Lewat Extra Time, Barcelona Bungkam Sevilla dan Melangkah ke Final Copa Del Rey

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 04 Mar 2021, 05:36 WIB
Diperbarui 04 Mar 2021, 05:39 WIB
Barcelona
Pemain Barcelona merayakan gol kedua mereka ke gawang Sevilla yang dicetak Gerard Pique pada masa injury time laga leg kedua semifinal Copa Del Rey yang berlangsung di Camp Nou, Kamis (4/3/2021). Barcelona menang 3-0 dan lolos ke final Copa Del Rey dengan agregat 3-2. (JOSEP LAGO / AFP)

Bola.com, Barcelona - Barcelona memastikan langkah ke final Copa del Rey setelah meraih kemenangan 3-0 atas Sevilla pada leg kedua semifinal yang berlangsung selama 120 menit di Camp Nou, Kamis (4/3/2021) dini hari WIB. Barcelona lolos ke final dengan agregat 3-2.

Barcelona mengawali pertandingan dengan membutuhkan kemenangan dengan selisih tiga gol. Hal tersebut karena Sevilla datang ke Camp Nou dengan keunggulan agregat 2-0 yang mereka dapatkan dari leg pertama semifinal Copa del Rey.

Upaya Barcelona untuk bisa lolos ke final Copa del Rey dibuka lewat gol Ousmane Dembele pada menit ke-12. Gol tersebut membuat Barcelona termotivasi untuk bisa mengejar dua gol lagi yang dibutuhkan untuk melangkah ke final.

Setelah keunggulan 1-0 bertahan hingga 45 menit pertama berakhir, tim asuhan Ronald Koeman itu terus berusaha menekan pertahanan Sevilla sembari mengantisipasi adanya serangan balasan. Maklum, Barcelona tidak boleh kebobolan agar tidak menambah beban mencari gol lagi.

Sayangnya, hingga menit ke-90 tak ada gol tambahan tercipta. Barcelona yang hanya unggul satu gol dalam pertandingan ini jelas akan tersingkir karena agregat 1-2 untuk keunggulan Sevilla.

Namun, Barcelona tidak berhenti menekan Sevilla. Hingga akhirnya, pada masa injury time, tepatnya menit keempat waktu tambahan itu, Gerard Pique berhasil menjebol gawang Sevilla setelah menerima umpan dari Antoine Griezmann.

Gol yang dicetak Pique menyelamatkan Barcelona. Keunggulan 2-0 dalam laga ini membuat agregat menjadi 2-2 dan pertandingan harus dilanjutkan dengan babak tambahan 2x15 menit.

Beberapa saat sebelum gol yang dicetak Pique, Sevilla harus bermain dengan 10 poin setelah wasit memberikan kartu kuning kedua untuk Fernando.

Punya motivasi besar setelah meraih kemenangan 2-0 dalam waktu 90 menit pertandingan, Barcelona tampaknya sudah membuat mental pemain Sevilla jatuh, terlebih tim tamu hanya bermain dengan 10 pemain saja.

Hasilnya, Martin Braithwaite berhasil menambah keunggulan tim tuan rumah menjadi 3-0 pada menit ke-95.

Kini giliran Barcelona yang berusaha untuk mempertahankan keunggulan. Dengan agregat 3-2, Barcelona tidak perlu lagi ngotot mencari gol dan hanya perlu mempertahankan ritme permainan dan penguasaan bola yang mereka miliki dalam laga ini.

Sevilla justru akhirnya harus bermain dengan sembilan pemain setelah sang striker, Luuk de Jong mendapatkan kartu merah pada menit ke-103. Dalam sisa pertandingan, tak ada lagi gol tercipta, Barcelona pun menang 3-0 dan lolos ke final Copa del Rey dengan agregat 3-2.

2 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Logo Copa del Rey
Logo Copa del Rey (Google)

Barcelona (3-1-4-2): Marc-Andre ter Stegen; Gerard Pique, Clement Lenglet, Oscar Mingueza; Sergio Busquets; Jordi Alba, Pedri, Frenkie de Jong, Sergino Dest; Ousmane Dembele, Lionel Messi

Pelatih: Ronald Koeman

Sevilla (4-3-3): Tomas Vaclik; Aleix Vidal, Jules Kounde, Diego Carlos, Marcos Acuna; Joan Jordan, Fernando, Oliver Torres; Suso, Youssef en Nesyri, Luuk de Jong

Pelatih: Julen Lopetegui

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
TikTok Bola.com, Lionel Messi dan 4 Pemain Termahal El Clasico