bakal menjadi pemain penting di Camp Nou. Namun, pemain sayap itu hanya tampil dalam 15 kesempatan untuk Barcelona sebelum dilepas ke Zenit Saint Petersburg pada musim panas berikutnya.

4 dari 12 halaman

3. Andre Gomes

Espanyol vs Barcelona
Pemain Barcelona, Andre Gomes, berebut bola dengan pemain Espanyol, Marc Roca (kanan), dalam laga Piala Super Catalunya di Estadio Nou Tarragona, Rabu (26/10/2016) dini hari WIB. (AFP/Lluis Gene)

Barcelona membeli Andre Gomes pada 2016 setelah tampil luar biasa bersama Valencia. Namun, gelandang asal Portugal itu tidak mampu menunjukkan performa yang sama setelah datang ke Camp Nou.

Setelah membuat 46 penampilan di kompetisi, Barcelona akhirnya melepas Gomes dengan status pinjaman ke Everton pada 2018. Setelah itu, ia dipermanenkan The Toffees.

5 dari 12 halaman

4. Lucas Digne

Barcelona, Villarreal, La Liga
Pemain Barcelona, Lucas Digne (tengah) menceoba mengecoh kiper Villareal, Sergio pada laga La Liga Santander di Camp Nou stadium, Barcelona, (9/5/2018). Barcelona menang telak 5-1. (AFP/Pau Barrena)

Lucas Digne didatangkan Barcelona dengan harapan bisa memberikan persaingan untuk Jordi Alba. Tapi, ia gagal mengancam tempat Alba di starting line up.

Digne membuat 46 penampilan di La Liga selama dua musim di Camp Nou. Pemain asal Prancis itu kemudian dijual ke Everton.

6 dari 12 halaman

5. Arda Turan

arda turan
Gelandang Barcelona asal Turki, Arda Turan. (AFP/Josep Lago)

Arda Turan diboyong dari Atletico Madrid pada 2015. Pemain asal Turki itu datang ke Camp Nou saat Barcelona mendapat larangan transfer.

Turan menghabiskan tiga musim di Barcelona dan sempat dipinjamkan ke Istanbul Basaksehir. Namun, dia akhirnya dilepas secara gratis ke Galatasaray setelah kontraknya habis.

7 dari 12 halaman

6. Paco Alcacer

Barcelona, Sevilla, La Liga Santander
Pemain Barcelona, Paco Alcacer merayakan golnya ke gawang Sevilla pada lanjutan La Liga Santander di Camp Nou stadium, Barcelona, (4/11/2017). Barcelona menang 2-1. (AFP/Josep Lago)

Paco Alcacer dibeli Barclona dari Valencia pada musim panas 2016. Namun, Alcacer lebih sering jadi penghangat bangku cadangan di Camp Nou.

Striker Spanyol itu kalah bersaing dengan trio Lionel Messi, Neymar, dan Luis Suarez. Alcacer kemudian dilepas ke Borussia Dortmund dan saat ini bermain di Villarreal.

8 dari 12 halaman

7. Thomas Vermaelen

Pembelian Mengejutkan Barcelona Sepanjang Sejarah
1. Thomas Vermaelen – Cedera membuat mantan kapten Arsenal tersebut gagal tampil apik. Namun Barcelona secara berani mendatangkan Vermaelen dengan kondisi yang masih cedera. (AFP/Josep Lago)

Thomas Vermaelen diboyong ke Barcelona setelah sukses bersama Arsenal. Sialnya, cedera menghancurkan karier Vermaelen di Camp Nou.

Selama bermain di Barca, Vermaelen sempat dipinjamkan ke AS Roma. Pemain asal Belgia itu pada akhirnya dilepas ke Vissel Kobe pada 2019.

9 dari 12 halaman

8. Douglas

Douglas
Bek Barcelona, Douglas, bakal absen selama delapan pekan. (Dok. Barcelona).

Douglas diboyong Barcelona pada musim panas 2014 dari Sao Paulo. Namun, karier Douglas di Barcelona kerap diganggu cedera.

Walhasil, pemain asal Brasil itu gagal menembus tim utama Blaugrana. Douglas sempat dipinjamkan ke Sporting Gijon, Benfica dan Sivasspor sebelum meninggalkan Barcelona.

10 dari 12 halaman

9. Aleix Vidal

Bungkam Bilbao, Barcelona Tempel Ketat Real Madrid
Gelandang Barcelona, Aleix Vidal, menghadang striker Athletic Bilbao, Iker Muniain. Kemenangan ini memantapkan posisi Barcelona di peringkat kedua klasemen Liga Spanyol menempel Real Madrid. (EPA/Toni Albir)

Aleix Vidal meneken kontrak dengan Barcelona pada 2015. Pemain asal Spanyol itu didatangkan dari Sevilla untuk menggantikan Dani Alves.

Namun, penampilan Vidal tidak sesuai dengan harapan. Mantan pemain Almeria tersebut hanya membuat 51 penampilan selama tiga tahun di Camp Nou.

 

11 dari 12 halaman

10. Yerry Mina

Yerry Mina, Barcelona, Camp Nou
Pemain Barcelona, Yerry Mina menunjukan skill saat sesi perkenalan di Camp Nou stadium, Barcelona, (13/1/2018). Mina didatangkan Barcelona dari Palmeiras sebesar 10.5 juta pounds. (AP/Manu Fernandez)

Yerry Mina bergabung dengan Barcelona pada 11 Januari 2018 dari Palmeiras. Bek asal Kolombia itu gagal bertahan lama di Barcelona.

Mina jarang dimainkan pelatih Ernesto Valverde saat itu sehingga memilih untuk hengkang enam bulan kemudian. Mina pindah ke Premier League dengan bergabung Everton.

 

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur Dari: Bola.net (Aga Deta, tayang Selasa, 2 Maret 2021)

12 dari 12 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
TikTok Bola.com, Lionel Messi dan 4 Pemain Termahal El Clasico