Sukses


10 Pembelian Unfaedah Barcelona di Rezim Josep Maria Bartomeu: dari Arda Turan hingga Malcom

Bola.com, Barcelona - Josep Maria Bartomeu harus berurusan dengan pihak kepolisian. Mantan presiden Barcelona itu diamankan pihak berwajib Spanyol karena terkait kasus Barcagate.

Kasus Barcagate sejatinya sudah mencuat sejak tahun lalu. Bartomeu diduga menyewa jasa buzzer ketika untuk membuat opini buruk kepada beberapa musuh di Barcelona.

Cadena SER melaporkan, pada Senin (1/3/2021), polisi menciduk Bartomeu di kediamannya. Selain itu, ada juga tiga pria lain yang ikut diamankan oleh korps penegak keadilan.

Bartomeu berkuasa sebagai presiden Barcelona mulai 2014. Namun, ia mundur dari jabatannya pada Oktober tahun lalu.

Ada banyak masalah pada kepemimpinan Bartomeu selama beberapa tahun terakhir. Puncaknya terjadi pada pemberontakan Lionel Messi di musim panas lalu.

Selama enam tahun menjadi presiden Barcelona, Bartomeu juga dianggap tidak cerdik dalam berbelanja pemain. Bahkan cenderung blunder dalam merekrut pemain.

Berikut ini sepuluh pembelian terburuk Barcelona di era Josep Maria Bartomeu:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 11 halaman

1. Jeremy Mathieu

Barcelona mengamankan tanda tangan Jeremy Mathieu pada musim panas 2014. Mantan pemain Valencia itu punya tugas yang berat untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Carles Puyol.

Pemain asal Prancis itu gagal memberikan dampak yang besar bersama Blaugrana. Setelah tiga musim bemain di Camp Nou, ia dilepas ke Sporting Lisbon dengan status bebas transfer.

3 dari 11 halaman

2. Malcom

Transfer Malcom ke Barcelona dari Bordeaux pada musim panas 2018 cukup menyita perhatian. Blaugrana berhasil membajak pemain asal Brasil itu dari tangan AS Roma.

Malcom digadang-gadang bakal menjadi pemain penting di Camp Nou. Namun, pemain sayap itu hanya tampil dalam 15 kesempatan untuk Barcelona sebelum dilepas ke Zenit Saint Petersburg pada musim panas berikutnya.

4 dari 11 halaman

3. Andre Gomes

Barcelona membeli Andre Gomes pada 2016 setelah tampil luar biasa bersama Valencia. Namun, gelandang asal Portugal itu tidak mampu menunjukkan performa yang sama setelah datang ke Camp Nou.

Setelah membuat 46 penampilan di kompetisi, Barcelona akhirnya melepas Gomes dengan status pinjaman ke Everton pada 2018. Setelah itu, ia dipermanenkan The Toffees.

5 dari 11 halaman

4. Lucas Digne

Lucas Digne didatangkan Barcelona dengan harapan bisa memberikan persaingan untuk Jordi Alba. Tapi, ia gagal mengancam tempat Alba di starting line up.

Digne membuat 46 penampilan di La Liga selama dua musim di Camp Nou. Pemain asal Prancis itu kemudian dijual ke Everton.

6 dari 11 halaman

5. Arda Turan

Arda Turan diboyong dari Atletico Madrid pada 2015. Pemain asal Turki itu datang ke Camp Nou saat Barcelona mendapat larangan transfer.

Turan menghabiskan tiga musim di Barcelona dan sempat dipinjamkan ke Istanbul Basaksehir. Namun, dia akhirnya dilepas secara gratis ke Galatasaray setelah kontraknya habis.

7 dari 11 halaman

6. Paco Alcacer

Paco Alcacer dibeli Barclona dari Valencia pada musim panas 2016. Namun, Alcacer lebih sering jadi penghangat bangku cadangan di Camp Nou.

Striker Spanyol itu kalah bersaing dengan trio Lionel Messi, Neymar, dan Luis Suarez. Alcacer kemudian dilepas ke Borussia Dortmund dan saat ini bermain di Villarreal.

8 dari 11 halaman

7. Thomas Vermaelen

Thomas Vermaelen diboyong ke Barcelona setelah sukses bersama Arsenal. Sialnya, cedera menghancurkan karier Vermaelen di Camp Nou.

Selama bermain di Barca, Vermaelen sempat dipinjamkan ke AS Roma. Pemain asal Belgia itu pada akhirnya dilepas ke Vissel Kobe pada 2019.

9 dari 11 halaman

8. Douglas

Douglas diboyong Barcelona pada musim panas 2014 dari Sao Paulo. Namun, karier Douglas di Barcelona kerap diganggu cedera.

Walhasil, pemain asal Brasil itu gagal menembus tim utama Blaugrana. Douglas sempat dipinjamkan ke Sporting Gijon, Benfica dan Sivasspor sebelum meninggalkan Barcelona.

10 dari 11 halaman

9. Aleix Vidal

Aleix Vidal meneken kontrak dengan Barcelona pada 2015. Pemain asal Spanyol itu didatangkan dari Sevilla untuk menggantikan Dani Alves.

Namun, penampilan Vidal tidak sesuai dengan harapan. Mantan pemain Almeria tersebut hanya membuat 51 penampilan selama tiga tahun di Camp Nou.

 

11 dari 11 halaman

10. Yerry Mina

Yerry Mina bergabung dengan Barcelona pada 11 Januari 2018 dari Palmeiras. Bek asal Kolombia itu gagal bertahan lama di Barcelona.

Mina jarang dimainkan pelatih Ernesto Valverde saat itu sehingga memilih untuk hengkang enam bulan kemudian. Mina pindah ke Premier League dengan bergabung Everton.

 

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur Dari: Bola.net (Aga Deta, tayang Selasa, 2 Maret 2021)

Video Populer

Foto Populer