Sukses


5 Keputusan Sembrono Barcelona di Bursa Transfer: Hobi Bakar Uang, Nekat Menjual Luis Figo dan Luis Suarez

Bola.com, Jakarta - Barcelona telah membuat beberapa keputusan buruk di jendela transfer di masa lalu. Klub porak poranda karena hal ini.

Sejatinya, Barcelona adalah klub yang dipandang sebagai salah satu rumah sepak bola termegah. Klub telah mempertahankan status legendarisnya selama lebih dari satu abad dan masih menampung beberapa pemain terbaik di planet ini, termasuk Lionel Messi yang fenomenal.

Namun, strategi transfer klub bapuk beberapa musim terakhir. Mereka kerap sembrono membeli pemain yang ujungnya merugikan tim.

Borok Barcelona terungkap ketika mantan presiden Josep Maria Bartomeu harus mengundurkan diri sebagai presiden dan baru-baru ini didakwa oleh polisi karena keterlibatannya dalam kampanye kotor yang dilakukan terhadap para pemain dan legenda klub itu sendiri.

Barcelona perlahan menemukan kaki mereka di bawah Ronald Koeman. Akan tetapi karena salah urus yang mereka alami selama bertahun-tahun, Blaugarana harus sangat berhati-hati di jendela transfer musim panas depan.

Yuk kita intip lima kesalahan terburuk yang dilakukan Barcelona di bursa transfer.

Video

2 dari 6 halaman

Membiarkan Luis Suarez Pergi ke Atletico

Luis Suarez telah menjadi salah satu penyerang terbaik abad ke-21. Setelah bersinar bersama Liverpool di Liga Inggris, Luis Suarez mendapatkan kepindahan impian ke Barcelona pada tahun 2014.

Dia berkembang bersama Lionel Messi dan Neymar dan membentuk salah satu dari trio penyerang paling mematikan dalam sejarah sepak bola, yang secara luas dikenal sebagai MSN.

Luis Suarez mencetak 198 gol untuk Barcelona hanya dalam enam musim bersama Tim Catalan. Dia bahkan memenangkan Sepatu Emas Eropa bersama Barcelona, ​​menjadi satu-satunya pemain selain Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang melakukannya.

Bahkan di musim terakhirnya di Barcelona, ​​pemain Uruguay itu mencetak 21 gol dan memberikan 10 assist dari seluruh La Liga dan Liga Champions UEFA. Namun anehnya, Barcelona memutuskan sudah waktunya untuk melepaskan Suarez.

Cara mereka melakukannya agak memalukan. Suarez tidak diberi tahu dan diberi tahu bahwa dia tidak memiliki masa depan karena mereka pikir dia terlalu tua untuk menjadi striker untuk Barcelona.

Lelucon yang memalukan bagi Barcelona. Luis Suarez telah bergabung dengan saingan gelar Atletico Madrid. Dia telah mencetak 18 gol dan memberikan dua assist dari 24 penampilannya di La Liga musim ini. Klub tersebut punya kans besar menjuarai La Liga musim ini.

Lebih buruk lagi, Lionel Messi pun secara terbuka menyatakan ketidakpuasannya dengan cara teman dekat dan rekan serangnya Luis Suarez diperlakukan oleh klub.

 

3 dari 6 halaman

Membeli Coutinho dengan Harga Kemahalan

Kepergian Neymar ke PSG mengisi pundi-pundi kas Barcelona. Sayangnya, klub tak bisa mengelola dengan baik pemasukan tersebut.

Coutinho didatangkan dari Liverpool dengan harga super mahal £ 142 juta. Setelah tampil mengesankan pada awalnya, performa Coutinho memudar dan dia dipinjamkan ke Bayern Munchen tak lama kemudian.

Coutinho telah kembali ke klub setelah memenangkan treble kontinental bersama The Bavarians tetapi dia tidak terlihat cocok untuk Tim Catalan. Jangan salah paham, sang pemain adalah gelandang yang luar biasa tetapi mustinya Barcelona tak perlu sampai mengeluarkan dana sebesar £ 142 juta untuk mendapatkannya.

 

4 dari 6 halaman

Menghargai Antoine Griezmann dan Ousmane Dembele Ketinggian

Menyusul kepergian Neymar ke Paris Saint-Germain, Barcelona ingin memperkuat sayap kiri mereka dan mereka melemparkan € 105 juta (plus add-on senilai € 40 juta) ke Borussia Dortmund untuk mengamankan layanan wonderkid, Ousmane Dembele.

Meskipun tidak ada keraguan dengan bakat yang dimiliki Dembele, itu masih merupakan penandatanganan yang keliru terutama untuk uang sebanyak itu. Dembele sangat rentan cedera dan memiliki beberapa masalah dengan manajemen klub karena kurangnya disiplin.

Tiga setengah tahun setelah bergabung dengan Barcelona, ​​Dembele belum membenarkan label harganya dan bahkan Tim Catalan tidak dapat memutuskan apakah akan mempertahankannya atau menjualnya. Sedangkan Griezmann adalah pemain lain yang sudah lama diinginkan Barcelona.

