Sukses


Barisan 5 Pemain Tertua yang Menyumbang Gol buat Barcelona, Tak Ada Nama Lionel Messi di Dalamnya

Bola.com, Jakarta - Barcelona menjadi salah satu tim tersukses di Spanyol. Klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut telah mengemas 26 gelar La Liga sejauh ini. Kesuksesan Barcelona tersebut tentu saja tidak terlepas dari kontribusi para pemainnya.

Sejak dulu, Blaugrana selalu diperkuat bintang-bintang berkualitas. Salah satunya adalah Lionel Messi, yang hingga saat ini menjadi pemain paling produktif sepanjang masa.

Bintang Argentina itu seakan tidak pernah berhenti mencetak gol untuk Blaugrana dalam setiap musimnya. Usianya mulai menua, akankah ketajamannya terus berlanjut?

Sejarah mencatat sejumlah pemain veteran yang tetap bisa produktif atau menyumbang gol di senjakala kariernya di Barcelona. Mereka berhasil membuktikan bahwa usia hanya sebatas angka.

Siapa saja pencetak gol tertua dalam sejarah Barcelona? Berikut ini lima pemain di antaranya.

Video

2 dari 6 halaman

Sylvinho

Sylvinho memperkuat Barcelona antara tahun 2004-2009. Selama periode tersebut, ia berhasil mencatatkan 128 penampilan dan tiga gol.

Salah satu gol Sylvinho tercipta saat Barcelona menghadapi Shakhtar Donetsk pada fase grup Liga Champions 2008/2009. Sayangnya, Barcelona kalah 3-2 dalam pertandingan tersebut.

Sylvinho mencetak gol pertama Barcelona dalam pertandingan yang berlangsung di Camp Nou tersebut. Ketika itu, Sylvinho berusia 34 tahun 7 bulan 27 hari.

3 dari 6 halaman

Xavi

Xavi merupakan salah satu legenda Barcelona. Gelandang asal Spanyol itu menghabiskan sebagian besar kariernya di Camp Nou sebelum pensiun di Al Sadd.

Xavi sebelumnya tercatat sebagai pemain dengan penampilan terbanyak untuk Barcelona. Namun, rekor tersebut belum lama ini dipecahkan oleh Lionel Messi.

Xavi ternyata juga tercatat sebagai salah satu pencetak gol tertua Barcelona. Ia mencetak satu gol saat Barca menang 6-0 atas Getafe di La Liga 2014/2015 pada usia 35 tahun 7 bulan 3 hari.

4 dari 6 halaman

Jose Ramon Alexanko

Jose Ramon Alexanko merupakan mantan kapten Barcelona. Pemain asal Spanyol itu memperkuat Blaugrana pada periode 1980-1993.

Selain menyumbang banyak gelar, Alexanko juga berhasil mencetak sejumlah gol untuk Blaugrana. Gol terakhirnya untuk Barca tercipta pada 7 Desember 1991.

Ketika itu, Alexanko menyumbang satu gol saat Barcelona menang besar 5-3 atas dalam ajang La Liga. Alexanko berusia 35 tahun 7 bulan 2 hari saat mencetak gol tersebut.

5 dari 6 halaman

Carles Puyol

Carles Puyol dikenal sebagai salah satu bek tangguh yang pernah dimiliki Barcelona. Ia hanya pernah memperkuat Barcelona dalam sepanjang kariernya.

Meski berposisi sebagai pemain belakang, Puyol juga sering mencetak gol untuk klubnya. Mantan kapten Barcelona itu tercatat mengemas 19 gol dari 593 penampilan.

Gol terakhir Puyol untuk Barcelona tercipta saat menghadapi Almeria dalam ajang La Liga pada 2 Maret 2014. Ketika itu Puyol berusia 35 tahun 10 bulan 17 hari.

6 dari 6 halaman

Joan Segarra

Joan Segarra pernah menjabat sebagai kapten Barcelona selama beberapa tahun. Dia menghabiskan 16 musim bersama Blaugrana antara 1950 dan 1964

Segarra memainkan 197 pertandingan untuk Barcelona. Ia juga berhasil menyumbang tujuh gol dari penampilannya tersebut.

Segarra mencetak gol terakhirnya untuk Barcelona saat menghadapi Real Betis dalam ajang La Liga pada 25 April 1964. Ketika itu Segarra berusia 36 tahun 5 bulan 10 hari.

Sumber asli: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 24/3/2021)

Video Populer

Foto Populer