Bekuk Athletic Bilbao, Real Sociedad Akhiri Penantian 34 Tahun untuk Juara Copa del Rey

Oleh Hendry Wibowo pada 04 Apr 2021, 06:35 WIB
Diperbarui 04 Apr 2021, 06:43 WIB
Real Sociedad
Real Sociedad juara Cop Del Rey 2019/2020. (HANDOUT / RFEF / AFP)

Bola.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 membuat pertandingan final Copa del Rey edisi 2019/20 tertunda. Setelah satu tahun tidak diselenggarakan, ajang tersebut akhirnya menemukan pemenangnya.

Sejatinya, laga final diselenggarakan pada tanggal 18 April 2020. Namun pandemi COVID-19 yang meluluhlantakkan dunia sepak bola di bulan Maret hingga Juni membuat laga final harus ditunda untuk sementara.

Seolah dilupakan, laga final Copa del Rey 2019/20 tak kunjung diselenggarakan. Tidak heran karena partai puncak tersebut tidak melibatkan salah satu dari dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid.

Final edisi ini mempertemukan Real Sociedad dengan Athletic Bilbao di Estadio de La Cartuja, Minggu (4/4/2021) dinihari tadi. Hasilnya, Sociedad dinyatakan sebagai pemenang dengan skor tipis 1-0.

Berkat gelar ini, Real Sociedad mengakhiri penantian selama 34 tahun untuk merasakan titel juara Copa del Rey

2 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Real Sociedad
Para pemain Real Sociedad merayakan sukss juara Copa del Rey. (CRISTINA QUICLER / AFP)

Pertandingan berlangsung cukup sengit. Kedua tim sama-sama berjuang untuk meraih kemenangan agar bisa merengkuh trofi tersebut. Namun, dari sejumlah peluang yang tercipta di babak pertama, tidak ada satupun yang bisa menghasilkan gol.

Bilbao nyaris unggul lebih dulu ketika pertandingan telah berjalan selama 33 menit. Inigo Martinez melakukan penetrasi ke wilayah pertahanan Sociedad dan langsung melepaskan tembakan keras. Gol bisa tercipta andai kiper Real Sociedad, Alex Remiro, tidak sigap menghalau bola.

Drama terjadi di babak kedua, tepatnya pada menit ke-58. Wasit memberikan hadiah penalti kepada Sociedad setelah mendapati Martinez - seorang eks Real Sociedad - melakukan pelanggaran terhadap Cristian Portu di kotak terlarang.

Mikel Oyarzabal yang ditunjuk sebagai eksekutor tidak menyia-nyiakan peluang di depan matanya. Ia menghujam atap gawang dengan sepakan keras yang membuat kiper Bilbao, Unai Simon, tidak berkutik.

Sociedad mati-matian mempertahankan keunggulan tersebut sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya laga. Berkat gol semata wayang Oyarzabal, klub berjuluk La Real itu memenangkan Copa del Rey 2019/20

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

  • Athletic Bilbao (4-2-3-1): Unai Simon; Oscar De Marcos, Yeray Alvarez, Inigo Martinez, Yuri Berchiche; Dani Garcia, Unai Vencedor; Alex Berenguer, Raul Garcia, Iker Muniain; Inaki Williams.
  • Real Sociedad (4-3-3): Alex Remiro; Nacho Monreal, Robin Le Normand, Igor Zubeldia, Andoni Gorosabel; David Silva, Martin Zubimendi, Mikel Merino; Mikel Oyarzabal, Alexander Isak, Cristian Portu.
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