Mereka akhirnya mendapatkan keinginan mereka pada musim panas 2019 setelah memicu klausul pelepasan € 120 juta. Griezmann menjalani musim debut yang mengecewakan dan meskipun dia telah menunjukkan tanda-tanda membaik musim ini, dia belum terlihat seperti pemain yang akan menghabiskan lebih dari € 100 juta untuk klub mana pun.

Juga, Antoine Griezmann akan berusia 30 dalam beberapa hari, yang membuat jumlah yang dikeluarkan Barcelona untuknya semakin konyol.

5 dari 6 halaman

Menukar Arthur Melo dengan Miralem Pjanic

Ini adalah salah satu kesepakatan pertukaran yang tidak masuk akal bagi Barcelona. Di kubu Barcelona mereka punya Arthur Melo gelandang muda paling menjanjikan di Eropa dan pada usia 22 tahun, dia sudah disamakan dengan Andres Iniesta dan Xavi.

Di sisi Juvetus ada Miralem Pjanic, gelandang berusia 30 tahun yang jelas merupakan salah satu gelandang bertahan terbaik di generasinya.

Tetapi mengingat bagaimana dia sudah berusia 30-an dan melihat bagaimana Barcelona sudah memiliki skuad yang menua, hal terakhir yang Anda harapkan mereka lakukan adalah menukar pemain muda yang menjanjikan dengan seorang veteran yang mungkin hanya memiliki dua atau tiga musim tersisa di dalam dirinya. Tapi itulah yang kemudian mereka lakukan.

Arthur perlahan menemukan kakinya di Juventus tetapi Miralem Pjanic bingung dan menghangatkan bangku cadangan Barcelona. Ia bertanya-tanya mengapa dia tidak mendapatkan lebih banyak menit dan mengapa dirinya memilih untuk datang ke Camp Nou.

Bersama Frenkie De Jong dan Pedri, Arthur Melo bisa bertahan dan membentuk trifecta lini tengah selama bertahun-tahun yang akan datang. Sayang hal itu tak terjadi.

6 dari 6 halaman

Membiarkan Luis Figo Pindah ke Real Madrid

Pada interval 1995-2000, jagoan Portugal, Luis Figo menikmati lima musim gemilang di Barcelona, ​​memenangkan tujuh trofi utama termasuk dua gelar La Liga dan dua Copa Del Reys.

Figo adalah orang yang menarik tali dari lini tengah dan Barcelona sangat menyenangkan untuk ditonton saat dia berkembang bersama pemain-pemain seperti Rivaldo dan Ronaldo Nazario.

Namun, pada musim panas 2000, Real Madrid memicu klausul pelepasan € 62 juta dari Figo dan menggaetnya. Figo telah mencetak tujuh gol dan memberikan 17 assist di musim terakhirnya di Barcelona dan juga berstatus kapten tim. Kepindahannya ke Real Madrid menandai pergeseran besar kekuasaan di Spanyol.

Itu juga merupakan awal dari masa-masa yang membosankan bagi Barcelona karena mereka hanya mencapai satu final Liga Champions dalam lima tahun ke depan saat Figo memenangkan dua gelar La Liga dan Liga Champions bersama Real Madrid.

Baru-baru ini, Luis Figo mengungkapkan alasan mengapa memutuskan untuk melewati celah El Clasico. Dalam postingan Instagram Live, dia berkata (via Marca):

 

"Itu adalah keputusan yang penting tapi sulit. Saya meninggalkan kota yang memberi saya banyak hal dan di mana saya merasa baik-baik saja. Tetapi ketika Anda merasa tidak dikenali atas apa yang Anda lakukan dan Anda mendapat tawaran menarik dari klub lain, maka Anda pasti langsung memikirkannya."

 

Laporan lain mengklaim bahwa Figo tidak mempercayai presiden Barcelona saat itu Joan Gaspart dengan masa depannya karena dia yakin prez itu membuat janji kosong. Pada akhirnya, sepertinya Barcelona bisa melakukan jauh lebih baik untuk mempertahankan Figo.

Ada juga teori bahwa menjelang pemilihan presiden Real Madrid pada tahun 2000, Florentino Perez, yang pada saat itu adalah orang luar, membuat rencana besar untuk memenangkan pemilihan. Perez mendekati agen Figo, Jose Viega, dengan pra kontrak yang menyatakan bahwa jika menjadi presiden, Figo akan bergabung dengan Real Madrid.

Dia juga membayar mereka sejumlah uang untuk menandatangani perjanjian. Viego, percaya bahwa Perez tidak memiliki kesempatan untuk memenangkan pemilihan, menyetujuinya. Namun, jika Figo tidak memenuhi permintaan tersebut, dia harus membayar € 19 juta ke Real Madrid karena melanggar kontrak.

Ketika Perez memenangkan pemilihan, Figo menemukan dirinya berada di antara batu dan tempat yang sulit. Dia membawa masalah itu ke Gaspart dan presiden Barcelona langsung menolak untuk membayar € 19 juta untuk membantu Figo keluar dari situasi karena itu tampak konyol baginya.

Seandainya dia baru saja menaikkan dan membayar € 19 juta, mungkin Barcelona tidak akan mengalami awal yang membosankan di milenium baru.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer